Pengertian Kebugaran Jasmani | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani

 

Pengertian kebugaran jasmani dan bentuk latihan kebugaran jasmani.

Tentunya istilah kebugaran jasmani ini sudah sangat sering kita dengar dan bahkan kita gunakan dalam kehidupan sehari hari. Oleh karena itu, pengertian kebugaran jasmani pastinya telah diketahui oleh banyak orang secara luas.

Mungkin sebagian dari anda mennyatakan bahwa pengertian kebugaran jasmani adalah kesehatan pada jasmani atau tubuh. memang benar, kebugaran jasmani itu tidak bisa terlepas dari kata kesehatan.

Akan tetapi, sebenarnya pengertian kebugaran jasmani mempunyai pengertian yang lebuh  luas dan tidak hanya sekedar kesehatan pada tubuh kita saja. kebugaran jasmani ini sendiri juga sangat berkaitan erat dengan olahraga.

Kebugaran jasmani merupakan suatu keadaan yang sangat diinginkan oleh setiap orang. Dengan kebugaran jasmani orang akan dapat tampil lebih dinamis dan tercipta produktivitas kerja. Manfaat kebugaran jasmani pada saat ini sudah sangat disadari oleh masyarakat, terbukti dengan berkembangnya pusat-pusat kebugaran dan kegiatan olahraga yang marak diselenggarakan yang kesemuanya berpangkal pada pencarian kebugaran jasmani.

Menurut Judith Rink,  kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang menyelesaikan tugas sehari-hari dengan tanpa mengalami kelelahan berarti, dengan pengeluaran energi yang cukup besar, guna memenuhi kebutuhan geraknya dan menikmati waktu luang serta untuk memenuhi keperluan darurat bila sewaktu-waktu diperlukan

Sedangkan menurut Djoko Pekik, kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang melakukan kerja sehari-hari secara efisien tanpa timbul kelelahan yang berlebihan sehingga masih menikmati waktu luangnya.

Oleh karena itu, secara umum kebugaran jasmani diartikan sebagai kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian (adaptasi) terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

Tidak menimbulkan kelelahan  yang berarti maksudnya ialah setelah seseorang melakukan suatu kegiatan atau aktivitas, masih mempunyai cukup semangat dan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keperluan-keperluan lainnya yang mendadak.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian kebugaran jasmani, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Olahraga

 

Pada dasarnya, istilah olahraga ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Hampir setiap orang di seluruh dunia melakukan aktivitas ini dengan berbagai tujuan. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan atau menyalurkan hobi.

Memang harus diakui bahwa aktivitas olahraga ini sangatlah menyenangkan. Banyak juga orang orang yang mengandalkan aktivitas ini untuk melepaskan stress. Dengan kata lain olahraga merupakan salah satu sarana rekreasi dan hiburan.

Namun, olahraga bukan hanya dilakukan untuk melatih aktivitas tubuh seseorang saja, melainkan juga secara rohani, misalnya olahraga catur. Banyak sekali berbagai keterampilan olahraga yang ada di dunia ini.

Olahraga pada dasarnya sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. dengan melakukan aktivitas tersebut, maka metabolisme tubuh akan menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh akan berlangsung lebih lancar.

Olahraga sendiri juga merupakan salah satu ajang yang dilakukan untuk membina hubungan dengan Negara asing, misalnya SEA GAMES atau ajang olahraga internasional lainnya. Kita sendiri teah mendapatkan dasar dari olahraga melalui pelajaran penjaskes sewaktu kita duduk di bangku sekolah.

Melalui pelajaran tersebut, diharapkan agar kita mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis  yang seimbang.

  • Hal penting dalam kebugaran jasmani

 

Pada dasarnya, ada 3 hal penting yang berhubungan dengan kebugaran jasmani, yaitu :

-         Fisik, berkenaan dengan otot, tulang, dan bagian lemak.

-         Fungsi Organ, berkenaan dengan efisiensi sistem jantung, pembuluh   darah, danpernapasan (paru – paru).

-         Respon Otot, berkenaan dengan kelenturan, kekuatan, kecapatan,    dan kelemahan.

Inilah uraian singkat mengenai pengertian kebugaran jasmani, semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Oct
3
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin