Mol sebagai Suatu Satuan Dalam Fisika | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Mol sebagai Suatu Satuan Dalam Fisika

Mol sebagai Suatu Satuan Dalam Fisika

 

besaran-dan-satuan

Apa itu mol ? Mungkin istilah mol ini masih sangat jarang anda gunakan dalam kehidupan sehari hari. Apakah mol yang dimaksud disini sama dengan mol pusat perbelanjaan sehari hari ? Tentu saja tidak.

Mol yang dimaksud disini tidak sama dengan mall-mall yang ada di pusat perkotaan. Mol yang dimaksud disini adalah sebuah satuan yang biasanya digunakan dalam ilmu kimia atau fisika. Sebenarnya, mol merupakan salah satu satuan dasar dalam satuan SI.

Oleh karena itu, sebelum kita membahas apa itu mol, sebaiknya kita membahas terlebih dahulu apa itu SI. SI atau Satuan Internasional dalam farmakologi adalah satuan pengukuran untuk jumlah zat berdasarkan aktivitas atau efek biologis yang terukur.

Secara umum, satuan ini digunakan untuk menyatakan jumlah zat dalam vitamin, hormone, obat, vaksin, produk darah dan zat biologis aktif sejenis lainnya. Meskipun dinamakan sebagai satuan inernasional, namun satuan ini bukan merupakan bagian dari sistem satuan inernasional yang digunakan dalam fisika dan kimia.

Kemudian kita juga mengenal adanya sistem satuan internasional yang merupakan sistem satuan atau besaran paling umum digunakan. Pada awalnya sistem ini merupakan sistem MKS atau meter, kilogram dan sekon.

Kemudian sistem SI ini secara resmi digunakan di semua Negara kecuali di Amerika Serikat yang menggunakan sistem Liberia. Negara lain yang tidak menggunakan SI ini adalah Liberia dan Myanmar.

Dalam sistem SI sendiri terdapat 7 satuan dasar atau pokok dan 2 satuan tanpa dimensi. Selain itu, dalam sistem SI juga terdapat standar awalan atau prefix yang dapat digunakan untuk penggandaan atau menurunkan berbagai satuan lain.

Dari uraian tersebut, tentunya anda sudah memahami seperti apa itu satuan internasional. Untuk lebih jelas mengenai apa itu mol, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Pengertian mol

 

Secara umum, mol merupakan salah satu satuan dasar dalam SI yang digunakan untuk mengukur jumlah zat. Istilah mol ini pertama kali diciptakan oleh Wilhem Ostwald dalam bahasa Jerman pada tahun 1893.

Meskipun pada saat itu belum terdapat istilah massa ekuivalen satu abad sebelumnya. Istilah mol ini diperkirakan berasal dari bahasa Jerman, yaitu Molekul. Nama gram atom dan gram molekul juga pernah digunakan dengan artian yang sama dengan mol ini, namun sekarang sudah tidak digunakan lagi.

Satu mol diartikan sebagai jumlah zat suatu sistem yang mengandung entitas elementar (atom, molekul, ion, elektron) sebanyak atom atom yang  berada dalam 12 gram karbon-12. Oleh karena itu :

-         Satu mol besi mengandung sejumlah atom yang sama banyaknya dengan satu mol emas

-         Sato mol benzene mengandung sejumlah molekul yang sama banyaknya dengan satu mol air

-         Jumlah atom dalam satu mol besi adalah sama dengan jumlah molekul dalam satu mol air.

Terdapat miskonsepsi bahwa istilah mol ini diartikan menurut definisi Avogadro. Kemudian definisi mutakhir mol disepakati pada tahun 1960an. Sebelumnya mol didasarkan pada berat atom hydrogen, berat atom oksigen dan massa atom relatif oksigen-16.

Metode yang paling umum digunakan untuk mengukur jumlah zat adalah dengan mengukur massanya dan kemudian membagi nilai massanya dengan massa molar zat tersebut. Massa molar dapat dihitung dengan mudah dari nilai tabulasi bobot atom dan tetapan massa molar. Metode lainnya adalah dengan menggunakan volume molar ataupun pengukuran muatan listrik.

  • Mol sebagai satuan dasar

 

Sejak diadopsinya mol ke dalam satuan SI, terdapat sejumlah kritik penggunaan mol disamakan dengan satuan meter dan detik. Adapun beberapa kritik tersebut :

-         Jumlah zat bukanlah benar benar kuantitas fisik atau dimensi yang sebenarnya. Ia bertumpang tindih dengan satuan massa, sehingga mol tidak seharusnya menjadi satuan dasar

-         Mol hanyalah suatu cara untuk merujuk pada nilai jumlah yang sangat besar.

Terdapat pula miskonsepsi bahwa mol ini hanya berfungsi sebagai alat bantu hitung. Miskonsepsi ini didasarkan pada pandangan bahwa satu mol ditetapkan oleh tetapan Avogadro, sehingga satu mol sama dengan 6,0221417923 x 1023

Inilah sekilas mengenai apa itu mol. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
16
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin