Materi Pelajaran Matematika SD | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Info pendidikan » Materi Pelajaran Matematika SD

Materi Pelajaran Matematika SD

 

Materi  Pelajaran Matematika SD

Zaman sekarang kalau tidak pandai matematika pasti sangat memalukan. Apalagi di era global ini, makin banyak usaha-usaha yang memerlukan keuletan seseorang dalam melakukan perhitungan. Maka sejak dini kita harus mengajarkan kepada anak-anak untuk tidak malas belajar matematika. Memang kenyataannya matematia merupakan pelajaran yang paling sulit dan memusingkan. Itu merupakan salah satu hal yang membuat anak-anak menjadi malas untuk mempelajarinya. Makanya kita harus memberikan cara-cara efektif untuk memberikan motivasi kepada anak-anak untuk terbiasa mempelajari matematika.

Banyak cara untuk membuat pelajaran matematika menjadi asik, seperti dengan melakukan games. Bermacam-macam games bisa kita lakukan sebagai cara untuk memberikan motivasi kepada anak-anak. Bisa kita lakukan seperti maen teka-teki, tebak-tebakkan, quiz dan banyak lagi yang lainnya. Bisa juga kita melakukan perjalanan-perjalanan ke luar untuk memberikan kesenangan kepada mereka untuk lebih bersemangat belajar matematika.

Hal yang tidak kalah penting untuk mengasah otak dan membuat semangat  anak-anak dalam matematika yaitu sang Guru. Guru sangat berperan penting. Jika guru yang mengajari anak-anak galak, suka marah, tindakan-tindakan keras  maka secara otomatis anak-anak akan menjadi takut, malas dan tidak semangat untuk belajar. Memang mungkin ada sebagian yang tetap bisa menghadapinya. Akan tetapi menurut research yang sudah dilakukan sekarang, kebanyakan anak-anak SD yang dalam proses belajarnya mendapatkan guru yang galak, suka marah, sering melakukan tindakan keras menjadi takut dan tidak mau mempelajarinya dengan baik-baik. Hal ini bukannya bagus tetapi malah mengganggu mental mereka.

Makanya di era global sekarang ini, sistem kekerasan sudah ditiadakan. Metode yang paling bagus dalam melakukan pembelajaran yaitu dengan melakukan kolaborasi materi pelajaran dengan games. Ini sangat bagus untuk memajukan motivasi para siswa. Begitu juga dengan tenaga kerjanya. Guru yang dipilih adalah guru yang bisa memberikan motivasi, mengajarkan dan  perhatian  kepada siswa sehingga mereka pun menjadi semangat dalam belajar. Dan sang guru pun harus pandai dalam memberikan materi sesuai dengan kemampuan siswa-siswanya. Guru yang cekatan yaitu guru kreatif yang bisa menaikkan potensi siswanya yang terpendam sehingga menjadikan mereka dengan mudah dalam pelajaran matematika. Di masa SD itulah dasar dan awal mulah dari seorang anak untuk menunjukkan kemampuan berhitungnya. Pelajaran matematika memang dianggap pelajaran paling susah, akan tetapi bila motivasi ada pada seorang anak itu maka pelajaran matematika akan sangat dinikmatinya. Termasuk kepada tenaga pengajarnya yang berkualitas juga sangat penting.

 

Materi Pelajaran Matematika SD

Guna untuk menyesuaikan kemampuan otak siswa dalam mempelajari matematika sesuai dengan batas usianya, maka materi yang diberikan pun harus mulai dari dasar. Karena SD merupakan lembaga pendidikan dasar bagi para siswa.

 

 

Berikut beberapa materi pelajaran matematika SD:

  1. Materi berhitung. Siswa SD diharapkan untuk mampu melakukan perhitungan yang mendasar dahulu guna untuk membuka kemampuan otak mereka. Materi yang akan dipelajari yaitu penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan pengerjaan soal dengan soal cerita. Ini berlaku untuk kelas 1 SD sampai kelas 3 SD.
  2. Materi aplikasi. Siswa diharapkan mulai mampu memecahkan sebuah masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga memberikan mereka pemikiran yang lebih logis. Seperti membagi waktu, menghitung kecepatan, perhitungan besaran uang dan juga selisih. Materi yang sesuai untuk siswa kelas 4 SD.
  3. Materi pecahan. Dalam materi ini siswa diharapkan untuk lebih mampu melakukan perhitungan yang lebih sulit dan rumit. Dengan mengkombinasikan pelajaran yang dari kelas 1-4 SD maka pada materi ini dilakukan perhitungan dalam bentuk pecahan. Materi yang sesuai untuk siswa kelas 5 SD.
  4. Pecahan desimal, pangkat dan perhitungan bangun ruang. Tingkat kesulitan yang akan dihadapi siswa kelas 6 SD akan makin sulit. Tetapi jika materi sebelumnya sudah sukses dipahami, maka dalam proses pembelajaran ini tidak akan begitu sulit. Pelajaran ini berguna untuk menghitung secara lebih detail lagi.

 

Trik untuk memudahkan pembelajaran Matematika SD

  1. Melakukan permainan-permainan untuk menguji cara perhitungan siswa, seperti teka-teki
  2. Memakai alat untuk mempraktekkan pembelajarannya, seperti bangun-bangun balok dan gambar
  3. Memahami apa yang para siswa inginkan dan memberikan hadiah-hadiah menarik pada event tertentu, seperti memberi hadiah pena baig siswa yang bisa dengan cepat menjawab pertanyaan.

Dengan begini, materi pelajaran yang susah pun akan menjadi gampang dan mudah untuk dipelajari bagi siswa-siswa SD. Jangan terlalu dibebani. So, enjoy your mathematic.

 


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jun
26
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin