Menantang Permainan Matematika untuk Anak-Anak | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » IPA » Menantang Permainan Matematika untuk Anak-Anak

Menantang Permainan Matematika untuk Anak-Anak

 

Bagi orang tua, mempunyai seorang anak yang pintar dan cerdas adalah suatu harapan. Berbagai cara dilakukan orang tua agar anaknya menjadi pintar. Ada yang membuat anaknya mendengar lagu klasik sejak dalam kandungan dan berbagai cara lainnya. Yang paling penting dari segala cara tersebut adalah untuk membuat anaknya menjadi cerdas. Dan salah satu cara agar anak dapat menjadi pintar adalah dengan memberikan pelajaran setiap saat. Karena semakin sering diasah otak seorang anak, maka semakin cerdas anak itu. Namun, faktanya hanya sedikit anak yang suka untuk belajar. Lebih banyak anak-anak yang memilih bermain dibanding dengan belajar. Namun sebagai orang tua, anda harus cerdas dalam mengajari anak anda. Salah satu cara yang paling mudah untuk mengajarkan seorang anak adalah dengan bermain sambil belajar. Bermain sambil belajar adalah salah satu cara mengajarkan seorang anak dengan cara melakukan suatu permainan yang mendidik.

Namun dalam bermain sambil belajar, tidak semua anak dapat menyerap apa yang dipelajarinya. Jadi anda harus melakukannya dengan rutin agar dapat terserap dengan baik. Dan untuk permainannya jangan selalu monoton. Usahakan diganti setiap harinya agar seorang anak tidaklah bosan. Salah satu permainan yang sering dimainkan oleh seorang anak dalam mengasah otaknya adalah permainan matematika. Dalam permainan matematika, seorang anak diajari ilmu matematika sekaligus dengan bermain. Kelebihan dari permainan matematika adalah dapat dimainkan di mana saja. Yang diperlukan orang tua untuk permainan matematika adalah imajinasi. Jadi permainan matematika dapat dimainkan di mana saja.

Permainan Matematika yang Dimainkan di Rumah

Ketika anda sudah di dalam rumah, tidak tertutup kemungkinan bagi anda untuk mengajarkan anak anda. Di dalam rumah, banyak jenis pembelajaran yang dapat anda lakukan. Selain itu, pembelajarannya dapat berupa permainan. Banyak tempat yang ada di dalam rumah yang dapat dijadikan tempat permainan matematika, seperti dapur, ruang keluarga, dan tempat lainnya. Sebagai contoh ketika di dapur, anda dapat melakukan permainan matematika menghitung. Anda dapat mengajarkan anak anda untuk menghitung biaya yang dikeluarkan saat anda membeli barang belanjaan. Sebagai contoh : “berapa banyak bahan yang dipakai untuk menu ini?” tentunya seorang anak akan menghitung jumlah bahan yang dipakai untuk membuat menu tersebut. Namun kadang kalanya anak-anak tidak suka dengan sesuatu hal yang seperti itu.

Ada anak yang lebih suka membaca komik dari pada belajar. Namun bila anda berpikiran dengan baik, anda dapat mengajari anak anda sambil mempersilakan ia membaca komik. Contohnya adalah “berapa biaya total yang dipakai untuk membeli semua komik itu?” selain itu anda juga dapat bertanya “berapa total waktu yang diperlukan untuk membaca semua komik tersebut?” dengan begitu anak anda akan menikmati permainannya sekaligus dengan belajar.

Permainan Matematika yang Sering Dimainkan

Selain permainan matematika yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, tidak sedikit permainan matematika yang telah diciptakan dan telah terkenal. Salah satunya adalah sudoku. Mengajari anak anda untuk bermain sudoku adalah hal yang tepat dalam membuat anak anda menjadi pintar. Dalam permainan sudoku, seorang anak akan diajari kemampuan logikanya. Dan logika ini akan sangat berguna dalam pembelajaran matematika selanjutnya. Selain logika, seorang anak akan diajari ketepatan dalam menjawab. Lalu kecepatan. Anda bisa saja memberi sebuah dorongan kepada anak anda dengan memberikan sebuah hadiah apabila anak anda dapat menyelesaikan permainan tersebut dengan waktu yang anda tentukan.

Selain itu, mengajari anak anda dengan permainan tebak gambar. Caranya adalah anda sediakan suatu buku yang bergambar bidang yang jelas, kemudian anda tanyakan pada anak anda bentuk dari gambar tersebut. Sebagai contoh : gambar balon merupakan bentuk oval dan lain-lain. Jadi anak anda akan bermain sambil belajar bentuk dalam matematika.

Selain itu, salah satu pilihan terakhir yang dapat dipilih oleh orang tua adalah memberikan anaknya game IQ. Tidak sedikit game IQ yang memberikan permainan yang mendidik sekaligus menyenangkan.

Dengan banyaknya cara yang dapat dilakukan orang tua dalam mengajari anaknya belajar, anda hanya perlu memilih dan mengimprovisasinya. Selain itu, permainan matematika merupakan permainan yang dapat anda buat sendiri sesuai dengan waktu dan tempat anda berada. Jadi kapanpun dan dimanapun, tidak tertutup kemungkinan bagi anda untuk melakukan permainan matematika.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Aug
10
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin