Pengertian Circular Flow Diagram Dalam Bidang Ekonomi | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengertian Circular Flow Diagram Dalam Bidang Ekonomi

Pengertian Circular Flow Diagram Dalam Bidang Ekonomi

 

Mungkin pengertian circular flow diagram ini masih cukup asing bagi kebanyakan dari kita, mengingat istilah seperti ini masih sangat jarang disebutkan dalam masyarakat. namun, sebenarnya pengertian circular flow diagram merupakan kajian yang sangat umum dalam dunia atau bidang ekonomi.

Ilmu ekonomi ini sendiri berhubungan dengan pilihan manusia yang tepat dalam memanfaatkan sumber-sumber yang produktif, yang langka dan terbatas jumlahnya, untuk menghasilkan berbagai barang, mendistribuskan berbagai barang dan penggunaan barang tersebut.

Pada dasarnya, keterkaitan antar para pelaku ekonomi tersebut dapat kita gambarkan dalam seuah diagram atau siklus ekonomi yang secara sederhana dapat dijelaskan beberapa arus transaksi yang terjadi antara produsen dengan konsumen.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian circular flow diagram, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Rumah tangga keluarga

 

Sebagai pelaku ekonomi yang cakupannya paling kecil, rumah tangga merupakan pemilik dari berbagai faktor produksi. Berbagai faktor tersebut kemudian akan ditawarkan pada sektor perusahaan untuk membantu perusahaan dalam menhasilkan barang atau jasa.

Pada saat penawaran faktor produksi tersebut terjadi, maka perusahaan akan memberikan balas jasa berupa penghasilan, baik dari usaha sendiri, misalnya dengan melakukan usaha pertanian dan lainnya atau dari bekerja ke pihak lain atau bahkan menyewakan faktor-faktor produksi.

a.      Rumah tangga konsumsi

 

Rumah tangga konsumsi merupakan unit terkecil yang merupakan pemilik atau penyedia barang atau jasa dari berbagai faktor produksi. Rumah tangga konsumsi akan menggunakan barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhannya

b.      Rumah tangga produksi

 

Rumah tangga produksi atau perusahaan pada dasarnya bertugas utama untuk menghasilkan barang atau jasa. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sektor ini adlaah produksi, konsumsi dan distribusi.

Sebagai seorang produsen, perusahaan akan menghasilkan barang atau jasa yang diperlukan oleh masyarakat luas. Berdasarkan lapangan usahanya sendiri, perusahana dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu industry primer yang mengolah kekayaan alam, industry sekunder yang menghasilkan barang dengan cara mengolah barang setengah jadi menjadi barang jadi.

Sementara itu, industry tersier adalah industry yang menhasilkan jasa-jasa perusahaan yang menyediakan pengangkutan atau transportasi.

Selain itu, perusahaan juga berperan sebagai konsumen yang mengonsumsi berbagai faktor produksi dalam rangka untuk menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga akan melakukan kegiatan distribusi agar produknya bisa tersalurkan ke masyarakat dengan baik.

 

Merupakan lembaga tertinggi dalam suatu Negara yang mengatur perekonomian. Pada dasarnya, peranan pemerintah sebagai pelaku ekonomi adalah :

-         Sebagai pengatur sehingga terciptanya stabilitas ekonomi agar tidak merugikan masyarakat

-         Sebagai konsumen yang membutuhkan barang atau jasa dalam rangka untuk menjalankan tugasnya

-         Sebagai produsen yang menghasilkan barang atau jasa yang tidak mampu dihasilkan oleh sektor swasta

  • Masyarakat luar negri

 

Pada dasarnya, masyarakat luar negeri sebagai pelaku ekonomi akan melakukan perdagangan, pertukaran tenaga kerja, penanaman modal, pemberian pinjaman, atau memberikan bantuan. Masyarakat luar negri juga merupakan pelaku ekonomi yang penting.

Masyarakat luar negri akan melakukan transaksi luar negri yang tidak hanya berupa perdagangan saja, melainkan penanaman modal asing, tukar menukar tenaga kerja, atau memberikan pinjaman.

Oleh karena itu, melakukan kerja sama dengan masyarakat luar negri merupakan hal yang sangat penting, mengingat fakta bahwa pada dasarnya Negara tidak bisa berdiri dengan sendirinya tanpa ada hubungan dengan Negara lain.

Masyarakat luar negri juga bisa melakukan aktivitas ekonomi, yaitu kegiatan konsumsi atau produksi. Kegiatan konsumsi akan dilakukan melalui kegiatan :

-         Membeli barang yang tidak diproduksi di dalam negrinya

-         Menggunakan berbagai fasilitas yang disediakan oleh Negara, misalnya bandara, stasiun

-         Menikmati objek wisata Negara lain, misalnya pegunungan, candi dan lainnya

-         Menggunakan tenaga kerja dari Negara lain

Dalam rangka melakukan kegiatan produksi, masyarakat luar negri melakukan :

-         Menghasilkan barang yang tidak diproduksi oleh Negara lain

-         Melakukan penanaman modal asing di Negara lain

-         Memberikan pinjaman kepada Negara yang membutuhkannya

-         Mengirimkan tenaga kerja ke luar negri

Inilah berbagai pelaku ekonomi yang tergambarkan dalam pengertian circular flow diagram. Semoga dapat bermanfaat

 


Posted by Tags: 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
18
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin