Merancang Pergelaran Teater Tradisional | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Merancang Pergelaran Teater Tradisional

Merancang Pergelaran Teater Tradisional

 

Teater merupakan salah satu bagian dari karya seni yang dapat dipentaskan. Teater dulunya merupakan sarana hiburan yang tergolong mewah. Namun, sekarang init eater bukan lagi merupakan hal yang baru apalagi mewah.

Seiring berjalannya waktu, fungsi teater sebagai sarana hiburan mulai tergeser oleh berbagai sarana hiburan modern lainnya. Mengingat bahwa pementasan teater ini mirip dengan bioskop. Kebanyakan orang-orang, khususnya kalangan muda lebih menyukai bioskop dibandingkan pergelaran teater.

Namun, masih ada jug masyarakat setempat yang terus memegang erat tradisi mereka, karena terater merupakan hasil dari budaya daerah yang sekarang ini telah menjadi budaya Indonesia yang patut dilestarikan.

Oleh karena itu, merancang pergelaran teater tradisional merupakan tips yang cukup diminati sekarang ini. Untuk merancang pergelaran teater tradisional, sebenarnya banyak sekali hal yang perlu anda persiapkan.

Suatu pergelaran seni hendaknya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dengan melewari serangkaian tahapan tersebut, maka teater yang akan digelar menjadi sempurna dan mencapai efektifitas dan efisiensi yang tinggi.

Suatu karya seni akan dikatakan sebagai karya seni yang efektif apabila karya seni yang dihasilkan tersebut memiliki kualitas yang tinggi sesuai dengan keinginan seniman atau para penontonnya.

Sedangkan suatu karya seni yang efisien adalah karya seni yang menggunakan sumber daya secara rasional dan hemat atau tidak terjadi pemborosan dan penyimpangan. Dengan melakukan perancangan yang baik, maka semua itu bisa tercapai.

Dengan melakukan perencanaan hingga ke tahapan evaluasi atau manajemen tersebut, diharapkan sebuat pergelaran akan berjalan dengan lancar dan meminimalisir terjadinya resiko kerugian atau berbagai halangan lainnya.

Untuk lebih jelas mengenai merancang pergelaran teater tradisional, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 1.      Perancangan

 

Tahapan awal yang perlu anda lalui dalam merancang pergelaran teater tradisional adalah perancangan. Tahapan ini merupakan tahapan dimana kita akan menentukan sasaran atau tujuan yang ingin kita capai dalam waktu tertentu.

Pada tahapan ini, anda juga peru menentukan beberapa hal, misalnya :

-         Menulis atau memilih naskah yang akan dipentaskan

-         Menyusun rencana untuk melakukan latihan

-         Mencari dan menentukan tempat pertunjukkan yang sesuai

-         Mencari biaya yang diperlukan selama pementasan

-         Melakukan rencana publikasi atau promosi

Proses perencanaan ini juga dilakukan melalui :

-         Menentukan segala kegiatan yang akan dilakukan

-         Mengurutkan langkah-langkah kegiatan

-         Menyusun jadwal yang baik

-         Melakukan kerja sama yang baik untuk mencapai satu tujuan

 2.      Menyusun staff

 

Dalam merancang pergelaran teater tradisional, hal ini juga tidak terlepas dari berbagai penggunaan staff. Pada dasarnya, ada beberapa komponen penting yang harus ada dalam sebuah pergelaran teaterm yaitu :

  • Manajemen produksi

 

Merupakan seorang pimpinan yang membiayai segala keperluan yang dibutuhkan dalam pementasan sebuah drama atau teater tradisional. Ia merupakan faktor utama apakah sebuah drama akan dipentaskan atau tidak.

Tugas lainnya adalah memimpin seluruh kegiatan, baik dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi kinerja yang ada dalam sebuah pementasan drama.

  • Sekretaris

 

Merupakan orang yang bertanggung jawab untuk membukukan dan mencatat segala kegiatan yang berkaitan dengan produksi teater. Adapun beberapa tugas penting seorang sekretaris, yaitu :

-         Membuat proposal

-         Membuat surat-surat penting

-         Membuat rancangan kegiatan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan administrasi kesekretarisan

  • Bendahara

 

Merupakan orang yang bertanggung jawab tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan, baik pelaksanaan ataupun administrasi keuangan hingga ke pelaporan keuangan. Bendahara juga akan mencatat semua pengeluaran ataupun pemasukan yang berasal dari sponsor.

  • Seksi-seksi

 

Pada dasarnya seksi-seksi ini mempunyai beberapa tugas penting, yaitu :

-         Seksi perlengkapan yang bertanggung jawab atas segala perlengkapan yang akan digunakan

-         Seksi transportasi yang bertanggung jawab atas kelancaran atau ketersediaan alat transportasi

-         Seksi dokumentasi yang bertanggung jawab untuk mendokumentasikan segala kegiatan, baik ke dalam bentuk gambar atau video

-         Seksi publikasi yang bertanggung jawab untuk melakukan publikasi atau promosi sebuah drama.

Inilah sekilas mengenai merancang pergelaran teater tradisional. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
19
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin