Pembukaan Pendaftaran Universitas Islam Negeri Malang

uin-malangPembukaan Pendaftaran Universitas Islam Negeri Malang

Pendidikan adalah hal yang penting bagi setiap pelajar di Indonesia. Walaupun terkadang tidak sedikit pelajar yang bermalas-malasan pada saat diberikan pelajar, namun tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya ilmu yang dimiliki maka peluang sukses yang dimiliki menjadi bertambah. Malas dalam belajar memiliki 2 (dua) jenis yang berbeda. Yang pertama malas karena sudah mengerti. Kadang kalanya ada seorang pelajar yang malas belajar karena dia sudah mengerti dengan pelajaran yang diberikan. Dan malas yang satunya lagi adalah malas karena tidak mengerti. Malas tipe ini merupakan malas di mana orang tersebut tidak dapat mengerti pelajaran tersebut. Walaupun ada berbagai tipe malas, namun menempuh suatu pendidikan adalah salah satu hal yang diperlukan para generasi penerus bangsa. Karenanya tidak sedikit pelajar yang melanjutkan pendidikannya hingga ke jenjang perguruan tinggi. Dan salah satu universitas yang dipilih adalah Universitas Islam Negeri (UIN). Universitas Islam Negeri (UIN) merupakan universitas yang berbasis agama Islam. Jadi Universitas Islam Negeri (UIN) memberikan suatu pendidikan agama sekaligus pendidikan umum. Dan salah satu Universitas Islam Negeri (UIN) yang mungkin menjadi incaran adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Sebagai wajah baru dalam dunia pendidikan, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang tidaklah dapat dianggap sepele. Universitas Islam Negeri (UIN) Malang didirikan pada tahun 2004, namun sudah memiliki pengalaman dengan dunia pendidikan sejak 1961. Oleh karenanya tidak heran banyak program yang dapat dipilih oleh para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Universitas Islam Negeri (UIN) Malang memiliki nama lain Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim. Penamaan tersebut diambil dari nama salah satu Walisongo yaitu Sunan Gresik, tokoh penyebar agama Islam di Jawa.

Program yang Disediakan Universitas Islam Negeri (UIN) Malang

Walaupun Universitas Islam Negeri (UIN) Malang baru resmi didirikan sejak 2004, jadi baru berumur 8 tahun, namun program yang diberikannya tidaklah sedikit. Bahkan ada beberapa program doktor yang ditawarkan oleh pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Tidak dapat dipungkiri, tidak sedikit universitas yang telah berdiri sejak lama namun tidak memiliki program doktor. Jadi dapat dikatakan bahwa Universitas Islam Negeri (UIN) Malang memiliki kualitas yang bagus. Hal ini juga didukung tempat lokasi universitas tersebut berada. Sebagai universitas di salah satu kota besar, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang mendapatkan beberapa keuntungan secara tidak langsung.

Universitas Islam Negeri (UIN) Malang berlokasi di Jl. Gajayana No. 50, Malang, Indonesia. Seperti yang saya katakan di atas, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang memiliki program yang cukup banyak. Antara lain :

6 (enam) buah fakultas, antara lain :

  • Fakultas Humaniora dan Budaya
  • Fakultas Syari’ah
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Sains dan Teknologi
  • Fakultas Tarbiyah

4 (empat) program studi magister, antara lain :

  • Program Magister Manajemen Pendidikan Islam
  • Program Magister Pendidikan Bahasa Arab
  • Program Magister Studi Ilmu Agama Islam
  • Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Dan 2 (dua) program doktor, antara lain :

  • Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam
  • Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab

Pembukaan Pendaftaran Universitas Islam Negeri (UIN) Malang

Sebagai salah satu universitas di kota besar, pastinya tidak sedikit para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Dan karenanya, tidak sedikit para peserta yang menunggu hingga saatnya pembukaan pendaftaran Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Khususnya bagi para pelajar yang ingin memperdalam ilmu agamanya sekaligus dengan ilmu lainnya. Untuk info seputar pendaftaran Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, dapat dilihat pada situs resminya di www.uin-malang.ac.id.

Dalam mendapatkan suatu ilmu di perguruan tinggi, tidak sedikit hal yang dikorbankan. Namun hal yang akan didapatkan tidaklah kalah banyak. Dan salah satu pengorbanan yang dilakukan adalah menunggu hingga saatnya pembukaan pendaftaran. Namun yang akan didapat bila berhasil adalah anda dapat memasuki universitas tersebut. Oleh karenanya, teruslah berjuang. Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *