Pengertian Kebutuhan Manusia yang Tak Terbatas | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengertian Kebutuhan Manusia yang Tak Terbatas

Pengertian Kebutuhan Manusia yang Tak Terbatas

 

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang ada di muka bumi. Pada dasarnya manusia memerlukan sesuatu untuk terus bertahan hidup. Manusia tidak akan mungkin dapat melangsungkan kehidupannya tanpa adanya kebutuhan.

Memang benar, banyak sekali ragam jenis dari segala kebutuhan manusia itu. Masing-masing individu pada dasarnya juga memerlukan segala sesuatu yang berbeda pula. Misalnya petani membutuhkan cangkulnya dan siswa membutuhkan peralatan tulis.

Bagi siswa, cangkul tidak mempunyai nilai guna, meskipun dianggap penting oleh petani. Begitu pula dengan petani yang menganggap bahwa peralatan tulis tidak mempunyai nilai guna yang baik bagi kehidupan mereka.

Pada dasarnya, kebutuhan manusia itu bersifat tidak terbatas. Mungkin sebagian besar dari anda sudah mengetahui pengertian kebutuhan manusia yang tak terbatas dengan baik, namun mungkin ada juga yang belum mengetahuinya.

Sesuai dengan judul yang ada, di dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian kebutuhan manusia yang tak terbatas. Secara harafiah sebenarnya kebutuhan diartikan sebagai hasrat atau keinginan yang timbul di dalam diri manusia dan jika tidak terpenuhi maka dapat mempengaruhi kelangsungan hidup manusia.

Bagaimana jadinya kelangsungan hidup manusia itu ? Bukankah kebutuhan manusia itu sendiri bersifat tidak terbatas ? Untuk lebih jelas mengenai pengertian kebutuhan manusia yang tak terbatas, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  1. 1.      Pengertian kebutuhan manusia yang tak terbatas

 

Pada dasarnya, kebutuhan manusia dikatakan sebagai tidak terbatas karena alat pemuas yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan manusia itu tidak cukup atau dengan kata lain tidak sebanding dengan kebutuhan manusia.

Kurangnya alat pemuas ini kemudian akan menyebabkan terjadinya masalah ekonomi yang kita kenal dengan kelangkaan. Kelangkaan disini bukan berarti bahwa sumber daya, baik manusia ataupun alam tidak ada sama sekali.

Melainkan kelangkaan tersebut membuat sumber daya menjadi lebih sulit untuk didapatkan atau diperoleh dan manusia harus mengeluarkan pengorbanan lebih besar lagi untuk mendapatkan sumber daya tersebut.

Pada umumnya, pengorbanan tersebut berupa materi atau uang. Namun, bisa dikatakan juga bahwa pengertian kebutuhan manusia yang tak terbatas berdasar pada sifat bawaan manusia itu sendiri, yaitu rasa tidak pernah puas terhadap segala sesuatu yang didapatkannya.

Bisa juga karena faktor dari luar diri manusia itu, misalnya tingkat pendapatan yang semakin tinggi, menyesuaikan diri terhadap lingkungan alam dan lingkungan social, kemajuan teknologi yang begitu pesat, perdangangan internasional, kebudayaan dan agama.

Jika ditelusuri satu per satu, maka topik mengenai pengertian kebutuhan manusia yang tak terbatas ini tidak akan ada habisnya, mengingat manusia merupakan makhluk yang bebas dan bisa melakukan segala sesuatu.

Oleh karena berbagai faktor diatas dan kurangnya sumber daya yang tersedia, maka dapat dikatakan bahwa kebutuhan manusia itu tidak ada batasannya. Namun, terlepas dari semua itu manusia tetap membutuhkan kebutuhan yang paling penting dalam dirinya.

Kebanyakan di antara kita menyebutnya sebagai kebutuhan pokok. Dikatakan sebagai kebutuhan pokok karena tanpa adanya barang dan jasa tersebut maka manusia tidak bisa melangsungkan kehidupannya dengan baik.

  1. 2.      Macam-macam kebutuhan

 

Pada dasarnya, banyak sekali kebutuhan manusia itu. Namun, beberapa macam kebutuhan ada yang dikelompokkan menjadi satu golongan, di antaranya adalah :

  • Berdasarkan intensitasnya

 

Berdasarkan intensitasnya, kebutuhan manusia dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu :

-          Kebutuhan primer yang merupakan kebutuhan pokok manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Contohnya adalah papan, sandang dan pangan

-          Kebutuhan sekunder yang merupakan kebutuhan yang bisa dipenuhi ketika kebutuhan primer sudah dilengkapi

-          Kebutuhan tersier yang merupakan kebutuhan akan barang mewah.

  • Berdasarkan sifat

 

Berdasarkan sifatnya, kebutuhan manusia terbagi dalam :

-          Kebutuhan jasmani yang diperlukan untuk tubuh atau jasmani manusia, misalnya makanan, minuman dan lainnya

-          Kebutuhan rohani yang diperlukan untuk kejiwaan manusia, bisa diperoleh dengan cara beribadah

  • Berdasarkan waktu

 

Berdasarkan waktunya, kebutuhan manusia dibagi dalam :

-          Kebutuhan sekarang yang harus dipenuhi pada saat itu juga, misalnya obat

-          Kebutuhan akan datang yang bisa dipenuhi di masa akan datang, misalnnya asuransi jiwa

 


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
16
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin