Objek dan Permasalahan Biologi | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Objek dan Permasalahan Biologi

Objek dan Permasalahan Biologi

 

Biologi merupakan pelajaran atau bidang studi yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Pelajaran yang sudah kita pelajari selama duduk di bangku SD hingga SMA atau perguruan tinggi ini merupakan disiplin ilmu yang penting.

Biologi secara harafiah berasal dari kata bios yang artinya hidup dan logos yang berarti ilmu. Jadi, biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan makhluk hidup dan segala aspeknya.

Perlu kita ingat bahwa yang dikatakan sebagai makhluk hidup bukan hanya manusia saja, melainkan hewan dan tumbuhan juga termasuk di dalamnya. Seperti yang kita ketahui bahwa syarat dari sebuah disiplin ilmu adalah memiliki objek dan permasalahan.

Jadi, apa saja objek dan permasalahan biologi itu ? Setiap disiplin ilmu yang kita pelajari pasti bertujuan untuk memecahkan permasalah tersebut. Misalnya dalam pelajaran sosiologi, objek yang kita kaji adalah kehidupan social manusia dan permasalahannya adalah konflik yang mungkin timbul karena adanya interaksi social.

Pada dasarnya, biologi merupakan disiplin ilmu yang berkembang sangat pesat, terutama di bidang akademik. Ilmu ini pertama kali diperkenalkan oleh Aristoteles, seorang ilmuwan Yunani yang memberikan pemikiran mengenai zoology pada waktu itu.

Oleh karena itulah ia diberi gelar Bapak Biologi karena pendekatannya yang sistematis dan terkait dengan masalah klasifikasi dan penerapan fisiologis. Metode dan teori yang dikembangkan oleh Aristoteles merupakan lompatan kuantum dalam pembentukan pikiran mengenai biologi pada saat ini.

Biologi sendiri bukan hanya memiliki zoology sebagai cabang ilmunya, melainkan masih banyak lagi, misalnya botani, sitologi, anatomi, histology, mikrobiologi dan lain sebagainya. Ilmu ini sekarang sudah berguna di hampir seluruh aspek kehidupan manusia.

Cakupan biologi juga semakin luas, dulunya hanya mnecakup tentang makhluk hidup, sekarang ini sudah mulai membahas tentang kemungkinan adanya kehidupan di luar planet bumi, pewarisan genetic, evolusi manusia di masa yang akan datang dan lainnya.

Untuk lebih jelas mengenai objek dan permasalahan biologi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Objek biologi

 

Pada dasarnya, yang termasuk ke dalam objek dan permasalahan biologi adalah makhluk hidup beserta kehidupannya dan berbagai faktor yang mendukung kehidupannya. Objek dari biologi adalah semua makhluk hidup, mulai dari tingkat atom, molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, hingga ke bioma.

Namun, menurut Biological  Science Curriculum Study (BSCS), biologi mempunyai objek kajian berupa kingdom (kerajaan), yang terdiri dari Animalia (hewan), Plantae (tumbuhan), dan Protista (makhluk hidup yang mirip dengan hewan dan tumbuhan).

Seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi yang semakin canggih, objek biologi yang semula hanya terdiri dari 3 kingdom saja berkembang menjadi 5 kingdom, yaitu Animalia, Plantae, Protista, Fungi dan Monera.

Bahkan, pada saat ini makhluk hidup dikelompokkan menjadi 6 kingdom, yaitu Animalia, Plantae, Protista, Fungi, Archaebacteria dan Eubacteria.

  • Permasalahan biologi

 

Sebenarnya, banyak sekali permasalahan biologi yang dikaji yang terkait dengan makhluk hidup. Pada tingkat molekul, ada istilah molekul organic atau sekumpulan atom yang akan membentuk molekul. Molekul organic ini sendiri terdiri dari 4 golongan, yaitu lipid, protein, karbohidrat, dan asam nukleat.

Interaksi antar molekul tersebut akan membentuk organel yang memiliki fungsi tertentu. Selanjutnya interaksi tersebut akan membentuk sel. Contoh permasalahan yang bisa timbul dari hal ini adalah virus.

Meskipun virus hanya tersusun dari protein dan asam nukleat saja, namun virus dapat berkembang biak dan menyebabkan penyakit.

Pada tingkat sel atau tingkat organisasi diatas molekul bisa juga timbul berbagai masalah. Seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya makhluk hidup tersusun atas sel. Sebagai unit fungsional dan struktur terkecil bagi makhluk hidup, sel mempunyai ciri khas sebagai berikut :

-         Dapat berkembang biak

-         Menghasilkan energi

-         Memberikan respon atau tanggapan

-         Melakukan pencernaan interseluler

-         Dapat tumbuh dan berkembang

Permasalahan yang bisa timbul adalah perbedaan struktur sel hewan dan sel tumbuhan. Pada kenyataannya, terdapat beberapa perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan.

Inilah sekilas mengenai objek dan permasalahan biologi. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Feb
22
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin