Memilih Jurusan untuk Anak IPA | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » IPA » Memilih Jurusan untuk Anak IPA

Memilih Jurusan untuk Anak IPA

 

Kedokteran? Pertambangan? Arsitektur? Ahli fisika? Ahli Kimia? Bahasa? Manajemen? Dan tentu masih banyak lagi jurusan yang tentu saja dapat diambil oleh para lulusan SMA IPA saat memilih jurusan perkuliahan yang diinginkan. Memilih berbagai macam jurusan menjadi salah satu kelebihan para lulusan SMA IPA, tapi perlu diingat apakah hal tersebut merupakanm hal yang benar-benar diinginkan atau tidak. Bisa kita lihat dari tahun-tahun pasti ada, bahkan banyak lulusan SMA IPA malah masuk ke jurusan ekonomi yang sebenarnya merupakan salah satu pilihan terbanyak yang bisa diperoleh para lulusan SMA IPS.

            Kebijakan yang selama ini sebenarnya bisa dibilang ssalah satu ketidak adilan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Lulusan IPA dapat dengan bebas memasuki bidang yang sebenarnya menjadi spesialis untuk lulusan SMA IPS. Apakah lulusan IPA lebih baik daripada lulusan IPS? Di dunia pendidikan SMA, dapat kita lihat sebagian besat SMA di Indonesia sangat tidak menghargai jurusan IPS bahkan para guru pun bukannya mendukung tapi melihat IPS sebgai sebelah semata saja, ha tersebut yang menjadikan perbedaan jauh antara lulusan IPS dengan lulusan IPS. Lebih baih sebenarnya juga tidak, namun pandangan masyarakat mengenai anak IPS yang lebih buruk daripada IPA menjadi poin tersendiri.

            Memilih jurusan untuk para lulusan IPA tidaklah sulit, bidang apapun yang diinginkan masih bisa digeluti asalkan dapat menutupi segala kekurangan di bidangnya. Apalagi di Indonesia tes masuk perguruan tinggi swasta rata-rata memberikan pertanyaan soal umum untuk tes masuk segala jurusan, entah itu jurusan IPA ataupun IPS, hal tersebut memberikan para lulusan IPA memiliki kesempatan yang jauh lebih besar daripada lulusan IPS. Sebagi contoh, misalkan anak lulusan IPA ingin mendaftarkan di jurusan Ekonomi Akuntansi di sebuah perguruan tinggi swasta, maka yang didapat pada soal tes adalah soal umum yang tidak hanya khusus bisa dikerjakan oleh anak lulusan IPS.

            Jadi bagi para lulusan SMA IPA, tidak usah terlalu bingung untuk memnentukan jurusan mana yang akan diambil karena lulusan IPA memiliki jauh lebih banyak pilihan dibandingkan dengan lulusan SMA IPS asalkan jurusan yang dipilih sesuai dengan apa yang diinginkan.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Sep
28
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin