Pengertian Ideologi Tertutup | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengertian Ideologi Tertutup

Pengertian Ideologi Tertutup

 

pengertian ideologi

Istilah ideology tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Hal ini karena pada umumnya setiap bangsa dan Negara mempunyai ideologynya masing masing. Begitu pula dengan bangsa Indonesia yang menganut ideology pancasila.

Akan tetapi, apalah semua dari kita mengetahui apa yang dimaksud dengan ideology itu ? Secara umum, ideology diartikan sebagai kumpulan ide atau gagasan. Kata ini diciptakan oleh Destutt de Tracy pada akhir abad ke 18 untuk mendefinisikan tentang ide.

Kata ideology sendiri berasal dari kata ideas dan logos. Dimana idea diartikan sebagai gagasan, konsep dan lainnya, sedangkan logos diartikan sebagai ilmu. Oleh karena itu, ideology diartikan secara umum adalah sekumpulan ide, gagasan, keyakinan, kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis dalam bidang politik, ekonomi, social, budaya dan keagamaan.

Ideology juga dapat dianggap sebagai pandangan yang komprehensif, sebagai cara untuk memandang segala sesuatu secara umum, beberapa arah filosofi atau sekelompok ide yang diajukan oleh kelas yang dominan pada seluruh anggota masyarakat.

Tujuan utama dibalik ideology adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran yang normative. Jadi, bisa dikatakan bahwa ideology merupakan semacam pemikiran yang abstrak yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik.

Selain itu, ideology ini sendiri terbagi menjadi dua golongan, yaitu ideology terbuka dan ideology tertutup. Pengertian ideologi terbuka adalah nilai nilai dan cita cita dari suatu bangsa tidak dipaksakan dari luar, melainkan digali dan diambil dari kekayaan rohani, moral dan budaya masyarakatnya sendiri.

Sedangkan pengertian ideology tertutup adalah sebuah sistem pemikiran yang tertutup, dimana segala konsep dan gagasan yang diterima berasal dari luar dan bukan dari dalam diri. Dari kedua definisi tersebut, kita bisa melihat bahwa sifat ideology terbuka adalah menerima perubahan, sedangkan ideology tertutup cenderung menolak perubahan dari luar.

Meskipun begitu, kita tidak bisa menyatakan bahwa ideology terbuka lebih baik dari pada ideology tertutup atau pun sebaliknya. Hal ini karena belum tentu perubahan yang terjadi adalah sesuatu yang baik dan belum tentu juga sifat tertutup bisa memberikan ideology yang sejalan dengan dunia yang modern. Hal yang paling penting adalah bagaimana bangsa tersebut mengelola ideology tersebut.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian ideology tertutup, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Pengertian ideology menurut para ahli

 

Ada beberapa definisi dari ideology menurut para ahli, di antaranya adalah :

-         Gunawan Setiardjo yang menyatakan bahwa ideology adalah kumpulan idea tau gagasan atau akidah yang melahirkan aturan aturan dalam kehidupan

-         Descartes menyatakan bahwa ideology adalah studi terhadap idea atau pemikiran tertentu

-         Machiavelli menyatakan bahwa ideology adalah sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa

-         Thomas Hobbes menyatakan bahwa ideology adalah suatu cara untuk melindungi kekuasaan pemerintah agar dapat bertahan dan mengatur rakyatnya

-         Francis Bacon menyatakan bahwa ideology adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup

-         Karl Marx menyatakan bahwa ideology adalah alat untuk mencapai kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat

  • Karakteristik ideology tertutup

 

Pengertian ideology tertutup sendiri bisa dikatakan adalah suatu sistem pemikiran yang tertutup. Hal ini mengandung makna bahwa ideology tersebut bersifat tertutup terhadap gagasan dan konsep pemikiran dari luar. Adapun ciri khas dari ideology tertutup, di antaranya adalah :

-         Ideology tersebut merupakan cita cita sekelompok orang untuk mengubah masyarakat

-         Ideology tersebut tidak hanya berisi nilai, cita cita atau gagasan saja, melainkan juga terdiri dari tuntutan konkret yang bersifat operasional yang keras

-         Atas nama ideologis tersebut juga dibenarkna pengorbanan yang dibebankan kepada masyarakat

-         Betapapun besarnya perbedaan antara tuntutan berbagai ideology yang mungkin hidup dalam masyarakat itu, akan selalu ada tuntutan mutlak bahwa setiap orang harus taat kepada ideology tersebut

-         Tuntutan ketaatan mutlak tersebut tidak boleh dipertanyakan lagi, misalnya berdasarkan hati nuraninya, tanggung jawabnya atau hak hak asasinya

-         Kekuasaannya cenderung ke arah totaliter.

Inilah sekilas mengenai pengertian ideology tertutup. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
10
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin