Mengenal Organ Tubuh Manusia | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » IPA » Mengenal Organ Tubuh Manusia

Mengenal Organ Tubuh Manusia

 

Mengenal organ tubuh manusua merupakan hal yang penting bagi semua orang. Karena organ tubuh merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Tanpa adanya orang tubuh maka manusia tidak akan bias hidup. Hal ini memang sudah ketentuan dari Tuhan yang menciptakan manusia itu.

Tubuh manusia terdiri dari orang-organ yang membentuknya. Dan dalam organ terbentuk dari jaringan dan sel. Ilmu histology merupakan ilmu yang mempelajari tentang jaringan didalam tubuh manusia. Kemudian ada juga sitologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang sel. Dan satu bidang khusus yang tentang struktur tubuh manusia adalah anatomi. Untuk bias memperdalam tentang pelajaran organ tubuh manusia maka kita harus mengenal dahulu tentang anatominya. Dalam anatomi tubuh manusia mempunyai beberapa system memikili tugas dan fungsi yang satu sama lainnya berbeda. Masing-masing bagian akan memiliki fungui dan kekurangannya. Ada juga system kekebalan tubuh manusia yang merupakan bagian dari system. Sistem kekebalan tubuh ini berfungsi untuk memberikan perlindungan bagi tubuh kita dari berbagai dan juga macam penyakit dari luar maupun dari dalam. Sistem kekebalan tubuh juga untuk mengatur keadaan normal tubuh manusia. Maka dari itulah fungsi dari system kekebalan tubuh sangat berguna bagi semua makhluk hidup.

Kemudian bagian dari organ tubuh manusia juga ada system pencernaan yang berfungsi sebagai melakukan proses masukan, proses dan keluaran yang  kita makan atau minum dalam sehari-hari. Sistem pencernaan sangat berguna bagi tubuh manusia. Jika tidak ada system ini maka kita tidak akan bias melakukan proses untuk makan atau minum. Dan jika system ini rusak maka akan sangat berbahaya bagi nyawa seseorang. Kita harus biasakan untuk makan dan minum yang sehat dan baik. Hal ini untuk menjaga kesehatan kita dan agar tidak merusak system pencernaan. Jika sekali saja system pencernaan kita rusak maka nantinya akan sangat sulit untuk diobati lagi. Hal ini harus sangat diwaspadai. Saat masih muda memang tidak akan terasa ada gangguannya tetapi saat sudah tua nanti pasti kita akan merasakan efek dari tidak ada menjaga kesehatan dalam system pencernaan kita. Banyak lagi macam-macam system yang ada pada tubuh manusia. Seperti sitem endokrin, sitem otot, system limfatik, system reproduksi, system kardiovaskuler yang berfungsi sebagai pengurus pemompaan darah keseluruh tubuh, system saraf, system pernapasan, system rangka dan system urin. Begitu banyaknya system pada tubuh manusia. Hal ini merupakan bagian-bagian dari organ tubuh manusia. Kemudian dalam organ manusia pun ada terbagi dua lagi. Yaitu organ luar dan organ dalam.

Organ Dalam Manusia

Organ dalam merupakan salah satu unit organ terpenting bagi kehidupan manusia. Bagian-bagian dari organ dalam adalah organ adrenalin, appendiks, esophagus, hati, ginjal, kandung empedu, jantung, kantung kemih, limpa, kulit, otak, mata, ovarium, paratiroid, pancreas, lambung, paru-paru, pituitary, prostat, thymus, rahim, usus, tiroid, venar, zakar. Banyak macam dari organ dalam manusia. Untuk merawatnya tidaklah gampang. Tetapi jika bermasalah salah satunya maka akan sangat berpengaruh bagi system kerjanya.

Organ Luar Manusia

Untuk organ luar merupakan organ yang namoak dari luar tubuh manusia. Berbeda dengan organ dalam yang tidak nampak. Bagian-bagian organ luar itu adalah mata, hidung, mulut, telinga, rambut, dahi, leher, tenggorokan, jakun, dada, paha, buah dada, perut, pusat, tangan, kaki, pantat dan organ sex manusia.

Untuk mau mempelajari ilmu tentang anatomi atau organ ini tidak akan mudah. Karena untuk organ itu banyak sekali macammya. Belum lagi kita harus mempelajari lagi system organ tersebut. Tetapi jika anda ingin menjadi dokter maka anda akan dituntut untuk bisa menguasai tentang organ ini. Untuk organ luar tubuh mungkin mudah untuk dipelajari. Tetapi untuk organ dalam tubuh itu yang sangat payah untuk bisa mempelajarinya. Karena untuk mempelajarinya kita harus melakukan proses otopsi tubuh manusia untuk bisa langsung mengeceknya secara langsung. Jika hanya melalui teori saja akan sulit untuk bisa menguasainya dengan baik. Maka dari itu untuk mengenal organ tubuh manusia harus mempunyai niat dan semangat yang tinggi untuk mempelajarinya.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Aug
11
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin