Melakukan Operasi Dasar Komputer

Komputer merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang terus berjalan seiring berjalannya waktu. Ditemukannya komputer ini memang banyak mengubah segala aspek kehidupan manusia. Komputer pada dasarnya diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia.

Namun, masih banyak golongan yang menolak penggunaan komputer dalam kehidupan mereka, karena komputer dianggap sebagai dampak negatif. Memang harus kita akui bahwa komputer ini ibarat pedang bermata dua.

Di satu sisi komputer dapat mempermudah segala aspek kehidupan manusia, namun di satu sisi lagi komputer mampu membawa berbagai dampak buruk, salah satunya adalah melunturkan jati diri atau kebudayaan bangsa kita.

Akan tetapi, itu semua tergantung dari pemakainya. Jika digunakan secara bijak san baik, maka komputer akan memberikan dampak yang positif. Untuk menggunakan komputer, tentunya kita harus tahu bagaimana melakukan operasi dasar komputer.

Jika kita tidak mengetahui cara untuk melakukan operasi dasar komputer, bagaimana caranya kita dapat menggunakan komputer dengan baik ? Sesuai dengan namanya, operasi dasar ini merupakan operasi paling basic yang harus diketahui oleh setiap pengguna.

Operasi dasar ini mencakup bagaimana caranya menyalakan dan mematikan komputer dengan benar. Memang kelihatannya sederhana, jika anda ingin menyalakan maka anda tinggal menekan tombol power pada CPU dan jika anda ingin mematikannya, anda bisa saja tinggal mematikan stop kontak pada kabel listrik atau kembali menekan tombol power.

Namun, cara tersebut bukanlah cara yang benar dalam melakukan operasi dasar komputer. Jika anda menerapkan cara tersebut, maka perangkat komputer anda akan cepat mengalami kerusakan. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk mempelajari cara melakukan operasi dasar komputer.

Beberapa hal penting yang harus anda ingat sebelum anda menggunakan komputer adalah membaca paduan K3 atau Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Hal ini karena penggunaan komputer juga bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan keamanan.

Selain itu, pastikan juga bahwa kabel listrik sudah terhubung dengan komputer yang akan anda gunakan. Kabel monitor, keyboard, mouse, printer ataupun berbagai peralatan lainnya juga harus terpasang dengan baik.

Setelah itulah baru anda bisa menerapkan cara melakukan operasi dasar komputer. Berikut ini adalah cara melakukan operasi dasar komputer.

  • Menghidupkan komputer

 

Untuk menggunakan komputer, tentunya hal pertama yang harus kita lakukan adalah menyalakannya. Menyalakannya bukan berarti hanya sekedar mencolokkannya ke sumber energi atau listrik. Berikut ini adalah cara menghidupakn komputer yang benar :

–         Pertama-tama, tekanlah tombol power atau tombol on pada komputer

–         Selanjutnya komputer anda akan melakukan proses booting dengan menjalankan BIOS yang ada di dalam komputer. Jika komputer anda dipasangi sistem operasi seperti Microsoft Windows atau LINUX, maka selanjutnya komputer akan menjalankan berbagai prosedur untuk membuka sistem operasi yang terpasang dalam komputer

–         Komputer yang berada dalam suatu jaringan biasanya mengharuskan pengguna untuk Log in terlebih dahulu sebelum memasuki sistem. Jika komputer anda berada dalam suatu jaringan yang mengharuskan anda untuk menekan password untuk melakukan login.

–         Setelah itu, anda bebas menggunakan komputer sesuai dengan kebutuhan anda

  • Mematikan komputer

 

Setelah anda menggunakan komputer sesuai dengan kebutuhan anda, tentunya anda harus mematikan komputer anda. Namun, sangat dianjurkan bagi anda untuk tidak langsung menekan tombol power karena bisa menyebabkan kerusakan pada komputer.

Untuk mematikan komputer dengan cara yang benar, bisa anda lakukan dengan cara :

–         Pilihlah tombol start pada taskbar

–         Setelah itu, tekan tombol turn off computer yang kemudian akan menampilkan kotak dialog turn off computer. Pada kotak tersebut ada 4 pilihan, yaitu : Stand by yang digunakan untuk membuat komputer dalam keadaan tidur, bukan mati. Adapun pilhan turn off untuk mematikan komputer. Ada juga restart untuk mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya kembali.

–         Selain cara diatas, anda juga bisa membuat komputer anda berada dalam keadaan mati, namun bisa dihidupkan secara otomatis. Cara ini disebut sebagai hibernate. Untuk mengaktifkan mode ini, tekanlah shift dan pilih stand by.

Inilah sekilas mengenai melakukan operasi dasar komputer. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *