Memilih Jurusan untuk Anak IPS | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » IPS » Memilih Jurusan untuk Anak IPS

Memilih Jurusan untuk Anak IPS

 

Berbeda dalam kemudahan memilih jurusan Universitas yang diinginkan, para lulusan SMA IPS memiliki keterbatasan dalam memilih jurusannya. Para lulusan IPS hanya mendapatkan beberapa bidang jurusan pendidikan saat kuliah. Tidak seperti layaknya para luluksan SMA IPA, lulusan IPS hanya dapat memilih bidang yang masuk kedalam program belajar SMA IPS seperti ekonomi, psikologi, hukum, hi, dan sastra. Merasa dirugikan? Jangan sampai mengecilkan hal tersebut karena saat ini meskipun lulusan SMA IPS, universitas perguruan tinggi negeri/ptn masih menghargai para lulusan IPS yang dapat mempelajari mata pelajaran ipa yang diujikan saat ujian tertulis sehingg masih ada sedikit kesempatan untuk masuk ke jurusan ipa.

Ipa maupun IPS tentu memiliki kelebihan dan daya tariknya sendiri-sendiri. Para lulusan SMA IPS jangan pernah menganggap bahwa sebagai lulusan IPS tidak akan sebanding dengan lulusan ipa. Pada kenyataanya banya para siswa lulusan SMA IPA yang akhirnya masuk ke dalam jurusan IPS, manfaatkan ilmu dari jurusan IPS yang telah didapatkan selama SMA untuk menunjukkan bahwa IPS memang merupakan bidang yang dikuasai oleh para lulusan SMA IPS, dan tentu saja para lulusan SMA IPS yang masuk ke dalam jurusan IPS akan jauh berbeda dengan para lulusan ipa yang pada akhirnya masuk ke dalam jurusan IPS karena para lulusan IPS sudah mengetahui jalan ke depan di jurusan IPS yang benar tidak seperti para lukusan ipa yang akhirnya seperti para siswa yang “salah kamar” masuk ke jurusan yang sebenarnya tidak sesuai dengan bidangnya.

Jadi memilih jurusan untuk para lulusan IPS memang terbatas, namun dibalik semua itu para siswa lulusan SMA IPS sudah lebih unggul dengan kepastian jurusan yang akan diambil setelahnya. Tinggal bagaimana para lulusan SMA IPS menggunakan semua ilmu yang sebenarnya sudah mereka miliki lebih dahulu dan melakukan “start” kuliah yang lebih baih daripada para lulusan SMA IPA. Hargai apapun yang anda miliki saat ini dan jalani dengan sepenuh hati, ipa atau IPS belum menentukan masa depan yang sebenarnya.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Sep
28
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin