Nilai-nilai yang Terkandung Dalam Pancasila | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Nilai-nilai yang Terkandung Dalam Pancasila

Nilai-nilai yang Terkandung Dalam Pancasila

 

garuda

Pancasila merupakan landasan dasar dari pemikiran bangsa Indonesia. Selain itu, pancasila ini juga merupakan pedoman atau pandangan hidup dalam bermasyarakat dan bernegara. Akan tetapi, apakah semua di antara kita telah mengetahui apa itu pancasila dan nilai nilai yang terkandung dalam pancasila itu sendiri ?

Nilai sendiri diartikan sebagai sesuatu yang berharga, bermutu, berguna, indah, memperkaya batin dan menyadarkan manusia akna harkat dan martabatnya. Menurut sebuah kamus sosiologi, nilai diartikan sebagai suatu kemampuan yang dipercayai yang ada pada suatu benda untuk memuaskan manusia.

Sedangkan menurut C. Klukhon, nilai bukanlah keinginan melainkan apa yang diinginkan. Nilai sendiri dibagi menjadi dua, yaitu nilai yang mendarah daging dan nilai yang dominan. Nilai yang mendarah daging adalah nilai yang sudah menjadi kepribadian bawah sadar atau yang mendorong timbulnya tindakan tanpa berpikir panjang lagi.

Contohnya adalah orang yang taat beragama, maka akan merasa bersalah dan menderita apabila ia melanggar larangan dan norma dalam agama tersebut. Sedangkan nilai dominan adalah nilai yang dianggap lebih penting dari pada nilai nilai yang lain.

Dominan atau tidaknya suatu nilai bisa dilihat dari banyaknya orang yang menganut nilai tersebut, lamanya nilai tersebut dirasakan oleh anggota kelompok tersebut, tingginya usaha untuk mempertahankan nilai tersebut dan tingginya kedudukan orang orang yang membawakan nilai tersebut.

Pancasila sendiri bukan dirumuskan secara sembarangan, melainkan sudah melalui sejarah yang sangat panjang. Secara umum, pancasila merupakan ideology dasar bagi Negara Indonesia. Nama pancasila ini sendiri terdiri dari dua kata Sansekerta, yaitu panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asas. Oleh karena itu, pengertian pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sendi utama yang menyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dimpimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini tercantum di dalam paragraf ke 4 Pembukaan UUD 1945.

Untuk lebih jelas mengenai nilai nilai yang terkandung dalam pancasila, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Nilai ketuhanan

 

Nilai Ketuhanan merupakan nilai yang mengacu pada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki arti adanya pengakuan dan keyakinan bangsa terhadap adanya Tuhan sebagai pencipta alam semesta tertinggi.  Dengan adanya nilai ini, bangsa Indonesia diyakini sebagai bangsa yang religious dan bukan bangsa yang ateis.

Selain itu, nilai Ketuhanan juga mengandung arti adanya pengakuan akan kebebasan untuk memeluk agama, menghormati kemerdekaan beragama, tidak ada paksaan serta tidak berlaku diskriminatif antar umat beragama.

  • Nilai kemanusiaan

 

Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab merupakan nilai yang mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntunan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya.

Dengan kata lain, nilai ini mengandung arti bahwa manusia harus memberikan perlakuan adil terhadap sesamanya. Pengertian manusia yang beradab adalah manusia yang memiliki daya cipta, rasa, karsa dan keyakinan sehingga jelas adanya perbedaan antara manusia dengan hewan.

  • Nilai persatuan

 

Merupakan nilai persatuan bangsa Indonesia yang mengandung makna usaha ke arah bersatu dalam kebulatan rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam Negara kesatuan republic Indonesia. Persatuan Indonesia ini juga mengakui dan menghargai sepenuhnya terhadap kondisi Negara Indonesia yang beraneka ragam.

  • Nilai kerakyatan

 

Merupakan nilai yang terkandung dalam sila keempat pancasila dan mengandung makna suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat dengan melalui cara seperti musyawarah mufakat melalui berbagai lembaga perwakilan yang ada di Indonesia.

Selain itu, juga terkandung makna bahwa semau orang mempunyai persamaan hak dan kewajiban dalam bernegara dan berbangsa.

  • Nilai keadilan

 

Merupakan nilai yang terkandung dalam sila ke lima dan mengandung makna sebagai dasar sekaligus tujuan tercapainya masyarakat Indonesia yang adil dan makmur secara lahiriah atau secara batiniah

Inilah sekilas mengenai nilai nilai yang terkandung dalam pancasila. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
8
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin