Manfaat Budaya Asing Dari Segala Aspek | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Manfaat Budaya Asing Dari Segala Aspek

Manfaat Budaya Asing Dari Segala Aspek

 

 Capoeira_fight_dance_01 (1)

Berbicara mengenai kebudayaan, tentunya akan sangat panjang dan tidak ada habis habisnya. Hal ini karena pada dasarnya setiap masyarakat mempunyai kebudayaan yang berbeda beda pula. Contoh sederhananya bisa kita lihat dari kehidupan masyarakat Indonesia yang sangat beraneka ragam dan terdiri dari berbagai suku dengan kebudayaan yang berbeda beda pula.

Secara umum, budaya sendiri diartikan sebagai suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya ini sendiri terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk di dalamnya sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan dan karya seni.

Bahasa sebagaimana dengan budaya merupakan suatu hal yang yang tidak bisa dipisahkan lagi bagi kehidupan manusia, sehingga banyak orang yang cenderung menganggapnya bahwa kedua hal tersebut diwariskan secara genetis.

Ketika seseorang berusaha untuk melakukan komunikasi atau interaksi dengan orang orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan tersebut. Hal ini membuktikan bahwa budaya itu sendiri dipelajari.

Budaya juga sering disebut sebagai pola hidup yang menyeluruh. Budaya juga bersfat kompleks, abstrak dan sangat luas. Banyak sekali aspek dari kebudayaan ini yang menentukan perilaku komunikatif.

Kebudayaan ini juga sangat berkaitan erat dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Broninslaw mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat sangat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.

Herskovits juga memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya yang kemudian dikenal dengan istilah superorganics. Sedangkan Edward Burnett Taylor menyatakan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan berbagai kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Dari berbagai definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem idea tau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari hari kebudayaan itu bersikap abstrak.

Untuk lebih jelas mengenai manfaat budaya asing, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Dampak positif budaya asing

 

Masuknya budaya asing ke Indonesia sendiri disebabkan oleh krisis globalisasi yang meracuni Indonesia. Pengaruh tersebut berlangsung dengan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan. Tentunya pengaruh tersebut akan menghasilkan dampak yang sangat luar biasa.

Begitu cepatnya pengaruh budaya asing tersebut akan menyebabkan terjadinya goncangan kebudayaan (culture shock) atau suatu keadaan dimana masyarakat tidak lagi mampu menahan berbagai pengaruh kebudayaan yang datang dari luar, sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam kehidupan masyarakat yang bersangkutan.

Budaya asing ini sebenarnya seperti pedang bermata dua, dimana satu sisi memberikan manfaat positif, akan tetapi di sisi lain memberikan manfaat yang negatif. Sebenarnya, manfaat negatif dari masuknya budaya asing lebih banyak dibandingkan manfaat positifnya.

Adapun yang termasuk dampak positif masuknya budaya asing, yaitu :

-         Modernisasi yang terjadi menyebabkan pembangunan terus berjalan dan berkembang di Indonesia yang dapat merubah tatanan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik

-         Kemajuan teknologi yang tanpa batas, sehingga banyak mempermudah kehidupan masyarakat

-         Terjadinya perubahan dan peningkatan pada perekonomian bangsa

-         Kemudahan untuk memperoleh informasi melalui jaringan internet

-         Meningkatnya pembauran budaya yang membuat kebudayaan bangsa semakin kaya

  • Dampak negatif budaya asing

 

Di satu sisi lain, ada berbagai dampak negatif yang ditimbulkan akibat masuknya budaya asing ke dalam negri Indonesia, di antaranya adalah :

-         Kesenjangan ekonomi social atau semakin lebarnya jarak antara si kaya dan si miskin yang disebabkan karena tidak meratanya pembangunan

-         Lahirnya kelompok masyarakat tertentu yang dapat menimbulkan masalah keamanan

-         Kerusakan lingkungan hidup yang terjadi karena perkembangan teknologi yang sangat pesat, sehingga banyak mesin mesin yang beroperasi dan menimbulkan pencemaran bagi lingkungan

-         Meningkatnya angka kriminalitas akibat pembangunan yang tidak merata atau penyerapan yang salah dari budaya asing

-         Munculnya kenakalan remaja akibat penyerapan budaya asing yang salah dan bersifat merusak.

Inilah sekilas mengenai manfaat budaya asing. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
10
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin