sbmptn

Panduan Lulus USM STAN

Sebelum kamu terlanjur pusing memahami berbagai soal USM STAN tahun sebelumnya, kamu harus tahu dulu atau setidaknya mencari panduan lulus USM STAN agar usahamu tidak menjadi begitu melelahkan. Kenalilah tipe soal USM STAN terlebih dahulu. Tes USM STAN terbagi dua, yaitu tes potensi akademik (TPA) dan tes bahasa inggris. Dalam TPA, kamu akan diuji terkait  Logika Posisi, Bilangan, Pola Huruf dan Bilangan, Persamaan Linier, Pengukuran dan Kecepatan, Persamaan Kuadrat, Garis dan sudut, Statistik, Himpunan, Paragaraf, Bacaan, Pernyataan, dan Logika Matematika, Perbandingan, Bangun datar dan bangun ruang, Sinonim, Hubungan Kata, Antonim, dan Psikotes.

                Selanjutnya adalah tes bahasa inggris. Berikut hal-hal yang diuji dalam tes tersebut:

  1. Tenses
  2. Causative,  Conditional Tenses, and Subjunctive
  3. Passive Voices, Pronoun, Countable/Noncountable Noun
  4. To Invinitive, Impersonal, and It Derivatives
  5. Direct-Indirect Speech, Concordance, and Relative Clause
  6. Gerund, Preference, and Participles
  7. Modal, Word Order, and Conjunction
  8. Elliptical Construction, Degree Comparison, and Question Tag
  9. Cloze Procedure, Reading Comprehensive, and Identifying Error

Lalu bagaimana panduan lulus USM STAN berikutnya? Baiklah, mari kita lanjutkan. Yang pertama adalah niat. Kamu harus meneguhkan niat untuk terus berjuang apapun yang terjadi, walau apapun yang kamu dengarkan membuat kamu resah, demi fokus pada tujuan akhirmu: lulus USM STAN.

        Kamu bisa saja membaca ratusan artikel yang mengulas panduan lulus USM STAN dan menghafalnya di luar kepala. Tapi percayalah hal itu tidak akan berguna jika niat yang anda pancangkan tidak begitu kokoh untuk mengahadapi terpaan gertakan yang kebanyakan timbul dari dalam hatimu sendiri.

        Sambil menguatkan niat, rajinlah berlatih. Cari buku kumpulan soal USM STAN yang mengulaskan soal-soal USM STAN tahun sebelumnya. Lebih baik kamu tidak menghafal apapun yang ada didalamnya karena hal itu akan membuang waktu. Kamu hanya perlu berlatih dengan rajin mengulangnya sehingga lama kelamaan kamu akan mengerti dengan maksud dari pertanyaan soal. Jika masih kesulitan, ikuti bimbingan belajar yang menawarkan program untuk lulus USM STAN. pastikan bimbel yang kamu ikuti itu benar-benar kompoten. Jika menurutmu itu hanya meberatkanmu dari segi keuangan, mungkin kamu bisa mencari teman-teman senasib dijejaring sosial lalu mencoba untuk berteman dan mulai membahas soal bersama. Akan lebih mudah bagimu jika menganggap ribuan peserta sebagai teman, bukan sebagai lawan yang harus kamu singkirkan.

        Belajarlah segala hal dari mareka mulai dari materi soal, semangat, hingga kegigihan mereka. Secara tidak sadar kamu sebenarnya dapat mengukur kemampuan mereka dan membandingkannya dengan kemampuanmu.

        Bagaimana dengan hari H? Mulailah dengan doa agar kamu bisa duduk lebih tenang. Bawa jam tangan agar kamu dapat mengatur waktu saat mengerjakan soal. Ingat, jangan terlalu asyik dengan satu soal yang membuatmu penasaran. Hentikan tindakan ‘pilih kasih’ seperti itu karena bobot tiap soal adalah sama. Santai tapi tetap serius. Jangan panik jika merasa tidak bisa mengerjakannya. Lanjutkan saja dengan soal yang lain yang membuatmu nyaman dan percaya diri. Hemat waktu sebisamu, jika perlu latih juga keterampilan menghitamkan lembar jawaban agar waktumu jadi lebih efisien. Tawakal, optimis, dan yakin. Sepertinya tidak ada gunanya membahas soal yang telah habis jatah pengerjaannya bahkan satu menit yang lalu! Banyak sekali orang tipe ini yang memumetkan pikirannya sendiri dengan sesuatu yang sudah tak bisa diubah. Kamu tidak perlu mencontohnya untuk hal yang satu ini. berdoa bisa menjadi pilihan terbaik jika kamu telah sampai dalam tahap ini.

        Semoga panduan lulus USM STAN ini bisa membantu kamu dalam mempersiapkan diri untuk bisa lulus ke tempat belajar impianmu. Sudah banyak yang mempraktikkannya walaupun dengan berbagai variasi yang aneh, tentu saja itu bukanlah hal yang salah. Jika kamu merasa kamu mempunyai panduan lulus USM STAN yang ‘kamu’ banget, maka tidak ada salahnya juga berbagi dengan saudara, teman, bahkan orang lain yang mempunyai harapan yang sama denganmu.  Apalagi jika ternyata kamu lulus dalam seleksi USM STAN ini. Salam sukses!