Pengertian dan Jenis-jenis Kebutuhan | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengertian dan Jenis-jenis Kebutuhan

Pengertian dan Jenis-jenis Kebutuhan

 

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk hidup yang membutuhkan berbagai macam hal untuk memenuhi kebutuhannya, baik dalam bentuk konkret ataupun abstrak. Dari dulu hingga sekarang, manusia merupakan makhluk social.

Dengan kata lain, manusia merupakan makhluk yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain untuk hidup. Namun, kebutuhan manusia ini sendiri tidak sama dan cukup beragam pada setiap individunya.

Mungkin topik atau materi mengenai pengertian dan jenis-jenis kebutuhan bukan lagi hal yang baru dan asing untuk kita pelajari. Topik ini sudah menjadi topik yang lazim, baik pagi pelajar ataupun mahasiswa.

Pada dasarnya, pengertian dan jenis-jenis kebutuhan dari dulu sampai sekarang tidak mengalami perubahan. Namun, pada dasarnya kebutuhan manusia itu adalah tidak terbatas atau dengan ata lain sulit sekali untuk dipenuhi semuanya.

Akan tetapi, kebutuhan ini sendiri juga berbeda-beda dan ada kebutuhan yang memang harus dipebuhi oleh manusia untuk meneruskan kelangsungan hidupnya. Kebutuhan tersebut dinamakan sebagai kebutuhan pokok atau primer manusia.

Banyak sekali jenis kebutuhan manusia lainnya selain daripada kebutuhan primer tersebut. Satu hal yang perlu kita ingat bahwa kebutuhan manusia ini pada dasarnya memang tidak terbatas namun bisa dibatasi oleh hal tertentu.

Misalnya budget atau anggaran. Sekarang ini, untuk memenuhi kebutuhannya manusia harus mengorbankan sesuatu sebagai penggantinya, salah satunya adalah materi atau uang. Untuk lebih jelas mengenai pengertian dan jenis-jenis kebutuhan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  1. 1.      Pengertian kebutuhan

 

Pada dasarnya, kebutuhan dapat diartikan sebagai keinginan atau hasrat manusia terhadap sebuah barang atau jasa, dimana barang atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada manusia itu sendiri, baik itu kepuasan jasmani ataupun rohani.

Dalam kesehariannya, memang manusia sering kali dihadapkan dengan berbagai kebutuhan yang ada. Misalnya sebagai pelajar, anda tentunya membutuhkan peralatan tulis atau seragam dan bagi seorang petani, tentunya barang tersebut tidak mempunyai nilai guna.

Dari kenyataan diatas, memang kita bisa mengatakan bahwa kebutuhan manusia adalah sesuatu yang tidak terbatas dan amat beragam jenisnya. Namun, kenyataannya semua kebutuhan manusia ini tidak bisa dipenuhi dengan alat pemuas yang terbatas.

Oleh karena itulah manusia perlu menyusun skala prioritas kebutuhannya untuk mencapai kemakmuran. Pada dasarnya pemenuhan kebutuhan manusia dilakukan untuk mencapai kemakmuran atau suatu keadaan dimana seluruh kebutuhan manusia terpenuhi dengan baik.

  1. 2.      Jenis-jenis kebutuhan

 

Seperti yang telah kita ketahui bahwa banyak sekali tersedia alat pemuas kebutuhan manusia di dunia ini. Oleh karena itu, kebutuhan ini sendiri dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok untuk mempersempit ruang lingkupnya.

Pada dasarnya, kebutuhan manusia itu dapat dibedakan berdasarkan intensitas, sifat, waktu dan subjek yang membutuhkannya. Berikut ini adalah beberapa jenis kebutuhan berdasarkan kategori tertentu.

  • Berdasarkan intensitasnya

 

Berdasarkan intensitasnya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi 3, yaitu :

-         Kebutuhan primer yang merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh manusia untuk melangsungkan kehidupannya sehari-hari. Kebutuhan tersebut adalah pangan, papan dan sandang

-         Kebutuhan sekunder yang merupakan kebutuhan yang bisa dipenuhi setelah kebutuhan primer dipenuhi

-         Kebutuhan tersier yang merupakan kebutuhan yang bisa dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Pada dasarnya berupa barang mewah.

  • Berdasarkan sifat

 

Berdasarkan sifatnya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

-         Kebutuhan jasmani yang pada dasarnya digunakan untuk fisik manusia, misalnya pakaian, makanan atau minuman

-         Kebutuhan rohani yang merupakan upaya manusia untuk memenuhi kepuasan jiwa atau hatinya, misalnya dilakukan dengan beribadah

  • Berdasarkan waktunya

 

Berdasarkan waktunya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

-         Kebutuhan sekarang yang harus dipenuhi pada saat itu juga, misalnya obat ketika sakit

-         Kebutuhan yang akan datang yang bisa dipenuhi pada masa yang akan datang misalnya asuransi jiwa

  • Berdasarkan subjeknya

 

Berdasarkan subjeknya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi :

-         Kebutuhan pribadi yang dibutuhkan oleh pribadi saja, misalnya sepatu, pakaian dan lainnya

-         Kebutuhan kelompok atau kolektif yang dibutuhkan oleh masyarakat luas, misalnya jalan raya, rumah sakit, puskesmas, jembatan dan lainnya.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
15
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!