Pengalokasian Sumber Daya | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengalokasian Sumber Daya

Pengalokasian Sumber Daya

 

Kita semua tentunya sudah tidak asing lagi dengan penyebutan pengalokasian sumber daya, mengingat begitu seringnya pemerintah kita menyebutkan kata-kata ini. Pada dasarnya, tidak semua orang mengetahui dengan jelas apa itu pengalokasian sumber daya.

Namun, kebanyakan dari kita tetap akan menyebutkannya seperti kata-kata yang umum untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Yang dimaksud dengan sumber daya disini, tidak hanya sumber daya alam saja, melainkan manusia juga dikategorikan sebagai sumber daya yang penting.

Pada dasarnya, pengalokasian sumber daya ini bukan hanya untuk alam saja, melainkan untuk manusia juga. Seperti yang telah kita ketahui bahwa sumber daya alam merupakan segala kekayaan alam yang bisa kita manfaatkan untuk kepentingan bersama.

Namun, pada kenyataannya sumber daya alam kita sendiri bukan untuk kepentingan banyak orang, melainkan kepentingan berbagai pihak yang memiliki materi. Oleh karena itu, dibutuhkan pengalokasian sumber daya alam dan manusia yang tepat agar hal tersebut tidak terjadi.

Pada dasarnya, memang tidak salah jika manusia memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhannya, namun sebaiknya manusia juga memperhatikan kebutuhan orang banyak dan generasi yang akan datang.

Pengalokasian sumber daya yang tidak tepat ini sendiri pada dasarnya akan menyebabkan suatu permasalahan ekonomi yang besar, yaitu kelangkaan. Hal ini karena manusia tidak memanfaatkan sumber daya secara bijak dan benar.

Maka dari itulah, materi mengenai pengalokasian sumber daya ini sangatlah penting dan harus anda pahami dengan baik. Pada umumnya, materi yang satu ini juga sering kali dibahas dalam kajian ekonomi.

Mungkin beberapa dari anda juga sudah menguasai materi ini dengan baik, namun apa salahnya anda menambah pengetahuan anda lebih dalam lagi ? Bukankah pengetahuan itu sendiri bersifat tidak terbatas  ?

Jadi, sebenarnya seperti apa itu pengalokasian sumber daya ? Untuk lebih jelas, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Alokasi sumber daya manusia

 

Pada umumnya, sumber daya manusia sering juga disebut sebagai labour atau tenaga kerja. Namun, tenaga kerja ini sendiri bukan hanya pekerja biasa yang kita lihat sehari-hari. Pada dasarnya mereka dibagi lagi ke dalam beberapa golongan tertentu berdasarkan kriterai tertentu pula.

Namun, criteria yang paling sering digunakan adalah pendidikan, karena pada dasarnya pendidikan merupakan modal utama seorang manusia untuk bekerja dan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Secara umum, tenaga kerja terbagi ke dalam :

-          Tenaga kerja yang tidak terdidik dan tidak terlatih, mereka yang berada dalam kategori ini termasuk buruh, ibu rumah tangga dan lainnya

-          Ternaga kerja yang terdidik dan terlatih, misalnya dokter anak, guru dan lainya. Mereka yang berada dalam golongan ini biasanya mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

-          Tenaga kerja yang terlatih dan tidak terdidik, pada umumnya mereka yang berada dalam kategori ini mempunyai keahlian khusus, misalnya penjahit

Adapun beberapa unsur yang dapat membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, di antaranya adalaah :

-          Keahlian atau skill

-          Kejujuran dan keadilan

-          Kekuatan fisik

  • Alokasi sumber daya alam

 

Pada dasarnya, sumber daya alam dikatakan sebagai segala kekayaan alam yang berada di dalam atau permukaan bumi yang dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran manusia, misalnya hutan, laut dan lainnya.

Selain mengenal sumber daya alam dan manusia, kita juga mengenal sumber daya modal atau yang sering kita sebut sebagai capital. Pada dasarnya, modal bisa dibedakan menjadi beberapa karakteristik, di antaranya adalah :

-          Benda yang berwujud yang terdiri dari uang dan barang

-          Sifat yang terdiri dari modal tetap dan modal lancar

-          Subjek yang terdiri dari modal orang perorangan atau modal kemasyarakatan

-          Bentuk yang terdiri dari modal konkrit dan modal abstrak

-          Sumber yang terdiri dari modal sendiri ataupun modal pinjaman

Inilah berbagai sumber daya yang bisa dimanfaatkan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan dan hasratnya. Beberapa di antaranya merupakan sumber daya yang terbatas jika tidak dialokasikan secara benar dan bijaksana.

Inilah uraian singkat mengenai pengalokasian sumber daya. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
16
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin