Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab

Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab

 

Contoh Paragraf Argumentasi

Anda pastinya pernah mendengar suatu paragraf argumentasi. Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang mana paragraf tersebut menjelaskan pendapat dengan berbagai keterangan dan alasan yang bertujuan untuk meyakinkan para pembaca. Adapun paragraf argumentasi ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Suatu paragraf argumentasi mengandung kebenaran yang dipakai untuk mengubah sikap dan keyakinan pembaca mengenai topik yang dibahas dalam paragraf tersebut.
  • Dalam paragraf argumentasi terdapat data atau fakta-fakta yang mana hal tersebut dapat dipertanggungjawabkan.
  • Penjelasannya disampaikan secara logis.

Dalam suatu bacaan, bisa saja kita menemukan beberapa jenis dari paragraf argumentasi. Paragraf argumentasi terbagi menjadi beberapa jenis yang memiliki fungsi yang berlainan. Adapun jenis beserta contoh dari paragraf argumentasi adalah :

Paragraf Argumentasi Rincian

Dalam suatu bacaan anda pasti pernah melihat suatu tulisan yang mana didalam paragraf tersebut terdapat pendapat sang penulis beserta rinciannya. Dan paragraf yang seperti ini disebut paragraf argumentasi rincian. Paragraf argumentasi rincian adalah paragraf yang mana berisikan pendapat serta alasan sang penulis tentang suatu hal yang disertai rincian terhadap hal tersebut. Contoh dari paragraf argumentasi rincian ini adalah :

Disiplin adalah salah satu sifat yang dibutuhkan seseorang agar menjadi sukses, karena dengan adanya disiplin, seseorang akan dapat melakukan sesuatu sesuai dengan aturannya. Dengan adanya sifat disiplin, seseorang akan taat terhadap waktu yang sangat berguna untuk kesuksesan seseorang. Oleh karenanya disiplin tersebut harus dipupuk serta dikembangkan sejak kecil.

Paragraf Argumentasi Contoh

Paragraf argumentasi contoh adalah suatu paragraf yang mana paragraf tersebut berisikan pendapat serta alasan sang penulis terhadap suatu masalah yang disertai dengan contoh. Contoh ini akan menjadi bukti yang kuat bahwa sang penulis benar dan tidak dapat dibantah. Adapun contoh dari paragraf argumentasi contoh adalah :

Kebersihan lingkungan adalah salah satu hal yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Suatu lingkungan yang bersih akan memberikan dampak yang baik untuk kehidupan di dalam lingkungan tersebut. Bila lingkungan menjadi tidak bersih, akan memiliki dampak yang cukup parah. Bisa saja muncul penyakit dan bahkan bisa saja terjadi suatu bencana banjir. Contoh dari dampak lingkungan yang tidak bersih dapat kita lihat pada lingkungan yang tergenang banjir. Pada lingkungan yang tergenang banjir biasanya masyarakat yang ada disana terdampak suatu penyakit, seperti penyakit gatal-gatal ataupun pencernaan. Selain itu apabila di lingkungan tersebut terdapat banyak sampah, dapat membuat selokan tempat penyaluran air hujan menjadi terhambat dan akan membuat air hujan tidak dapat mengalir dan akan menyebabkan banjir.

Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat

Anda pasti pernah membaca suatu paragraf yang mana paragraf tersebut menjelaskan sebab-sebab dari masalah yang dibahasnya, baru kemudian dijelaskan akibat yang dapat terjadi dari sebab tersebut. Paragraf jenis ini adalah jenis paragraf argumentasi sebab-akibat. Contoh dari paragraf sebab-akibat ini adalah :

Musim kemarau pada tahun ini cukup panjang, disertai curah hujan yang rendah dan suhu yang lumayan tinggi. Selain itu, banyaknya penebangan liar yang menyebabkan air tidak dapat diserap oleh pohon-pohon. Bukan hanya itu, bahkan persediaan air kurang banyak serta irigrasi sawah yang tidak lancar. Hal ini diperparah dengan kurangnya pengetahuan para petani dalam mengolah tanahnya serta mahalnya harga pupuk di pasaran. Oleh karena itulah, pada tahun ini panen di desa tersebut tidak ada yang berhasil.

Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab

Sesuai dengan namanya, paragraf ini kebalikan dari paragraf argumentasi sebab-akibat. Paragraf argumentasi akibat-sebab adalah jenis paragraf yang mana dalam paragraf tersebut di jelaskan terlebih dahulu akibatnya, kemudian barulah dicari sebab-sebabnya. Contoh dari paragraf argumentasi akibat-sebab adalah :

Jauhilah benda-benda yang dapat pecah dan sembunyilah di bawah meja atau benda lainnya yang dapat melindungi anda. Dan kalau bisa segeralah keluar dari bangunan. Itulah kiat-kiat yang dapat dilakukan saat terjadi gempa.

Dengan banyaknya jenis-jenis paragraf argumentasi, tidak heran kita akan sering menemukan paragraf argumentasi ini pada suatu karya tulis. Paragraf argumentasi dapat ada pada suatu novel, cerita pendek (cerpen), sinopsis film, majalah atau media cetak lainnya, prolog, dan sebagainya. Dengan tahunya kita terhadap contoh paragraf argumentasi maka saat kita membaca suatu paragraf, kita tahu apa yang ingin disampaikan sang penulis dengan lebih tepat.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
14
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin