Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » umum » Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar

Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar

 

Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar

Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar sangat berpengaruh. Hal ini karena metode pelajaran yang tepat dan bagus akan membuat siswa dapat mengembangkan pelajaran nya dengan baik dan benar. Dengan kata lain metode pelajaran pun haruslah up todate agar bisa membandingkan pelajaran yang sebelumnya dengan pelajaran sekarang ini. Metode pembelajaran akan sangat diperhatikan oleh para pengajar kepada muridnya.

Pendidikan akan terus berkembang karena mulainya berkembang semua hal. Mulai dari kehidupan sehari-hari dan lingkungan hidup atau alam ini. Semakin berubahnya hal ini maka dalam metode pembelajaran pun harus kita perhatikan dengan baik. Pengaruhnya akan sangat besar terhadap kemampuan siswa itu. Maka dari itulah dalam pembuatan metode pun harus dilihat dari kemampuan siswa, pengajar, faktor lingkungan dan dunia pendidikan. Jika ilmu-ilmu pendidikan dinegara lain sudah berkembang dengan pesat tidak mungkin negara kita hanya bergerak ditempat saja. Itulah mengapa kita harus mengembangkan juga metode pembelajaran kita. Menggunakan cara modern yang dianggap sangat bagus bagi siswanya. Dalam hal ini metode pembelajaran harus sangat di kuasai oleh pengajar atau guru.

Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar dipegang setengahnya oleh pengajar atau guru. Karena tanpa guru yang menguasai metode pembelajaran yang bagus maka ketika mengajar siswanya pun akan sulit. Mereka akan dianggap ketinggalan zaman karena hal yang lama terus yang di ajarinnya. Kecuali hal yang lama itu memang akan sangat mempengaruhi hal positif bagi para siswanya. Dengan begitu maka akan tetap bisa dipertahankan tetapi tetap ada harus perubahan sedikit. Guna memperbaiki metode yang salah.

Pengertian Metode Pembelajaran

Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar akan sangat efektif bila kita dapat memanfaatkannya dengan baik. Metode pembelajaran merupakan suatu cara dalam proses belajar yang diajarkan oleh guru untuk memudahkan siswanya dalam melakukan proses belajar. Metode ini sebenarnya merupakan salah satu cara guru untuk menyalurkan ilmunya ke anak didiknya. Dengan begitu mereka akan bangga bila para siswanya berhasil. Mereka selalu dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Bukan hanya siswa saja yang ingin untuk berhasil, tetapi seorang guru juga mengharapkan mereka dapat berhasil dalam melakukan proses mendidik siswa. Metode yang tepat akan menjadikan siswa itu menjadi nyaman dan mudah untuk pelajaran yang sulit sekalipun.

Beberapa Contoh Metode Pembelajaran

Contoh metode pelajaran sangat banyak. Ada yang bermanfaat dan ada juga yang tidak bermanfaat. Metode yang bermanfaat adalah sebagai berikut :

  1. Metode Ceramah

Metode ceramah merupakan hal sangat membosankan bagi para siswa. Mendengar ceramah sering mereka anggap kurang berguna. Sangat ngantuk bila mendengarkan sebuah ceramah. Metode ceramah ini merupakan metode paling pertama yang ada semenjak dibuatnya suatu metode. Guru yang menerapkannya pertama kali. Ceramah ini pun bisa juga berarti guru itu memarahi para muridnya yang sebenarnya bertujuan untuk membuat mereka dapat merubah sifat buruk siswanya. Bukan berarti metode ini digunakan hanya untuk memarahi mereka saja. Metode ini juga digunakan untuk merangsang pikiran mereka agar bisa berbuat sesuatu hal yang berguna untuk proses belajarnya. Metode ini biasa dilakukan secara lisan. Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar juga mengandalkan metode ini agar para siswa bisa sukses.

  1. Metode Diskusi

Metode diskusi ini akan sangat mempengaruhi efek dari metode belajar siswa. Dengan diskusi maka kita akan dapat sharing tentang hal yang tidak bisa kita dapatkan dengan pemikiran sendiri. Maka dari itulah hal ini akan sangat efektif dalam proses belajar. Metode ini mempunyai tujuan untuk membantu siswa untuk biasa berbicara, memberi pendapat, dan memberikan mereka kebiasaan untuk bisa memecahkan sebuah masalah.

  1. Metode Tanya Jawab

Metode ini berfungsi untuk memberikan siswa agar bisa mengetahui suatu hal yang tidak dapat diketahui. Contohnya jika ada pelajaran yang tidak dimengerti maka bisa ditanyakan keguru. Tidak boleh takut dalam bertanya.

  1. Metode Pemecahan Masalah

Metode ini merupakan metode terakhir bagi guru untuk dapat membantu siswa dalam mengahadapi suatu masalah dalam soal yang sangat sulit. Maka dari itulah diperlukan keuletan dari sang pengajar atau guru.

Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar sangat bagus. Maka dari itu diharapkan bagi para pengajar atau guru dapat membuat suatu metode yang bagus untuk memajukan kecerdasan anak bangsa.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
12
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin