Pengaruh Buruk Budaya Asing Dilihat dari Beberapa Aspek | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengaruh Buruk Budaya Asing Dilihat dari Beberapa Aspek

Pengaruh Buruk Budaya Asing Dilihat dari Beberapa Aspek

 

budaya asing

Budaya merupakan suatu hal yang sudah tidak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan masyarakat. hal ini karena pada umumnya sebuah masyarakat akan membentuk kebudayaan yang kemudian akan diwariskan secara turun temurun ke generasi berikutnya.

Oleh karena itu, budaya merupakan cerminan dari sebuah Negara. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak sekali ragam kebudayaan, mulai dari sabang hingga merauke, semua daerah mempunyai kebudayaannya tersendiri.

Akan tetapi, tahukah anda bahwa sebenarnya budaya Indonesia sendiri telah lama berakulturasi dengan kebudayaan asing. Mengingat kondisi Indonesia yang berada di antara dua benua dan dua samudra, sehingga menjadi jalur perdagangan pada masa lampau dan mempunyai kesempatan untuk berakulturasi dengan kebudayaan asing.

Namun, bisa dikatakan bahwa banyak sekali pengaruh buruk budaya asing yang malah diserap oleh bangsa kita hingga sekarang ini. Khususnya kebudayaan barat yang mengagungkan kebebasan di atas segala galanya.

Banyak masyarakat kita yang menganggap bahwa budaya barat merupakan budaya yang paling benar. Memang benar budaya barat cenderung lebih maju, khususnya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Akan tetapi, seharusnya bangsa Indonesia tidan menyerap budaya kebebasan tersebut.

Hal ini menyebabkan banyaknya masyarakat Indonesia yang melupakan kebudayaannya sendiri, khususnya bagi kalangan muda. Akibatnya budaya asli Indonesia perlahan lahan luntur dan kemudian menghilang digantikan dengan budaya barat.

Globalisasi atau proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak lagi mengenal batas wilayah merupakan salah satu cara budaya asing bisa masuk ke dalam Indonesia. Globalisasi ini berlangsung pada segala bidang kehidupan manusia, baik ideology, politik, social, ekonomi hingga kebudayaan.

Dampak dari globalisasi ini sangatlah luas, termasuk ke Indonesia. Pengaruh tersebut bisa dilihat dari dua sisi, dimana adanya pengaruh buruk budaya asing dan ada juga pengaruh positif dari budaya asing yang kemudian pengaruh tersebut akan mempengaruhi nilai nilai nasionalisme terhadap bangsa.

Untuk lebih jelas mengenai pengaruh buruk budaya asing, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 

Secara umum, globalisasi bisa disebut sebagai pedang bermata dua, dimana pada satu sisi mendatangkan dampak yang baik dan satu sisi mendatangkan dampak yang negatif. Adapun beberapa pengaruh buruk budaya asing yang bisa kita rasakan, di antaranya adalah :

-         Dengan adanya globalisasi, maka masyarakat Indonesia yakin dan percaya bahwa ideology liberalism dapat membawa kemajuan dan kemakmuran, sehingga hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa ideology pancasila bisa berubah menjadi ideology liberalism. Apabila hal tersebut terjadi, maka nasionalisme bangsa akan hilang

-         Akibat dari globalisasi di bidang ekonomi adalah hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negri, karena banyaknya produk luar negri yang membanjiri Indonesia dan terbukti cukup diminati

-         Masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda mulai melupakan identitas bangsa, karena meniru gaya hidup budaya barat yang dianggap sebagai kiblat

-         Adanya kesenjangan social yang semakin tajam antara si kaya dan si miskin. Hal ini karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi, dimana yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin

-         Munculnya sikap individualism yang menimbulkan ketidakpedulian antar sesama warga, sehingga budaya gotong royong mulai luntur dan menghilang

Berbagai pengaruh buruk budaya asing tersebut memang tidak berpengaruh secara langsung pada nasionalisme. Akan tetapi ,secara keseluruhan dapat menimbulkan rasa nasionalisme terhadap bangsa menjadi berkurang atau bahkan hilang.

 

Akan tetapi, perlu anda ingat bahwa tidak semua budaya asing akan mendatangkan pengaruh yang buruk bagi bangsa kita. Ada juga beberapa pengaruh positif yang didapatkan oleh masyarakat Indonesia, di antaranya adalah :

-         Pola pikir masyarakat banyak mengalami perubahan karena adanya globalisasi dan modernisasi yang menyebabkan masyarakat kita mulai berpikir secara rasional dan masuk akal

-         Kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan berbagai kemudahan bagi kita semua dalam melakukan aktivitas sehari hari

-         Perkembangan industry di dunia belahan barat yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mengurangi jumlah pengangguran.

Inilah sekilas mengenai pengaruh buruk budaya asing. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
10
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!