Pengertian Fraksi Mol dan Kemolalan | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengertian Fraksi Mol dan Kemolalan

Pengertian Fraksi Mol dan Kemolalan

 

images (1)

Mungkin sebagian besar dari kita asih belum mengetahui pengertian fraksi mol dan kemolalan. Hal ini karena materi tersebut biasanya hanya dibahas secara khusus dalam mata pelajaran fisika atau kimia.

Oleh karena itu, bagi anda yang pernah mempelajari hal ini ketika duduk di bangku sekolah atau bangku kuliah mungkin tidak lagi merasa asing dengan pengertian fraksi mol dan kemolalan. Sebenarnya, materi ini sangat berkaitan erat dengan sifat koligatif larutan.

Oleh sebab itu, sebaiknya kita mengetahui apa itu sifat koligatif dan larutan lebih baik lagi sebelum membahas mengenai pengertian fraksi mol dan kemolalan. Ilmu kimia pada dasarnya merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam.

Kimia diartikan sebagai perubahan benda atau zat yang merupakan ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan dan transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang kita temukan sehari hari.

Ilmu ini juga mempelajari mengenai pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antar atom dan ikatan kimia.

Kimia juga sering disebut sebagai ilmu pusat karena menghubungkan beberapa ilmu lainnya seperti fisika, ilmu bahan, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika dan geologi. Hubungan ini sendiri timbul melalui berbagai subdisiplin yang memanfaatkan berbagai konsep dari berbagai disiplin ilmu.

Kimia juga berhubungan dengan interaksi materi yang dapat melibatkan dua zat atau antara materi dan energi, terutama dalam hubungannya dengan hukum pertama termodinamika. Sedangakn kimia tradisional melibatkan interaksi antara zat kimia dalam reaksi kimia yang mengubah satu zat atau lebih menjadi zat lainnya.

Sedangkan, larutan adalah campuran homogen antara zat terlarut dengan pelarut. Zat terlarut adalah zat yang terdispersi (tersebar secara merata) dalam zat pelarut. Zat terlarut mempunyai jumlah yang lebih sedikit dalam campuran.

Hal ini biasanya disebut sebagai solute. Sedangkan zat pelarut adalah zat yang mendispersi atau fase pendispersi komponen komponen zat terlarut. Biasanya zat pelarut mempunyai jumlah yang lebih banyak di dalam campuran. Hal ini disebut sebagai solvent.

Larutan elektrolit sendiri merupakan larutan yang dapat menghantarkan arus listrik dengan memberikan gejala berupa menyalanya lampu pada alat uji atau timbulnya gelembung gas dalam larutan.

Sementara larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik dengan memberikan gejala berupa tidak ada gelembung dalam larutan atau lampu tidak menyala pada alat uji. Larutan yang menunjukkan gejala gejala tersebut pada pengujian tergolong ke dalam larutan non elektrolit.

Sifat koligatif larutan sendiri adalah sifat larutan yang tidak tergantung pada jenis zat terlarut, namun hanya bergantung pada konsentrasi partikel zat terlarutnya. Sifat koligatif larutan terdiri dari dua jenis, yaitu sifat koligatif larutna elektrolit dan sifat koligatif larutan non elektrolit.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian fraksi mol dan kemolalan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  1. Fraksi mol

Dalam larutan sendiri, ada beberapa sifat zat yang hanya ditentukan oleh banyaknya partikel zat terlarut. Oleh karena sifat koligatif larutan ditentukan oleh banyaknya partikel zat pelarut, maka perlu diketahui tentang konsentrasi larutan.

Fraksi mol sendiri merupakan kesatuan konsentrasi yang semua komponen larutannya dinyatakan berdasarkan mol. Fraksi mol komponen i, dilambangkan dengan xi yang merupakan jumlah mol komponen i yang dibagi dengan jumlah mol semua komponen di dalam larutan.

Fraksi mol j adalah xj dan seterusnya. Jumlah fraksi mol dari semua komponen adalah 1. Bila dituliskan dalam persamaan, maka :

 

  1. Kemolalan

Kemolalan atau molasitas (m) merupakan jumlah mol zat terlarut di dalam 1 kg (1000 gram) pelarut. Apabila dinyatakan dalam persamaan matematika, maka molasitas atau kemolalan adalah :

Dimana m merupakan molasitas larutan, n adalah jumlah mol zat terlarut dan P merupakan massa terlarut dengan satuan gram.

Inilah sekilas mengenai pengertian fraksi mol dan kemolalan. Semoga bermanfaat.


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Aug
26
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin