Negara Komunis Penganut Paham komunisme | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Negara Komunis Penganut Paham komunisme

Negara Komunis Penganut Paham komunisme

 

negara komunis

Istilah komunis ini mungkin tidak asing lagi bagi sebagian besar dari anda. kita juga mengenal banyaknya negara komunis yang ada di dunia ini. Mungkin secara sederhana anda mengartikan negara komunis sebagai Negara yang memiliki ideology komunis.

Hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah, akan tetapi istilah negara komunis dan komunisme mempunyai pengertian yang lebih luas lagi. Negara komunis sendiri diartikan sebagai istilah politik yang digunakan untuk mendeskripsikan bentuk pemerintahan suatu Negara yang menganut sistem satu partai dan mendeklarasikan kesetiaannya kepada komunisme.

Komunisme juga sering disebut sebagai Marxisme, Leninisme, atau Maoisme. Pada saat ini negara komunis yang masih ada adalah Republik Rakyat Cina, Kuba, Korea Utara, Laos dan Vietnam.

Dari uraian tersebut, mungkin anda telah memahami pengertian dari negara komunis. Akan tetapi, apa sebenarnya paham komunisme itu ? Sebenarnya, komunisme merupakan sebuah ideology.

Penganut paham ini sendiri berasal dari manifest der kommunistischen yang ditulis oleh Karl Marx dan Friedrich Engels atau disebut juga sebagai sebuah manifesto politik yang pertama kali diterbitkan pada 21 Februari 1848.

Teori mengenai komunis ini merupakan sebuah analisis pendekatan pada perjuangan kelas dan ekonomi kesejahteraan yang kemudian pernah menjadi salah satu gerakan yang paling berpengaruh dalam dunia politik.

Pada awalnya, komunisme merupakan bentuk koreksi terhadap paham kapitalisme di abad ke 19 dalam suasana yang menganggap bahwa kaum buruh dan pekerja tani hanyalah bagian dari produksi dan yang lebih mementingkan kesejahteraan ekonomi.

Akan tetapi, dalam perkembangan selanjutnya muncul beberapa faksi internal dalam komunisme antara penganut komunis teori dan komunis revolusioner yang masing masingnya mempunyai teori dan cara perjuangan yang berbeda dalam pencapaian masyarakat sosialis untuk menuju apa yang dsebut sebagai masyarakat utopia.

Untuk lebih jelas mengenai negara komunis, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Dasar komunisme

 

Secara umum, istilah komunisme ini sering sekali dicampur adukkan dengan komunis internasional. Komunisme atau marxisme sebenarnya merupakan ideology dasar yang digunakan oleh partai komunis di seluruh dunia, sedangkan komunis internasional merupakan racikan ideology yang berasal dari pemikiran Lenin, sehingga sering disebut sebagai Marxisme Leninisme.

Dalam komunis sendiri, perubahan social harus dimulai dari pengambil alihan alat alat produksi. Secara ringkasnya, perubahan social dimulai dari buruh atau kaum proletar. Komunisme sebagai anti kapitalis merupakan paham yang mengambil ahli kekuasaan dan sangat menentang kepemilikan akumulasi modal para individu.

Pada prinsipnya, semua barang atau jasa merupakan miliki rakyat dan oleh karena itu semua alat alat produksi harus dikuasai oleh Negara guna kemakmuran rakyat secara merata. Secara umum, komunisme juga berlandaskan pada Materialisme Dialetika dan Materialisme Historis.

Oleh karena itu, paham ini tidak disandarkan pada kepercayaan mitos, takhayul atau agama, sehingga tidak ada pemberian doktrin pada rakyatnya, dengan prinsip bahwa agama adalah candu yang membuat orang berangan angan yang membatasi rakyat dari pemikiran ideology lain karena dianggap tidak rasional serta keluar dari hal yang nyata.

  • Komunis internasional

 

Merupakan sebuah teori ideology yang mulai diterapkan setelah meletusnya Revolusi Bolshevik di Russia pada tanggal 7 November 1917. Sejak saat itulah komunis internasional diterapkan sebagai sebuah ideology dan disebarluaskan ke berbagai Negara lainnya.

Pada tahun 2005, Negara yang masih menganut paham komunis adalah RRC, Vietnam, Korea Utara, Kuba dan Laos.

  • Keberlangsungan hidup komunisme

 

Mungkin sebagian di antara anda mulai melihat bahwa Negara Negara yang mengant paham komunis mulai berkurang dan muncul pertanyaan di dalam benak anda apakah paham komunisme itu sudah mati ?

Banyak orang yang mengira bahwa komunisme telah berakhir semenjak bubarnya Uni Sovyet pada tahun 1991. Akan tetapi, komunisme murni belum pernah terwujud dan tidak akan pernah terwujud selama revolusi lahir dalam bentuk sosialisme.

Meskipun komunis sosialisme hampir punah, partai komunis tetap ada di seluruh dunia dan tetap aktif dalam memperjuangkan hak hak buruh, pelajar dan anti imperialism. Oleh karena itu, negara komunis masih ada dan terus berkembang.

Inilah sekilas mengenai negara komunis. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
7
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin