Meraih Beasiswa Rusia

Rusia bukanlah Negara nomor satu di bidang pendidikan. Tapi siapa yang tak bangga jika bisa melanjutkan studi di sana! Karena sudah pasti, Negara-negara di Eropa sana, sudah menerapkan standar kualitas pendidikan yang lebih tinggi daripada pendidikan di Negara Asia, termasuk Indonesia.  Rusia pun termasuk Negara yang kompetitif di bidang pendidikan selain Belanda, Perancis, Inggris, dan lain sebagainya.

Sehingga tidak mudah juga untuk mendapatkan beasiswa ke Rusia yang kompetitif itu, karena saingan Anda bukan hanya dari Indonesia saja, tetapi juga dari Negara-negara di seluruh dunia. Karena itu perlu usaha yang ekstra keras untuk mendaatkannya.

Setiap awal tahun, Pemerintah Federasi Rusia membuka pendaftaran bagi  mahasiswa Indonesia yang ingin mendapatkan beasiswa untuk menempuh studi di Rusia mulai  jenjang S1, S2, dan S3. Tahun 2012 ini, Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Rusia memberikan jatah 40 mahasiswa untuk S1 dan S2, dan 10 mahasiswa  untuk S3.

Rusia membuka kesempatan bagi mahasiswa S1, S2 dan S3 untuk mendaftar beasiswa Rusia untuk berbagai macam bidang studi yang ingin diperdalam seperti ilmu politik, ilmu hukum, ilmu sosial dan humaniora, kesehatan dan kedokteran, ilmu alam/pasti, ekonomi dan manajemen, antariksa, teknik, pendidikan, geologi dan sebagaianya. Pengambilan jurusan itu harus disesuaikan dengan minat dan bakat masing-masing individu. Akan tetapi meskipun pelamar dapat memilih jurusan program studi, penempatan kota dan universitas tetap ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Federasi Rusia.

Persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa ini, di antaranya adalah:

  • Pelamar S1:
  1. Memiliki nilai rata-rata 80% untuk mata pelajaran yang sesuai program studi tujuan
  2. Memiliki nilai minimal 60% untuk mata pelajaran lain;
  3. Saat mendaftar tidak lebih dari 3 tahun setelah tamat SMA
  4. Melengkapi berkas-berkas yang diperlukan
  5. Bagi yang belum mempunyai ijazah SMA, dapat menyertakan nilai rapor kelas 11 sampai dengan kelas 12 (Kelas 2-3 SMA) .
  • Pelamar S2:
  1. IPK minimal 2,75
  2. Saat mendaftar tidak lebih dari 3 tahun setelah tamat S1
  3. Melengkapi berkas-berkas yang diperlukan
  4. Jika waktu kelulusan lebih dari 3 tahun, dapat menyertakan surat referensi kerja sesuai spesialisasi untuk dipertimbangkan lebih lanjut

 

  • Pelamar S3:
  1. IPK minimal 3,00
  2. Usia maksimal 35 tahun
  3. Membuat proposal maksimal 2 halaman dengan tema penelitian ilmiah (dalam Bahasa Indonesia, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan Rusia)
  4. Menyertakan rekomendasi dari 2 profesor
  5. Memiliki pengalaman kerja sesuai spesialisasi
  6. Melengkapi berkas-berkas yang diperlukan.

Persyaratan administrasi /berkas-berkas lamaran yang wajib diajukan adalah :

  1. Mengisi formulir dengan bahasa Inggris (form aplikasi dan form inisial, dapat diunduh di internet)
  2. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai dan dilegalisir lembaga pendidikan yang menerbitkan.
  3. Ijazah dan transkrip nilai dalam terjemahan Bahasa Inggris. Diterjemahkan oleh lembaga yang menerbitkan/ penerjemah tersumpah dan cap notaris.
  4. Fotokopi akta kelahiran.
  5. Terjemahan akta kelahiran dalam Bahasa Inggris oleh lembaga yang menerbitkan/ penerjemah tersumpah dan cap notaris.
  6. Surat keterangan lulus uji kesehatan dalam Bahasa Inggris (sertakan rincian hasil tes laboratorium).
  7. Surat keterangan bebas HIV/AIDS dalam Bahasa Inggris.
  8. Fotokopi berwarna dari lembar pertama paspor. Masa berlaku paspor terhitung minimal 1,5 tahun.
  9. Mengisi surat jaminan orangtua/wali dengan bahasa Inggris di formulir bahasa Rusia (unduh melalui link di bawah)

10.  Data diri lengkap.

11.  10 lembar pasfoto 4×6 berwarna.

12.  Poin 1-9 dibuat rangkap 2 dan poin 1-11 dimasukkan ke 2 map kuning (S1)/ 2 map merah (S2)/ 2 map hijau (S3). Poin 1-11 discan dalam format jpeg di sekeping CD data.

13.  Membayar biaya administrasi Rp.500,000,- (setelah wawancara)

Beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Rusia bukanlah Full Scholarship, seperti beasiswa-beasiswa dari Amerika. Beasiswa yang diberikan sebatas hanya untuk biaya pendidikan, sedangkan untuk biaya hidup ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa. Beasiswa yang diberikan biasanya sekitar 30,5 USD/ bulan untuk membantu biaya hidup di sana. Akan tetapi biaya hidup di sana minimal 156 USD dan itu pun jika berada di kota kecil di Rusia.

Meskipun demikian, janganlah mengurungkan niat Anda yang memang sudah niat belajar di sana. Karena rezeki semua orang sudah ada yang mengatur, dan kita tidak akan diterlantarkan jika kita mau berusaha. Semangat lah terus untuk mengejar cita-cita mu di Rusia yang termasuk Negara yang bergengsi itu. Semangat mencoba dan semoga sukses J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *