Pemecahan Masalah Ekonomi Untuk Sistem Perekonomian yang Lebih Baik | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pemecahan Masalah Ekonomi Untuk Sistem Perekonomian yang Lebih Baik

Pemecahan Masalah Ekonomi Untuk Sistem Perekonomian yang Lebih Baik

 

Ekonomi tentunya merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tidak lagi dapat dipisahkan. Dari dulu hingga sekarang, masalah ekonomi merupakan masalah yang terus menghantui perekonomian di suatu Negara.

Baik dalam kajian klasik maupun modern, masalah ekonomi bukanlah sesuatu yang bisa kita anggap sebagai masalah kecil. Ekonomi merupakan kegiatan yang sangat berhubungan dengan kemakmuran dan kesejahteraan orang banyak.

Oleh karena itulah, berbagai ahli dan pakar berusaha keras untuk mendapakan pemecahan masalah ekonomi tersebut. Secara umum, ada 3 permasalahan ekonomi di dalam sistem perekonomian suatu Negara.

Masalah tersebut adalah apa jenis barang atau jasa yang harus diproduksi ? bagaimana cara memproduksi barang atau jasa tersebut ? Untuk siapa barang atau jasa tersebut diproduksi ? Pada dasarnya ada beberapa pemecahan masalah ekonomi untuk masalah tersebut.

Selain masalah-masalah ekonomi tersebut, sekarang ini kita juga mengenal masalah ekonomi jangka pendek dan jangka panjang. Pada umumnya, masalah jangka pendek merupakan masalah ekonomi yang sangat berhubungan dengan perekonomian Negara dari bulan ke bulan, dari triwulan ke triwulan, dari tahun ke tahun agar terhindar dari terjadinya inflasi, pengangguran, dan ketimpangan neraca pembayaran.

Sedangkan masalah jangka panjang merupakan masalah yang berhubungan dengan keserasian antara pertumbuhan penduduk, pertambahan kapasitas produksi dan tersedianya dana untuk melakukan investasi.

Masalah ekonomi tersebut merupakan masalah yang penting dan harus diperhatikan sebisa mungkin agar terhindar dari hal yang buruk. Pada dasarnya, pemerintah akan berperan penting dalam mengambil berbagai kebijakan guna untuk mencegah terjadinya kemerosotan ekonomi.

Untuk lebih jelas mengenai pemecahan masalah ekonomi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Masalah jangka pendek

 

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa masalah ini berkaitan dengan keadaan ekonomi suatu Negara dalam jangka pendek. Pada dasarnya, pemecahan masalah ekonomi untuk jangka pendek ini bisa dilakukan dengan  :

-         Menambah jumlah uang yang beredar di masyarakat

-         Menurunkan suku bunga

-         Mengenakan pajak impor

-         Menurunkan pajak pendapatan atau penjualan

-         Menambah pengeluaran pemerintah

-         Mengeluarkan obligasi pemerintah dan sebagainya

  • Masalah jangka panjang

 

Sedangkan pemecahan masalah ekonomi untuk jangka panjang ini sebenarnya harus diterapkan kebijakan yang berhubungan dengan maslaah jangka panjang, misalnya kebijakan yang berkaitan dengan kapasitas total perekonomian, jumlah penduduk dan angkatan kerja serta berbagai lembaga social politik dan ekonomi yang ada.

Secara umum, kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan perpajakan kita kenal sebagai kebijakan fiscal. Sedangkan kebijakan yang berkaitan dengan penawaran dan permintaan uang kita kenal sebagai kebijakan moneter.

Menurut seorang pakar yang bernama Samuelson dan Nordhaus, untuk mengevaluasi keberhasilan suatu perekonomian secara keseluruhan, para ahli biasanya memandang dari 4 sisi, yaitu output, kesempatan kerja, stabilitas harga dan perdagangan internasional.

Namun, ada pemecahan masalah ekonomi lainnya yang bisa diterapkan, yaitu dengan cara menerapkan sistem ekonomi pada suatu Negara. Secara garis besar, ada 4 sistem ekonomi yang dipakai diseluruh dunia.

 

Merupakan sistem yang dijalankan dengan dasar kepentingan bersama. Di dalam sistem ini juga segala barang atau jasa yang diperlukan akan dipenuhi oleh masyarakat itu sendiri. Di dalam sistem ini tugas pemerintah hanyalah memberikan perlindungan dalam bentuk pertahanan atau ketertiban umum.

  • Sistem ekonomi terpusat

 

Merupakan sistem dimana pemerintah bertindak sangat aktif dan segala kebutuhan masyarakat dipenuhi oleh pemerintah. Kebebasan masyarakat sangat dibatasi, sehingga inisitif masyarakat tidak bisa berkembang dengan baik.

Pada umumnya, sistem ini diterapkan pada Negara yang berpahamkan komunis, namun karena tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat, maka sistem ini sudah banyak ditinggalkan.

  • Sistem ekonomi pasar

 

Merupakan sistem yang bebas, dimana siapa saja boleh melakukan aktivitas ekonomi dengan tujuan untuk memperoleh laba sebesar-besarnya. Salah satu ciri khas yang bisa kita lihat adalah persaingan bebas, jadi yang kuat bertambah kuat dan lemah akan tetap lemah.

  • Sistem ekonomi campuran

 

Merupakan sistem campuran antara sistem terpusat dan pasar yang pada umumnya diterapkan oleh Negara berkembang. Sistem ini juga sangat mengakui hal milik pribadi sehingga cocok digunakan di Negara kita.


Posted by Tags: 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
17
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin