ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Memahami Grammar Lebih Dekat

August 10, 2012 | Bahasa

Memahami lebih dekat tentang grammar sangat dibutuhkan oleh para pelajar jika ingin bisa menguasai bahasa Inggris. Karena dalam bahasa Inggris grammar merupakan hal yang sangat penting. Sama juga dengan bahasa Indonesia jika tidak menguasai kosa kata dan tata bahasa  maka kita akan kesulitan untuk bisa berbicara dengan orang, menulis, membaca dan mendengar. Dengan begitu sama saja dengan kita tidak akan bisa berbahasa Inggris.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sekarang ini diwajibkan bagi seluruh dunia untuk bisa menguasainnya. Karena bahasa ini akan digunakan oleh semua orang di dunia jika ingin saling berhubungan. Karena banyaknya perbedaan bahasa antara yang satu sama yang lain makanya dibuatlah bahasa internasional yang berlaku untuk seluruh dunia. Hal ini merupakan salah satu kesepakatan yang telah dibicarakan.

Memahami lebih lengkap tentang grammar akan sangat berguna bagi semua kalangan. Tidak hanya oleh pelajar saja. Untuk dunia bisnis pun bahasa Inggris sangat dibutuhkan. Kalau tidak pandai maka kita akan kehilangan partner bisnis kita. Apalagi partner bisnis itu berasal dari luar negeri. Pastinya bahasa mereka akan berbeda dengan bahasa kita. Maka dari  itulah diperlukannya bahasa kesatuan yang bisa digunakan.

Untuk pelajar nilai akan memahami lebih dekat tentang grammar akan sangat berpengaruh. Karena hal ini akan menjadi tolok ukur bagi para pelajar itu untuk bisa bersekolah keluar negeri dan mendapatkan beasiswa keluar negeri. Jangankan untuk luar negeri, dalam negeri saja sekarang juga sudah membutuhkan penguasaan bahasa Inggris untuk pelajarnya. Maka dari itu sekarang ini banyak pelajar yang mulai mempelajari lebih dalam bahasa inggris dan setelah merasa sudah sanggup barulah mereka melakukan tes untuk mengetahuinya. Tes itu seperti tes TOEFL, IELTS, dan banyak lagi tes lainnya. Tetapi ingat kita harus bisa menguasai grammar dahulu baru bisa menguasai pelajaran bahasa inggris lebih dalam lagi. Untuk mempelajari grammar para pelajar bisa mencari buku-bukunya dan diperlajari. Buku untuk penguasaan grammar banyak dijual di toko buku.

Definisi Grammar

Dalam sebuah buku menuliskan bahwa “ The grammar of a language is the set of rules that govem its structure. Grammar determines how words are arranged to from meaningful units”. Itu berarti “ Grammar dari sebuah bahasa adalah suatu kumpulan aturan yang menata bagian dari susunannya. Grammar juga menentukan bagaimana kata-kata itu disusun dalam membuat sebuah unit-unit bahasa yang bermakna. Hal ini menyatakan akan kegunaan dan maksud dari grammar itu.

Grammar merupakan tata bahasa yang harus dikuasai karena akan berpengaruh pada bagaimana seseorang akan melakukan proses percakapan, penulisan dan mendengarkan apa yang dikatakan oleh orang lain. Dengan adanya aturan penggabungan kata yang tepat maka akan terbentuk sebuah kalimat atau bahasa yang baik dan benar. Jika sudah baik dan benar maka dalam proses percakapan dengan orang lain mereka tidak akan binggung dengan apa yang akan kita katakan. Sering sekali dalam bahasa inggris itu kita terbalik dalam pengucapannya. Hal ini bisa saja berpengaruh terhadap daya nangkap orang yang mendengarkan bahasa itu. Memahami lebih lengkap tentang grammar akan menjadi kunci bagi kita untuk bisa menguasai bahasa Inggris.

Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar merupakan hal yang sangat tepat bagi para pelajar untuk bisa mendapatkan dan menguasai bahasa inggris itu. Jangan anggap mempelajarinya akan mudah. Mempelajari grammar akan sangat susah bagi orang yang tidak bisa mengertinya. Dan untuk itu anda pasti membutuhkan cara-cara untuk bisa menguasai grammar dengan lebih mudah dan efisien. Cara-caranya adalah seperti berikut ini :

  1. Mempelajari tentang Part of Speech (mempelajari bagian-bagian kata). Contoh adjective, Noun , Pronoun, dll.
  2. Mempelajari tentang kalimat atau sentence. Contoh compound, simple sentence, complex , dll.
  3. Menguasai Question Words atau kata tanya. Yaitu who, what, why, whom , whose, dll.
  4. Menguasai tenses. Hal ini merupakan salah satu yang terpenting. Contoh present tenses, past tenses, past future tenses, dll.
  5. Memahami modal auxiliaries seperti will/would, can/could, may/might, dll.
  6. Mempelajari Question tag. Merupakan oertanyaan pendek yang terletak diakhir kalimat.
  7. Mempelajari passive voice atau kalimat pasif.
  8. Mempelajari kalimat direct(langsung) dan indirect(tidak langsung).
  9. Mempelajari Gerund. Gerund merupakan kata kerja dengan tambahan ing dibelakangnya dan berguna untuk menjadi kata benda.
  10. Mempelajari Participle.
  11. Memahami causative verb atau kata kerja untuk perintah.
  12. Relative pronoun.


Related For Memahami Grammar Lebih Dekat