Nilai Menurut Prof Notonagoro | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Nilai Menurut Prof Notonagoro

Nilai Menurut Prof Notonagoro

 

                Sebuah pendapat terkadangpenting untuk di beritahukan kepada orang lain dan bagi para pelajar maka anggapan seseorang mengenai sesuatu itu penting sebab orang yang mengeluarkan pendapat yang benar dengan melalui proses peninjauan sehingga terjadi ke absahan suatu argument dapat dipercayai seperti anggapa nilai menurut Prof Notonagoro. Tentu akan sangat penting jika pengertian nilai itu di ketahui. Apakah anda tau nilai menurut prof notonegoro ? mari kita lihat.

Maka sebelum kita melihat nilai menurut Prof Notonagoro kita perlu tau apakah itu nilai maka  Nilai adalah sesuatu hal yang berharga, hal yang bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna bagi manusia. Jadi nilai itu adalah sesuatu yang bernilai berarti baik itu sesuatu yang berharga atau berguna bagi kehidupan manusia.

Maka ada dua macam nilai menurut pemerintah yang sesuai dan sejalan dengan penegasan pancasila sebagai ideologi terbuka. Perumusan pancasila di dapat dalam pembukaan UUD 1945 Alinea 4 dinyatakan sebagai nilai dasar dan penjabarannya sebagai nilai instrumental.

Nilai dasar  merupakan suatu hal yang tidak berubah dan tidak boleh diubah lagi. Maka nilai dasar yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 itu, sifatnya belum operasional. artinya kita belum dapat menjabarkannya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari kita ini. Atau kita belum bisa menerapkannya secara murni di kehidupan sehari hari.

Penjelasan UUD 1945 sendiri menunjukan adanya undang – undang sebagai pelaksanaan hukum dasar tertulis itu. Nilai – nilai dasar yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 itu memerlukan penjabaran lebih lanjut dari berbagai pihak. Penjabaran itu sebagai arahan untuk kehidupan nyata. Penjabaran itu kemudian dinamakan Nilai Instrumental. Nilai Instrumental harus tetap mengacu kepada nilai – nilai dasar yang dijabarkannya tidak boleh bertolak atau malah lari maknanya. Penjabaran itu bisa dilakukan secara kreatif dan dinamis dalam bentuk-bentuk baru pengadaan inovasi namun tidak lari dari dasarnya dimana dengan adanya halini dapat mewujudkan semangat yang sama dan dalam batas – batas yang dimungkinkan oleh nilai dasar itu.

Karena banyak sekali penjabaran nilai dari tiap orang maka kita akan mengetahui nilai menurut Prof Notonagoro, maka Menurut Notonegoro, nilai dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :

  1. nilai material
  2. nilai vital, dan
  3. nilai kerohanian

penjelasan masing masing nilai menurut Prof Notonagoro ini yaitu sebagai berikut ini :

  • Nilai material

Nilai material adalah segala sesuatu yang berguna bagi kehidupan jasmani manusia atau kebutuhan ragawi manusia. Maka apapun yang dapat berguna sebagai pengisi rohani maupun fisik memiliki nilai material.

  • Nilai vital

Nilai vital adalah segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat melakukan kegiatan atau aktivitas. Maka itulah nilai vital segala sesuatu yang mampu membuat kita melakukan suatu aktivitas itu lah benda atau hal yang memiliki nilai vital.

  • Nilai kerohanian

Yang terakhir dari nilai menurut Prof Notonagoro adalah nilai kerohanian. Nilai kerohanian adalah segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia rohani sama dengan jiwa atau hati manusia. Nilai kerohanian tersebut meliputi :

  1. Segalai sesuatu yang bersumber pada akal (rasio, budi, cipta) manusia di sebut nilai kebenaran.
  2. Segala hal yang bersumber pada unsur perasaan manusia maka akan di sebut nilai perasaan atau nilai estetik
  3. nilai kebaikan atau nilai moral maka segala hal yang bersumber pada unsur kehendak (karsa) manusia itu sendri
  4. nilai religius (agama) yang merupakan nilai kerohanian tertinggi dan mutlak yang bersumber pada kepercayaan atau keyakinan manusia pada pencipta

berikut itu adalah nilai menurut Prof Notonagoro,  banyak sekali nilai yang dapat di jabarkan oleh setiap orang orang maka sebuah nilai merupakan hal yang bersumber pada manusi itu sendri maka jika suatu hal yang di anggap dapat memberikan manfaat maka itu di namakan hal yang mempunyai nilai. Seperti halnya nilai menurut Prof Notonagoro, ada 3 nilai kebenaran , nilai vital, dan nilai rohani maka kita dapat melihat penjabarannya serta bentuk nya pada kehidupan kita.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
9
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin