Metode Pembelajaran Quantum Teaching | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Metode Pembelajaran Quantum Teaching

Metode Pembelajaran Quantum Teaching

 

 

Quantum Teaching merupakan istilah dalam bahasa ingris yang kemudian diadopsi dalam bahasa Indonesia yang dikenal sebagai Pembelajaran Quantum. Quantum teaching pada intinya adalah suatu pendekatan pengajaran dimana menurutnya sugesti merupakan hal yang mempengaruhi hasil belajar.

Metode Pembelajaran Quantum Teaching

Konsep pembelajarn Quantum teaching diterapkan di Super Camp, sebuah lembaga kursus yang diguanakn untuk penelitian doctoral  Bobbi DePorter (penulis buku best seller Quantum Learning dan Quantum Teaching). Hasil yang didapat dari penelitian tersebut, Super Camp berhasil meningkatkan potensi psikis siswa. Antara lain peningkatan motivasi 80%, nilai belajar 73% , meningkatkan harga diri 84% dan melanjutkan penggunaan keterampilan 98%.

 

Kata Quantum sendiri mempunyai arti yaitu sebuah interaksi yang mengubah suatu energi menjadi cahaya. Jadi dalam Quantum Teaching, pembelajaran dilakukan  dengan cara menggunakan unsur yang ada pada siswa dan lingkungan belajarnya melalui interaksi yang terjadi di dalam kelas untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif, Dalam metode pengajaran dengan Quantum Teaching siswa diajari bagaimana menciptakan hubungan emosional yang baik dalam dan ketika belajar selain belajar mengenai materi yang mesti dipelajari siswa itu sendiri. Bahkan lebih jauh lagi, siswa juga diajarkan untuk dapat memfungsikan kedua belahan otak kiri dan otak kanan pada fungsinya masing-masing., dimana berdasarkan penelitian di Universitas California mengungkapkan bahwa masing-masing otak tersebut mengendalikan aktivitas intelektual yang berbeda.

 

Bagian otak kiri digunakan untuk berpikir mengenai hal-hal yang bersifat matematis dan ilmiah. menangani angka, susunan, logika, organisasi, serta hal-hal yang bersifat rasional. Disini otak akan mengabaikan kerumitan yang berkaitan tentang warna dan irama.memfokuskan diri pada garis dan rumus.

 

Otak kanan digunakan untuk berpikir mengenai hal-hal yang bersifat abstrak dengan penuh imajinasi. Misalnya warna, ritme, musik, dan proses pemikiran lain yang memerlukan kreativitas, orisinalitas, daya cipta dan bakat artistik. Berbeda dengan otak kiri, otak kanan melibatkan diri dengan segala rupa dan bentuk, warna-warni dan kelembutan, dan mengabaikan segala ukuran dan dimensi yang mengikat. Adapun pemikiran otak kanan bersifat santai, karena tidak bersifat ilmiah dan matematis.

 

Prinsip-prinsip Pembelajarn menggunakan Quantum Teaching

 

Pada intinya, pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode Quantum Teaching menggunakan prinsip-prinsip yang terdiri dari lima macam, yaitu: (1) Segalanya Berbicara, (2) Segalanya Mempunyai Bertujuan, (3) Pengalaman Sebelum Pemberian Nama, (4) Akui Setiap Usaha, dan (5) Jika Layak Dipelajari, Maka Layak Pula Dirayakan.

 

Segalanya Berbicara. Prinsip Segalanya Berbicara mengandung pengertian bahwa segala sesuatu di ruang kelas “berbicara”—mengirim pesan tentang belajar.

 

Segalanya Bertujuan. Segalanya Bertujuan berarti bahwa semua upaya yang dilakukan guru dalam melakukan pengajaran serta mengapa mereka mempelajari materi yang sdang diajarkan diberitahukan kepada siswa apa tujuan dari mereka mempelajarinya.

 

Pengalaman Sebelum Konsep. Disini dimaksudkan bahwa akan lebih baik jika siswa telah mengalami/ mendapatkan pengalaman mengenai informasi yang akan mereka pelajari sebelum mereka memperoleh penjelasan secara materi mengenai hal-hal yang mereka pelajari tersebut. Sehingga disini yang dimaksudkan adalah sebelum menyajikan materi pelajaran, ada baiknya terlebih dahulu seorang guru yang akan memberikan materi, menciptakan suasana dan mencari cara supaya siswa mendapat kesempatan untuk mengalami dan mempraktikkan sendiri hal-hal yang akan mereka pelajari.

 

Akui Setiap Usaha. Prinsip Akui Setiap Usaha mengandung pengertian bahwa dalam pembelajaran, seorang guru yang menyampaikan pembelajaran kepada siswa harus mengakui setiap usaha yang dilakukan siswa, baik usaha yang sudah dilakukan secara tepat ataupun yang belum tepat. Seorang guru harus memberikan penghargaan mengenai prestasi yang diberikan oleh siswa, sekecil apapun itu. karena dalam pembelajaran kuantum tidak dikenal istilah “gagal”. Dalam pembelajaran ini, siswa diajarkan untuk tidak berada pada zona aman dan nyaman, akan tetapi siswa berani mengambil resiko untuk melangkah keluar dari kenyamanan. Nah, apabila siswa telah mempunyai keberanian untuk mengambil langkah ini,seorang guru haruslah memberikan pengakuan atas kecakapan dan kepercayaan diri yang dilakukan oleh anak. Memberikan apresiasi atas usaha, prestasi yang dicapai oleh siswa, sehingga menumbuhkan kepercayaan diri mereka.

 

Jika Layak Dipelajari, Maka Layak Pula Dirayakan. Disini berarti bahwa seorang guru haruslah memberikan pujian menganai prestasi yang diperoleh siswa, memberikan apresiasi sepeti misalnya dengan hal-hal kecil seperti tepuk tangan, berkata “bagus sekali yang kamu lakukan”, “baik sekali pekerjaanmu Nak”, memberikan kejutan pada siswa dan sebagianya. Perayaan bagi siswa akan mendorong mereka memperkuat motivasi siswa untuk belajar lebih giat.

 

Petunjuk pelaksanaan Quantum Teaching

  1. Pemberian keteladanan oleh guru misalnya, berbicara yang jujur , jadi pendengar yang baik dan selalu gembira (tersenyum).
  2. Penciptaan  suasana belajar yang menyenangkan/kegembiraan.
  3. Penciptaan ingkungan Belajar yang aman, nyaman sehingga dapat membawa kegembiraan:
    1. Pengaturan meja dan kursi diubah sesuai kebutuhan dan kenyamanan dalam belajar
    2. Memberi tanaman, hiasan lain di luar maupun di dalam kelas sehingga indah dipandang
    3. Pengecatan warna ruangan, meja, dan kursi yang yang menjadi keinginan dan kebanggaan kelas
  4. Hisan berupa poster yang berisi slogan, kata mutiara , atau motivasi
  5. Memutar musik klasik ketika proses belajar mengajar berlangsung atau diselingi jenis musik lain untuk bersenang-senang dan jeda dalam pembelajaran.

Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

May
19
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin