Metode Dalam Ilmu Biologi

Salah satu persyaratan dari sebuah disiplin ilmu adalah memiliki metode ilmiah. Mungkin sebagian besar dari anda menganggap bahwa penelitian merupakan satu-satunya metode dalam ilmu biologi.

Namun, sebenarnya masih banyak sekali metode ilmiah lainnya yang bisa anda gunakan di dalam biologi. Biologi ini sendiri merupakan ilmu yang mempelajari mengenai makhluk hidup dan segala aspek kehidupannya.

Secara harafiah, biologi berasal dari kata bios yang berarti hidup dan logos yang berarti ilmu. Biologi merupakan sebuah disiplin ilmu yang banyak mendasari berbagai cabang ilmu lainnya. Pelajaran ini juga merupakan pelajaran yang pokok di dalam sebuah lembaga sekolah.

Pada dasarnya, biologi merupakan salah satu ilmu yang berkembang sangat pesat. Bahkan, sekarang ini cakupan biologi telah diperluas. Biologi juga mengkaji berbagai hal, seperti kehidupan di luar planet bumi, evolusi makhluk hidup di masa akan datang dan lainnya.

Mungkin sebagian besar dari kita msaih sering berpikir mengapa kita harus mempelajari ilmu biologi itu ? Sebenarnya, seiring dengan perkembangan jaman pola pikir manusia juga banyak mengalami perubahan.

Manusia mulai berpikir tentang segala sesuatu yang ada di sekitarnya berdasarkan rasa keingin tahuannya. Pada mulanya manusia akan melakukan pengamatan, kemudian diteruskan dengan percobaan atau eksperimen dan seterusnya.

Hal tersebut tidak lagi hal yang sulit, karena teknologi sudah semakin canggih dan banyak membantu kehidupan manusia. Pernahkah anda berpikir bahwa mengapa seorang ilmuwan bisa menciptakan atau menemukan sesuatu ?

Mungkin sebagian besar dari kita menjawab karena kecerdasannya, namun sebenarnya kecerdasan akan menjadi sia-sia jika tidak didukung oleh kerja keras dan usaha. Sama halnya dengan biologi, anda juga harus melakukan berbagai metode untuk menemukan jawaban yang anda cari.

Untuk lebih jelas mengenai metode dalam ilmu biologi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Observasi

 

Salah satu metode dalam ilmu biologi adalah observasi. Metode ini merupakan pengamatan dari indra kita secara lansung. Dengan menggunakan mata kita bisa melihat secara langsung, dengan hidung kita bisa mencium, dengan telinga kita bisa mendengar dan begitu seterusnya.

Pada biologi, metode observasi ini bisa kita jalankan dengan menggunakan beberapa alat bantu, misalnya mikroskop, kertas lakmus, lup, termometer, penggaris dan lainnya. Hasil observasi sendiri bisa berupa bagan, tabel atau grafik.

  • Klasifikasi

 

Untuk mempermudah kita dalam mempelajari suatu objek tertentu, kita bisa melakukan klasifikasi atau penggolongan terhadap objek tersebut. Misalnya penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya atau makanannya dan lainnya.

  • Penafsiran

 

Menafsirkan pada dasarnya merupakan memberikan arti pada sesuatu kejadian berdasarkan kejadian lainnya. Ketika kita menafsirkan suatu data, hendaknya kita memiliki patokan atau acuan. Misalnya ketika anda menanam kecambah pada tanah yang subur, namun karena beberapa hari kurang perawatan tanaman tersebut mati. Contoh penafsirannya ada penurunan jumlah populasi kecambah sebesar yang mati, hal ini dipengaruhi karena kurang air, suhu atau kelembaban udara.

  • Perkiraan

 

Memperkirakan bukan berarti meramalkan, namun membuat perkiraan pada hasil sebelumnya atau hukum yang berlaku. Misalnya tanaman kecambah pada hari pertama tumbuh sebesar 4 cm, hari kedua menjadi 8 cm, maka anda bisa memperkirakan bahwa pertambahan tanaman kecambah rata-rata 4 cm seharinya.

  • Mengajukan pertanyaan

 

Untuk menemukan suatu masalah, anda harus dapat mengembangkan beberapa pertanyaan, misalnya bagaimana, dimana, apa, kapan dan siapa terhadap suatu objek. Misalnya tanaman kecambah yang anda tanamn hampir mati, tentunya di dalam benak kita muncul pertanyaan mengapa bisa terjadi ? apa saja faktor yang menyebabkannya ?

Setelah membuat pertanyaan seperti itu, barulah kita mencari jawaban yang sesuai. Jika tidak bisa kita jawab, maka bisa anda cari dengan cara membaca laporan penemuan sebelumnya atau bisa juga dengan cara lain

  • Mengidentifikasi variable

 

Untuk memecahkan sebuah masalah, kita perlu mengidentifikasikan segala variable yang berkaitan dan ada. Misalnya faktor apa sajakah yang diperlukan dalam menanam kecambah ? Anda bisa menunjangnya, baik dari segi kesuburan tanah, pH tanah, kadar air, cahaya dan lainnya.

Inilah sekilas mengenai metode dalam ilmu biologi. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *