ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Pengendalian rapat yang benar

October 22, 2015 | kewirausahaan, umum

IMG_20140401_091252

Pengendalian rapat yang benar

Pada umumnya, sebuah organisasi atau perusahaan akan mengadakan rapat secara berkala. Oleh karena itu, sudah sepantasnya anda mengetahui seperti apa pengendalian rapat yang benar itu. Sebelumnya, mari kita bahas sedikit mengenai rapat.

Secara umum, ada tiga teknik pengendalian rapat yang benar, di antaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Pengendalian rapat bebas terbatas adalah pengendalian rapat yang memberikan kesempatan secara bebas kepada para peserta rapat untuk mengemukakan pendapatnya secara bergantian. Peserta rapat diperbolehkan beradu argumentasi atau berdebat tanpa harus melalui pemimpin rapat. Pemimpin rapat hanya bertugas mengawasi jalannya pembicaraan. Jika pembicaraan dirasa sudah cukup, pemimpin dapat menghentikan perdebatan dan menyimpulkannya menjadi sebuah keputusan rapat.
  • Pengendalian rapat secara ketat adalah pengendalian rapat yang tidak memberikan kesempatan bertanya atau mengeluarkan pendapat kepada para pesertanya. Para peserta rapat boleh mengeluarkan pendapat hanya seizin pemimpin rapat dengan waktu dan jumlah penanya yang sudah ditentukan.
  • Pengendalian gabungan bebas terbatas dengan ketat adalah pengendalian rapat yang memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para peserta rapat untuk mengeluarkan pendapatnya dan apabila keadaan sudah mulai kurang terkendali, pemimpin rapat langsung menggunakan cara pengendalian ketat, sehingga keadaan normal kembali. Jika situasi rapat sudah dianggap lancar kembali, pemimpin rapat dapat menggunakan cara pengendalian bebas terbatas.

Related For Pengendalian rapat yang benar