Mengenal Busana Dalam Ilmu Tata Busana | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » umum » Mengenal Busana Dalam Ilmu Tata Busana

Mengenal Busana Dalam Ilmu Tata Busana

 

Tata busana selalu menjadi perbincangan dan event setiap dekadenya. Sering terjadi perubahan dalam tata busana. Ada juga yang tidak berubah tetapi telah dirombak atau diperbaharui oleh beberapa orang. Perubahan itu dilakukan karena mengikuti zaman yang ada pada waktu itu. Tetapi tetap saja dibutuhkan ilmu tata busana bagi orang yang ingin mempelajari soal tata busana.

Pengertian Desain Busana Menurut Ilmu Tata Busana

Desain busana diperlukan oleh orang yang ingin mempelajari tentang tata busana. Desain busana adalah kumpulan dari informasi terlihat yang menjelaskan mengenai busana yang akan dibuat, berhubungan dengan kesempatan penggunaan, pengguna busananya, kebutuhan akan berbagai macam elemen penyusun, teknik dalam pembuatan dan soal pembiayaan dana dan cara melakukan system pemasarannya. Hal yang berkaitan dengan tata busana harus kita ketahui dulu agar bisa membicarakan tentang bagaimana mendesain tata busana.

Busana adalah suatu bahan tekstil atau bahan lain yang tidak dijahit atau telah dijahit yang biasanya disampirkan atau dipakai sebagai penutup tubuh seseorang. Busana digunakan untuk menutupi tubuh seseorang. Tetapi untuk busana sekarang ini telah banyak diubah oleh anak-anak muda. Mereka malahan lebih banyak memilih tata busana dari luar. Dengan begitu sering terjadi kesalahpahaman diantara para pendidik tata busana. Hal ini akan terus menjadi perbincangan terus. Perbedaan memang selalu akan terjadi. Tetapi dengan adanya perbedaan itulah kita harus bisa mempelajarinya dan mengatasinya. Sama halnya dengan tata busana. Perbedaan pasti akan ada karena tidak semua tata busana orang sama. Malahan banyak yang berbeda. Yang paling penting tata busana itu adalah suatu benda yang digunakan oleh seseorang yang menutupi dari bagian atas sampai bagian bawah. Ini merupakan pengertian busana secara umum.

Jenis Busana Menurut Ilmu Tata Busana

Jenis busana sangat banyak macamnya. Maka dari itulah kita harus bisa mengenalinya. Biarpun tidak semua tetapi kita harus bisa mengenal beberapa macam yang penting. Untuk itu beberapa jenis busana menurut ilmu tata busana adalah :

Busana yang Bersifat Pokok

Dalam busana pasti ada yang namanya busana pokok. Busana pokok maksudnya adalah busana yang kita gunakan untuk kehidupan kita sehari-hari dan wajib untuk dipakai. Busana yang digunakan adalah busana untuk bagian atas dan juga bagian bawah tubuh. Contoh busana itu adalah t-shirt, kemeja, blouse, kebaya, rok, celana panjang, celana pendek dan pakaian dalam. Ini merupakan busana wajib atau busana pokok manusia.

Busana yang Bersifat Pelengkap (Millineris)

Busana yang bersifat pelengkap ini merupakan semua benda yang digunakan untuk melengkapkan busana yang akan dipakai. Contohnya adalah alas kaki, topi, tas, sarung tangan dan ikat pinggang. Barang yang dipakai adalah barang yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Busana yang Bersifat Penambah (Accessories)

Dalam ilmu tata busana ada juga busana yang bersifat penambah. Benda ini digunakan untuk menghias agar penampilan makin bertambah bagus. Hal ini sekarang sangat dibutuhkan oleh orang-orang. Contohnya adalah bandana, jam tangan, gelang, anting-anting, cincin, kacamata, kalung, pita dan banyak lagi yang bisa digunakan.

Pemilihan busana yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang. Makanya untuk pemilihannya haruslah secara teliti dan benar.

Fungsi Busana Menurut Ilmu Tata Busana

Banyak fungsi busana menurut ilmu tata busana. Dan kita juga sudah mengetahui apa kegunaan dari busana itu. Beberapa fungsi busana menurut ilmu tata busana adalah busana sebagai pelindung, busana sebagai alat penunjang komunikasi dan busana juga sebagai alat memperindah diri. Dengan mempelajari fungsi-fungsi ini maka kita akan bisa memakai tata busana yang bagus dan benar. Dan juga kita bisa action dengan membuat penampilan yang menonjol dan bagus. Sehingga mendapatkan banyak perhatian. Tata busana pun juga ada yang digunakan untuk melakukan lomba atau audisi. Dari manca Negara akan mengadakan perlombaan tata busana yang terbaik dan terbagus. Untuk model dan artis pun juga akan mengunakan tata busana yang bagus untuk membuat penampilan mereka menjadi menarik dan orang lain suka melihatnya.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Aug
11
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin