Pengertian Olahraga Tolak Peluru | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengertian Olahraga Tolak Peluru

Pengertian Olahraga Tolak Peluru

 

Tentunya olahraga tolak peluru ini bukan lahgi sesuatu yang baru bagi kita semua. Hampir semua orang mengetahui olahraga ini, karena olahraga ini merupakan salah satu cabang atletik yang dipertandingkan secara internasional.

 Pengertian Olahraga Tolak Peluru

Akan tetapi, sebenarnya apa itu pengertian tolak peluru ? Mungkin secara sederhana anda mengartikan tolak peluru sebagai bentuk olahraga yang melemparkan peluru. Akan tetapi, sebenarnya pengertian tolak peluru lebih luas lagi.

Karena tolak peluru berkaitan dengan olahraga, ada baiknya bila kita memahami sedikit mengenai olahraga sebelum membahas tentang pengertian tolak peluru. Kita sendiri telah mendapatkan dasar dari olahraga melalui pelajaran penjaskes sewaktu kita duduk di bangku sekolah.

Melalui pelajaran tersebut, diharapkan agar kita mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis  yang seimbang.

Olahraga pada dasarnya sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. dengan melakukan aktivitas tersebut, maka metabolisme tubuh akan menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh akan berlangsung lebih lancar.

Namun, olahraga bukan hanya dilakukan untuk melatih aktivitas tubuh seseorang saja, melainkan juga secara rohani, misalnya olahraga catur. Banyak sekali berbagai keterampilan olahraga yang ada di dunia ini.

Kegiatan olahraga ini sendiri banyak dimanfaatkan oleh orang orang sebagai sarana rekreasi dan penghilang stress karena dinilai menyenangkan. Untuk lebih jelas mengenai pengertian tolak peluru, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Tolak peluru

 

Pada dasarnya, tolak peluru merupakan salah satu cabang dari atletik, dimana para atlet tolak peluru akan melemparkan bola besi yang berat sejauh mungkin. Mungkin hal tersebut terdengar cukup sederhana bagi anda.

Berbeda dengan lempar cakram, olahraga ini membutuhkan tenaga yang lebih besar dan ketrampilan yang tinggi. Ada dua macam gaya yang sering digunakan pada tolak peluru yaitu :

-         Gaya lama atau gaya ortodoks merupakan gaya menyamping

-         Gaya baru atau gaya O Brian merupakan gaya yang membelakangi arah tolakan

Peluru yang digunakan untuk senior putra biasanya seberat 7,257 kg, untuk senior putri 4 kg, untuk junior putra 5 kg dan untuk junior putri seberat 3 kg.

  • Ketentuan diskualifikasi

 

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, salah satunya adalah ketentuan diskualifikasi, di antaranya adalah :

-         Menyentuh balok batas sebelah atas

-         Menyentuh tanah di luar lingkaran

-         Keluar masuk lingkaran dari muka garis tengah

-         Dipanggil selama 3 menit, namun belum juga menolak peluru

-         Peluru diletakkan di belakang kepala

-         Peluru jatuh di luar sektor lingkaran

-         Menginjak garis lingkar lapangan

-         Keluar lewat depan garis lingkar

-         Keluar lingkaran tidak dengan berjalan tenang

-         Peserta gagal melempar sebanyak 3 kali lemparan

  • Hal yang disarankan

 

Adapun beberapa hal yang dianjurkan untuk anda dalam melakukan olahraga ini, di antaranya adalah :

-         Bawalah tungkai kiri merendah

-         Dapatkan keseimbangan gerak dari kedua tungkai dengan tungkai kiri memimpin di belakang

-         Jagalah agar bagian atas badan tetap rileks ketika bagian bawah bergerak

-         Hasilkan rangkaian gerak yang cepat dan jauh peda tungkai kanan

-         Putar kaki kanan ke arah dalam sewaktu melakukan luncuran

-         Pertahankan pinggul kiri dan bahu menghadap ke belakang selama mungkin

-         Bawalah tangan kiri dalam sebuah posisi mendekati badan

-         Tahanlah sekuat-kuatnya dengan tungkai kiri

Adapun peralatan yang biasanya digunakan dalam olahraga ini, yaitu rol meter, bendera kecil, kapur dan peluru. Inilah sekilas mengenai pengertian tolak peluru. Semoga bermanfaat.


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Sep
30
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin