s

Kita semua pasti pernah mendengar adanya planet Merkurius dalam sistem tata surya kita bukan ? Planet yang satu ini merupakan planet yang terkecil dalam sistem tata surya kita. Selain itu, Merkurius juga merupakan planet yang terletak paling dekat dengan matahari.

Masa revolusi dari planet ini adalah 88 hari dan rotasinya adalah 59 hari. Kecerahan planet ini berkisar antara -2 hingga 5,5 dalam magnitude tampak, namun tidak mudah terlihat karena sudut pandagnya terhadap matahari kecil.

Planet ini hanya bisa kita lihat pada saat subuh atau maghrib. Planet ini juga tidak begitu banyak diketahui secara mendetail, karena hanya ada satu pesawat antariksa yang pernah mendekatinya, yaitu Mariner 10 pada tahun 1974 sampai 1975.

Pesawat tersebut hanya berhasil memetakan sekitar 40 sama 45 persen permukaan planet Merkurius ini. Planet ini juga bentuknya mirip dengan bulan, karena Merkurius mempunyai banyak kawah dan juga tidak memiliki satelit alami serta atmosfer.

Planet ini juga mempunyai inti besi yang dapat menciptakan sebuah medan magnet dengan kekuatan 0,1 persen dari kekuatan magnet bumi. Suhu permukaan dari Merkurius adalah 90 hingga 700 Kelvin.

Pada pengamatan tercatat bahwa Merkurius paling awal dimulai dari zaman orang Sumeria pada millennium ketiga sebelum masehi. Pada umumnya, bangsa Romawi menamakan planet ini dengan salah satu dari nama dewa mereka, yaitu Hermes pada mitologi Yunani dan Nabu pada mitologi Babilonia.

Lambang astronomis yang digunakan untuk Merkurius adalah abstraksi dari kepala Merkurius sang dewa dengan topi bersayap  di atas caduceus. Di India sendiri, Merkurius dinamai Budha anak dari Candra sang bulan.

Sedangkan pada kebudayaan Tiongkok, Jepang, Korea dan Vietnam, Merkurius dinamakan sebagai bintang air. Sementara orang Ibrani menamakannya sebagai Kokhav Hamah atau bintan dari yang panas. Diameter Merkurius sebenarnya 40% lebih kecil dari Bumi dan 40% lebih besar dari Bulan.

Planet ini ukurannya juga lebih kecil dari pada satelit Jupiter, Ganymede dan satelit Saturnus, Titan. Untuk lebih jelas mengenai planet Merkurius, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Struktur dalam

 

Dengan diameter sebesar 4879 km di katulistiwa, Merkurius merupakan planet terkecil. Merkurius sendiri terdiri dari 70% logam dan 30% silikat serta mempunyai kepadatan sebesar 5,43 g per centimeter kubik hanya sedikit di bawah kepadatan bumi.

Kepadatan Merkurius sendiri digunakan untuk menduga struktur dalamnya. Kepadatan Bumi yang tinggi tercipta karena adanya tekanan gravitasi, terutama di bagian intinya. Namun, Merkurius jauh lebih kecil dan bagian dalamnya tidak seperti bumi.

Menurut riset terbaru, kemungkinan besar bagian dalam Merkurius adalah cair. Mantel sebesar 600 km menyelimuti inti Merkurius dan kerak Merkurius diduga setebal 100 hingga 200 km. selain itu Merkurius juga diduga mengandung lebih banyak besi dari planet lainnya di tata surya dan beberapa teori diajukan untuk menjelaskannya.

Teori yang paling luas diterima secara umum bahwa Merkurius memiliki perbandingan logam silikat yang mirip dengan meteor Kondrit. Teori lain menyatakan bahwa Merkurius terbentuk dari nebula matahari sebelum energi keluaran matahari telah stabil.

Merkurius pada awalnya mempunyai massa dua kali dari massa sekarangnya, namun dengan mengembangnya protomatahari, suhu yang berada di sekitar Merkurius dapat mencapai 2500 hingga 3500 Kelvin dan mungkin juga bisa mencapai 10000 Kelvin.

  • Bagian luar

 

Secara umum, bisa dikatakan bahwa Merkurius merupakan planet yang tandus karena permukannya yang berbatu-batu dan terdapat banyak kawah. Kaloris merupakan kawah terbesar yang ada pada planet Merkurius.

Garis tengah atau diameter kaloris berada pada sekitar 1300 km dan atmosfer Merkurius sendiri terdiri dari uap natrium dan kalium yang sangat tipis, sehingga kadang kadang planet ini di anggap tidak mempunyai atmosfer, akibatnya tidak ada udara yang menyerap panas matahari.

Planet Merkurius juga tidak mempunyai cincin planet, karena planet ini terletak pada bagian dalam, biasanya yang mempunyai cincin adalah planet yang terletak pada bagian luar, seperti Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Inilah uraian singkat mengenai planet Merkurius. Semoga bermanfaat

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *