Narrative Text in Engglish: Stories

Narrative text in engglish merupakan salah satu macam teks dari bahasa inggris. Dalam bahasa inggris pasti akan ditemukannya pelajaran tentang ini. Karena narrative text merupakan hal yang penting bagi para pelajar untuk nantinya akan mempelajari bahasa inggris. Narrative text merupakan sebuah cerita tentang dongeng, fiksi dan nonfikse, cerita rakyat atau ada juga fabel atau tentang binatang. Dalam narrative text ini biasanya akan terkandung makna dan moral yang disampaikan penulis kepada pembaca. Narrative text berfungsi untuk menghibur para pembacanya dengan cerita yang menarik.

Narrative text in engglish pasti akan keluar sebagai soal untuk pengujian kemampuan pelajar dalam bahasa inggris. Tidak mudah untuk mempelajari narrative text jika para pelajar itu tidak menguasai grammar dan vocabulary. Maka dari itulah mereka dianjurkan untuk menguasai grammar dan vocabulary terlebih dahulu baru bisa mempelajari text ini. Dan jika sudah bisa menguasainya maka untuk mempelajari narrative text tidak akan susah lagi. Para pelajar juga bisa membuat narrative text sendiri. Jika sudah memahami cara pembuatannya maka para pelajar yang ingin membuatnya tinggal berimajinasi saja apa yang mau diceritakan. Kehidupan sehari-hari pun boleh diceritakan dalan narrative text in english.

Generic Structure of Narrative Text in English

Dalam pembuatan narrative text akan membutuhkan generic structure atau struktur umum. Hal ini berguna untuk membuat atau membentuk kalimat yang baik dan benar. Generic structure of narrative text in english is orientation, complication, solution dan re-orientation. Berikut pembagian fungsinya :

Orientation

Dalam orientation akan menceritakan tentang tokoh yang berperan dalam narrative text tersebut. Kemudian tokoh-tokoh tersebut akan diperkenalkan. Dan juga narrative text juga akan menceritakan tentang waktu dan tempat kejadian.

Complication

Complication adalah isi dari cerita yang akan diceritakan. Di complication ini merupakan pokok dari cerita yang akan terjadi. Dan disini akan terjadi masalah dalam sebuah cerita.

Resolution

Resolution merupakan penyelesaian untuk masalah yang akan terjadi atau para complication. Resolusi akan diberikan pada hal ini. Maka dari itulah dalam sebuah cerita tentunya harus mempunyai sebuah penyelesaian masalah.

Re-orientation

Disini akan menceritakan tentang hasil dari masalah yang terjadi. Hal itu buruk atau baik. Dan dalam re-orientation ini akan diberikan sebuah pesan moral.

Language Feature of Narrative Text in English

Dalam bahasa Inggris untuk semua text yang dibuat bisa kita kenali dalam penggunaan bahasanya. Seperti menggunakan noun phrases (frasa kata benda), adverbial of time and place (kata keterangan waktu atau tempat), past tenses (masa lampau), action verb (kata kerja berupa kegiatan), dan adjective phrases (frasa kata sifat). Dengan menggunakan hal-hal ini maka sebuah text akan terlihat bagus dan benar. Berikut adalah contoh dari narrative text in english :

The Hungry Mouse

A mouse was having a very bad time. She could find no food at all. She looked here and there, but there was no food, and she grew very thin. At last the mouse found a basket, full of corn. There was a small hole in the basket, and she crept in. She could just get through the hole. Then she began to eat the corn. Being very hungry, she ate a great deal and went on eating and eating. She had grown very fat before she felt that she had enough.

When the mouse tried to climb out of basket, she could not. She was too fat to pass through the hole. “How shall I climb out?” said the mouse. “Oh how shall I climb out?” Just then a rat came along and he heard the mouse. “Mouse,” said the rat. “if you want to climb out of the basket, you must wait till you have grown as thin as you were when you went in.”

Inilah salah satu contoh dari narrative text in english. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *