Pengaruh Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » umum » Pengaruh Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Pengaruh Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa

 

Pengaruh Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Tahukah anda apa itu internet? Pastinya anda sudah mengetahuinya. Karena sekarang internet bukan lagi hal yang jarang ditemukan. Malahan sekarang internet sudah menjadi hal umum yang digunakan oleh seluruh masyarakat setiap harinya. Mulai dari penggunaannya melalui media komputer seperti personal computer (PC), handphone, smartphone, laptop dan banyak lagi jenisnya. Hal yang sudah sangat umum bagi kita. Apalagi bagi para pengguna smartphone koneksi internet itu bagaikan tidak boleh putus. Karena kebutuhan sehari-hari yang sudah sangat tinggi. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa sudah mengenal akan apa itu internet. Internet merupakan sebuah jaringan besar yang menyimpan banyak informasi dan kegunaan bagi semua orang. Dengan internet kita dapat mengakses berita dengan mudah. Dalam internet itu sudah disediakan search engine yang memudahkan kita dalam mengakses informasi yang kita butuhkan. Tetapi untuk internet sendiri bisa saja berakibat fatal. Karena kesalahgunaan dari seorang individu. Bukannya internet itu digunakan sebagai media untuk yang positif malah digunakan untuk hal-hal negatif.

Internet sering juga menjadi bahan topik utama dalam perdebatan semua golongan. Ada yang mengatakan internet itu bukanlah hal yang baik dan harus mulai dikurangi dan ada juga yang mengatakan bahwa internet itu sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Perdebatan ini sampai sekarang pun tetap tidak ada habisnya. Karena memang internet digunakan dalam dua sisi yaitu hal yang negatif dan yang positif.

Dampak Positif adanya Internet

  1. Dengan adanya internet membuat kita mudah untuk mengkoneksi hal-hal diluar sana. Kita bisa mendapatkan berita dalam sekejab. Karena berita yang disajikan di internet sangat cepat dan luas. Hampir seluruh negara di dunia ini telah terkoneksi dengan internet. Sehingga memudahkan kita untuk mengenal akan negara-negara lain.
  2. Kita bisa mendapatkan informasi pendidikan yang bagus dan terbaru dengan cepat dan benar melalui situs resmi yang sudah disediakan. Dapat menambah luas pengetahuan kita dengan cepat. Jika ada hal dalam pelajaran yang tidak kita ketahui maka kita bisa mencarinya lewat internet. Internet memiliki jangkauan yang sangat luas. Sehingga membuat kita bisa dengan mudah mencari informasi yang tidak kita ketahui didalam nya.
  3. Kita juga bisa mengenal dan berteman dengan teman-teman dari jarak jauh. Mencari teman dari tempat lain untuk saling bertukar pikiran. Kita dapat mengaksesnya dengan situs pencarian teman seperti facebook dan twitter. Menambah teman dengan sangat mudah. Ini salah satu dari keunggulan adanya internet.
  4. Di internet pembahasan yang diberikan lebih menarik dari pada kita membeli sebuah buku. Karena di internet mudah untuk kita melakukan hiasan-hiasan menarik. Dengan begitu maka kita akan lebih mudah mempelajarinya.
  5. Kita juga dapat melakukan belanja secara online. Karena barang-barang yang biasa disediakan di tempat online bagus-bagus.

Dampak Negatif adanya Internet

  1. Penipuan. Di internet sering terjadi penipuan-penipuan. Seperti pada situs-situs online shop. Sering sekali situs yang menyajikan barang ini melakukan penipuan. Padahal kita mengira situs ini asli dan terpecaya rupanya malah terjadi penipuan.
  2. Adanya korban yang bunuh diri akibat dari internet ini. Seperti kita temukan di sosial network seperti di facebook dan twitter. Ada seorang pasangan yang berpacaran di jaringan ini. Kemudian setelah putus malahan si cewek bunuh diri. Ini merupakan efek yang sangat berbahaya dari jaringan ini.
  3. Dengan kebebasan dalam mencari informasi banyak yang dengan mudahnya mengakses situs porno. Situs yang berbahaya karena bisa merusak moral. Apalagi yang paling banyak membuka situs ini adalah para anak-anak dan remaja.
  4. Dengan adanya internet kita sering lupa akan waktu. Jadi malas belajar dan lebih suka bermain internet. Karena banyak disajikan program-program hiburannya.

Ini merupakan beberapa hal positif dan negatif yang harus diperhatikan. Khusus nya akan hal yang negatif seharusnya kita sadar bahwa internet itu digunakan demi kebaikan. Bukannya untuk merugikan diri sendiri dan orang lain. Dengan pemahaman yang luas maka kita akan mengerti makna dari dibuatnya internet.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
3
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin