Nilai-nilai Musik Tradisional | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Beasiswa » Nilai-nilai Musik Tradisional

Nilai-nilai Musik Tradisional

 

Kebudayaan merupakan sesuatu yang dihasilkan dari perpaduan antar setiap masyarakat. Kebudayaan ini sendiri bisa berupa hasil karya, adat istiadat dan bahkan alat music tradisional. Seperti yang kita ketahui bahwa Negara Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau.

Oleh karena itu, Negara Indonesia memiliki banyak sekali daerah. Di setiap daerah tersebut, masyarakatnya menghasilkan music tradisional yang beragam pula. Mungkin topik mengenai nilai-nilai music tradisional bagi sebagian orang merupakan topik yang membosankan.

Hal ini wajar, karena setelah ditemukannya music modern, kebanyakan dari kita cenderung meninggalkan music tradisional. Padahal, banyak sekali nilai-nilai music tradisional yang bisa kita jadikan sebagai pelajaran untuk memperkaya diri kita.

Music tradisional dulunya juga merupakan sarana hiburan sebelum kemunculan music modern. Terlepas dari semua itu, masih banyak juga masyarakat setempat yang terus menjaga dan melestarikan nilai-nilai music tradisional.

Music tradisional sudah menjadi bagian dari kebudayaan kita yang tak terpisahkan dan berharga. Oleh karena itu, ada baiknya kita terus melestarikan music tradisional. Kebanyakan praktek music tradisional memang dilakukan untuk mengiringi suatu acara atau upacara.

Bahkan, jaman dulu alat music tradisional dimainkan untuk memuja roh-roh di sekitarnya. Sebelum ditemukannya alat music yang lebih modern, music dulunya semata-mata digunakan untuk kepentingan ritual dan hal gaib.

Untuk lebih jelas mengenai nilai-nilai music tradisional, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Nilai religious

 

Pada umumnya, music tradisional mengandung nilai religious yang sangat tinggi, mengingat fungsinya yang digunakan untuk mengiringi upacara-upacara keagamaan dan hal-hal yang bersifat keagamaan.

Dengan memainkan atau mendengarkan music tradisional, maka kita bisa merasakan adanya nilai religious yang ada di dalam music tersebut. Sekarang ini, music modern juga mengandung nilai religious, yaitu melalui lagu-kagu rohani dan lainnya.

  • Nilai moral

 

Di dalam music tradisional, terkandung nilai moral yang diajarkan untuk para pendegarnya. Music tradisional ini sendiri bersifat sacral. Sebagian besar masyarakat masih percaya bahwa di dalam alat music tradisional tertentu terkandung roh.

Misalnya alat music jawa, sebelum dimainkan biasanya para pemainnya akan melepaskan sepatunya terlebih dahulu sebagai bentuk penghormatan. Music tradisional juga bersifat khidmat dan biasanya dimainkan secara khusuk.

  • Nilai pendidikan

 

Salah satu dari nilai-nilai music tradisional yang terkandung adalah nilai pendidikan. Music tradisional juga bersifat mendidik para pendegarnya, mengingat bahwa music tradisional dimainkan dengan cara dan sifat tertentu.

  • Nilai kemasyarakatan

 

Tentunya music tradisional mengandung nilai yang satu ini, mengingat bahwa music tradisional dimainkan secara berkelompok dan secara bersama-sama. Jarang sekali kita temukan bahwa music tradisional dimainkan secara tunggal.

Oleh karena itu, melalui music tradisional kita bisa melihat bahwa masyarakat masih sangat menjunjung tinggi solidaritas dan persatuan. Dari music tradisional ini kita juga diajarkan bahwa kita membutuhkan orang lain untuk hidup.

  • Nilai spiritual dan harapan

 

Music merupakan sarana untuk mengekspresikan diri dari pemainnya kepada para penikmatnya. Dengan mendengarkan music tersebut, kita bisa merasakan adanya gagasan, ide, harapan dari para penciptanya untuk pendengarnya.

Selain itu, music tradisional juga mengandung nilai spiritual yang tinggi, mengingat bahwa music tradisional biasanya dimainkan pada ritual keagamaan dan acara tertentu yang bersifat gaib dan khusuk.

  • Nilai adat istiadat

 

Pada dasarnya, music ini sendiri merupakan hasil dari sebuah kebudayaan. Music tradisional meskipun tidak lagi populer, namun tetap diwariskan secara turun temurun agar tidak punah. Beberapa daerah di Indonesia juga masih sangat menjunjung tinggi adat ini.

Dengan mendengarkan music tradisional, kita juga diajarkan untuk menghargai adat kita sendiri. Mengingat banyaknya kalangan muda yang tidak lagi menghargai kebudayaan bangsanya sendiri.

  • Nilai komunikasi

 

Kebanyakan music tradisional pada jaman dulunya dijadikan sebagai alat untuk berkomunikasi. Masyarakat dulunya mengetahui arti-arti dari bunyi-bunyian tertentu. Hal ini karena dulunya gendang atau rebana berfungsi untuk mengabarkan adanya bencana alam atau kejadian lainnya.

Sekarang ini, music juga masih merupakan sarana komunikasi secara tidak langsung dari pemainnya kepada pendengarnya.

Inilah sekilas mnegenai nilai-nilai music tradisional. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
17
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin