ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Penerimaan UGM

July 27, 2012 | PTN

Penerimaan UGM dilakukan oleh universitas ini agar dapat menyeleksi untuk mendapatkan siswa yang memiliki kemampuan yang bagus. Kemampuan itu bisa saja kemampuan dalam non akademis dan kemampuan dalam akademis. Untuk non akademis seperti olahraga dan kegiatan-kegiatan seni. Universitas Gajah Mada ini mengharapkan universitasnya memiliki keunggulan juga dalam bidang non akademis. Dan untuk bidang akademis seperti olimpiade dan lomba yang diikuti oleh mahasiswa di universitas Gajah Mada ini.

Universitas Gajah Mada merupakan perguruan tinggi yang mengadakan program pendidikan akademik dan pendidikan profesional. Hal ini sudah diakui oleh pemerintah negara Indonesia. Karena banyaknya jasa dan hasil dari universitas Gajah Mada yang sangat bermanfaat bagi banyak orang. Pendidikan akademik yang diberikan oleh universitas Gajah Mada bertujuan untuk menyiapkan para mahasiswanya untuk bisa bermanfaat di lingkungan masyarakat dan bermanfaat juga untuk negara. Kemudian juga untuk menjadikan mereka sebagai warga negara yang beriman dan bertqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa pancasila, berpendidikan yang baik, sopan santun, ahli dalam bidang teknologi, kesenian, pelajaran dan dapat ikut dalam masalah sehingga dapat membantu menyelesaikannya. Program pendidikan yang diberikan oleh universitas ini sangatlah banyak dan bermanfaat. Dengan adanya pengakuan dari pemerintah sehingga membuat universitas ini masuk kedalam universitas dengan akreditas A.

Universitas Gajah Mada ini menyediakan program sarjana dan program pasca sarjana. Untuk program sarjana para mahasiswa harus menyelesaikan sekitas 144 – 160 sks sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dalam program ini paling cepat lulus adalah sampai semester tujuh dan maksimal adalah sampai semester 14. Lewat dari itu maka mahasiswa tersebut akan di drop out (DO). Hal yang sangat ditakuti oleh para mahasiswa. Maka dari itu mereka harus benar-benar belajar dengan baik agar bisa lolos dalam masa perkuliahan itu. Dan perlu diingat jangan sampai ada mata pelajaran yang mengulang. Karena hal ini akan memperlambat proses lulus bagi mahasiswa itu. Kemudian untuk program pasca sarjana terdiri dari program magister dan program doktor. Tetapi banyak mahasiswa yang tidak mau ikut lagi program ini karena bagi mereka cukup untuk mendapatkan S1 saja. Paling yang mau ikut dalam program ini adalah orang-orang yang mempunyai niat belajar yang tinggi dan ingin sukses dalam bidang pelajaran. Untuk program magister harus menyelesaikan 36 – 50 sks. Sama dengan 4 – 10 semester yang harus dijalani. Untuk program doktor akan diberikan sekitar 40 sks. Dan program ini harus diselesaikan lebih kurang 4 – 10 semester setelah selesai program magister.

Penerimaan UGM akan sangat sulit. Banyak saingan yang akan dihadapi karena yang mendaftar tidak hanya dari satu tempat saja melainkan dari banyak daerah diseluruh Indonesia. Karena UGM merupakan universitas yang terkenal. Di UGM ada juga pendidikan profesional. Program ini bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa yang dapat menguasai pelajaran-pelajaran profesional. Setelah lulus program ini maka mahasiswa itu akan diakui kemampuannya. Karena program ini sangat dikhususkan. Pelajaran yang diajarin pun akan semakin tinggi.

Sistem Penerimaan Mahasiswa

Untuk meningkatkan mutu akademis yang baik dan bagus maka sistem penerimaan mahasiswa yang baru akan sangat diperketat. Sistem ini akan menyeleksi mahasiswa yang memiliki kemampuan yang bagus. Untuk universitas Gajah Mada tidak akan mudah untuk dapat lulus dalam tesnya. Karena universitas Gajah Mada menginginkan siswa dengan intelektual yang bagus yang nantinya akan mengharumkan nama universitas itu. Untuk penerimaan mahasiswa baru maka akan dilakukan tes penerimaan UGM. Dalam tes ini akan menentukan bagaimana siswa itu dapat lulus atau tidak. Untuk tes ini akan dilakukan beberapa macam tes. Seperti tes tertulis dan tes kesehatan. Nilai yang tinggi juga akan menentukan kelulusan calon mahasiswa universita Gajah Mada itu.

Calon mahasiswa harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu jika ingin mengikuti persyaratan masuk ke universitas tersebut. Dengan usaha, kerja keras dan semangat akan membantu para siswa yang ingin masuk ke universitas itu. Maka dari itulah untuk dapat lulus dalam seleksi UGM harus mengikuti prosedur yang ada.


Related For Penerimaan UGM