Mengeksplorasi Teknik Olah Tubuh, Pikiran, dan Suara | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Mengeksplorasi Teknik Olah Tubuh, Pikiran, dan Suara

Mengeksplorasi Teknik Olah Tubuh, Pikiran, dan Suara

 

Mungkin dengan membaca judul mengeksplorasi teknik olah tubuh, pikiran, dan suara anda cukup heran, khususnya untuk apa anda melakukan semua itu ? Sebenarnya, mengeksplorasi teknik olah tubuh, pikiran, dan suara dilakukan untuk mementaskan sebuah karya seni.

Lebih spesifiknya lagi, karya seni teater atau yang sering disebut sebagai drama. Drama atau teater merupakan karya seni yang ditampilkan melalui pergerakan dan dialog dari para tokoh yang memerankannya.

Sama halnya dengan karya seni lainnya, drama atau teater ini dilakukan sebagai sarana hiburan atau ekspresi diri dari para pemerannya. Kita semua, paling tidak pernah menonton atau bahkan memerankan sebuah peran.

Pada saat anda duduk di bangku sekolah, paling tidak anda pernah ditugaskan untuk membuat suatu drama secara berkelompok. Mungkin setting atau panggung yang anda gunakan sangat terbatas dan kecil, namun hal terpenting di dalam sebuah drama adalah pemerannya.

Sebenarnya, pembatasan latar ini dilakukan agar siswa atau murid dapat belajar untuk menunjukkan potensinya secara keseluruhan, meskipun tanpa dukungan suasana. Hal ini karena suasana atau latar suatu tempat dapat membantu proses pemeranan atau penjiwaan suatu drama.

Pada dasarnya, drama yang anda buat atau perankan di bangku sekolah itu sama saja dengan drama yang biasanya dipentaskan di atas panggung. Hanya saja yang membedakan adalah kualitas individunya dan setting yang dipergunakan.

Tentunya drama yang akan dipentaskan di atas panggung dan ditonton oleh banyak orang akan menggunakan pemeran yang professional dan telah memiliki banyak pengalaman. Selain itu, Susana panggungnya juga diatur sedemikian rupa.

Sebenarnya, anda juga bisa menjadi professional, asalkan anda mengeksplorasi teknik olah tubuh, pikiran, dan suara. Untuk lebih jelas mengenai cara mengeksplorasi teknik olah tubuh, pikiran, dan suara, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 

Mungki kedengarannya mudah, anda hanya perlu menggerakkan tubuh anda sesuai dengan apa yang ada di dalam dialog, namun sebenarnya tidak semudah itu, mengingat banyak sekali hal yang dapat mempengaruhi olah tubuh seseorang.

Teknik ini sendiri sebenarnya berkaitan dengan pengolahan tubuh yang tepat untuk menghasilkan gerak gerik yang memukau saat berkarya seni teater. Teknik ini dilakukan dengan cara olahraga. Pada dasarnya, teknik ini meliputi :

-         Gerak anggota tubuh

-         Mimic atau ekspresi muka

-         Sikap pemeran

Gerakan anggota tubuh harus dilakukan dengan benar, artinya sesuai dengan apa yang diminta oleh dialog. Selain itu, sebaiknya anda jangan menambah gerakan yang tidak penting, karena bisa mempengaruhi penampilan anda.

Mimic atau ekspresi muka juga merupakan faktor yang penting. Seorang pemeran yang baik mampu menunjukkan dialognya melalui ekspresi muka yang ia gunakan. Sikap pemeran juga sangat penting untuk menunjukkan wataknya.

  • Teknik olah pikiran

 

Teknik olah pikiran ini sebenarnya merupakan teknik yang dipelajari oleh pemeran dengan sendirinya. Hal ini karena  teknik ini berkaitan dengan pemikiran untuk berkarya seni. Teknik ini bisa dikembangkan dengan cara berkonsentrasi atau melakukan berbagai kerja otak.

Teknik ini cukup penting untuk menentukan apakah seorang pemeran dapat memerankan atau menjiwai perannya sedemikian rupa. Teknik olah pikiran bisa dikembangkan dengan teknik olah suara.

Karena pada dasarnya kita bisa mengutarakan apa yang kita pikirkan melalui suara. Dalam sebuah teater, teknik pengolahan suara sangat berkaitan erat dengan vocal seseorang. oleh karena itu, ada baiknya jika seorang pemeran melakukan latihan vocal, seperti bernyanyi atau deklamasi.

Di dalam teknik pengolahan suara, pengucapan suatu naskah sangatlah penting. Pengucapan yang baik itu bisa kita capai dengan memperhatikan :

-         Tekanan dinamis atau volume

-         Tekanan nada

-         Tekanan tempo

  • Panggung

 

Untuk mendukung berbagai teknik yang telah anda kembangkan, suasana panggung juga merupakan hal penting yang patut anda perhatikan. Baik dari segi tata atau setting panggung hingga music yang akan digunakan.

Hal tersebut sangatlah penting untuk membentuk suasana suatu teater atau drama. Inilah sekilas mengenai mengeksplorasi teknik olah tubuh, pikiran, dan suara. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
19
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin