Pengertian Laba Usaha Yang merupakan Berbeda Dari Laba Ekonomi | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengertian Laba Usaha Yang merupakan Berbeda Dari Laba Ekonomi

Pengertian Laba Usaha Yang merupakan Berbeda Dari Laba Ekonomi

 

Laba usaha pastinya bukan lagi hal yang baru dan asing bagi kita semua. Kita semua pasti mengetahui apa itu laba usaha dengan baik. Pada dasarnya, setiap pelaku ekonomi mengetahui pengertian laba usaha dan bagaimana cara untuk mendapatkannya.

Secara sederhana, bisa dikatakan bahwa laba usaha merupakan keuntungan yang kita peroleh melalui suatu usaha yang kita lakukan. Namun, tentunya tidak mudah untuk memperoleh laba usaha tersebut, karena ada berbagai resiko dalam memperolehnya.

Pada umumnya, setiap orang melakukan kegiatan ekonomi dengan tujuan untuk memperoleh penghasilan yang digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Begitu pula dengan laba usaha, setiap perusahaan yang bersifat swasta pastinya bertujuan khusus untuk mencari laba sebesar-besarnya.

Namun, secara ekonomi laba usaha diartikan sebagai pendapatan perusahaan yang dikurangi dengan biaya eksplisit atau biaya akuntansi perusahaan. Laba usaha juga berbeda dengan laba ekonomi, dimana laba ekonomi merupakan pendapatan perusahaan yang dikurangi dengan biaya eksplisit dan implicit.

Selain itu, menurut Commite of Terminology, laba didefinisikan sebagai jumlah yang berasal dari pengurangan harga pokok produksi, biaya lain dan kerugian dari penghasilan atau penghasilan operasi.

Sedangkan menurut Soemarno SR, angka terakhir yang terdapat dalam laporan laba rugi adalah laba bersih, dimana jumlah ini merupakan kenaikan bersih terhadap modal dan jika perusahaan berada dalam keadaan rugi, maka laporan laba ruginya adalah net loss.

Sementara Smith Skousen berpendapat bahwa laba bersih merupakan perbedaan antara jumlah pendapatan yang diperoleh oleh suatu satuan usaha selama periode tertentu dan jumlah biaya yang dapat diaplikasikan kepada pendapat.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian laba usaha, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Konsep laba

 

Konsep laba menurut Sofyan Syafri. H dalam buku teori akuntansi adalah sebagai berikut :

-         Physical income atau konsumen barang atau jasa pribadi yang sebenarnya memberikan kesenangan fisik dan pemenuhan kebutuhan. Laba jenis ini tidak bisa diukur, karena kepuasan manusia juga tidak bisa dukur

-         Real income atau ungkapan kejadian yang memberikan peningkatan terhadap kesenangan fisik. Ukuran yang dapat digunakan dalam real income adalah biaya hidup atau dengan kata lain kepuasan timbul dari kesenangan fisik yang timbul dari keuntungan serta diukur dengan pembayaran uang yang dilakukan untuk membeli barang dan jasa sebelum atau sesudah dikonsumsi

-         Money income yang merupakan hasil uang yang diterima dan dimaksudkan untuk konsumsi dalam memenuhi kebutuhan hidup.

  • Laba dan akuntansi

 

Pada umumnya, laba usaha sangat berkaitan erat dengan teori akuntansi. Di dalam akuntansi, sebenarnya laba lebih merujuk pada konsep FASB yang disebut sebagai laba komprehensif atau kenaikan asset bersih selain yang berasal dari transaksi dengan pemilik.

Sedangkan earning adalah laba yang diakumulasikan selama beberapa periode atau kenaikan ekuitas suatu perusahaan yang disebabkan karena adanya aktivitas operasi ataupun aktivitas di luar usaha selama periode tertentu.

Di dalam laba akuntansi juga terdapat beberapa komponen atau kombinasi, misalnya laba kotor, laba usaha, laba sebelum pajak dan laba sesudah pajak. Sehingga dalam menentukan besarnya laba akuntasi, investor dapat melihat perhitungan laba sesudah pajak.

Laba akuntansi pada dasarnya juga merupakan ukuran yang baik dari kinerja suatu perusahaan dan dapat digunakan untuk meramal arus kas di masa yang akan datang. Pada umumnya, laba akuntansi dalam berbagai interpretasinya diharapkan dapat digunakan sebagai :

-         Indicator efisiensi penggunaan dana yang tertanam dalam perusahaan dan diwujudkan dalam bentuk pengembalian atas investasi

-         Pengukur prestasi atau kinerja badan usaha dan manajemen

-         Sebagai dasar penentuan besarnya pengenaan pajak

-         Sebagai alat pengendalian terhadap sumber daya ekonimik dari suatu Negara

-         Sebagai dasar penentuan dan penilaian atas kelayakan tarif  dalam perusahaan publik

-         Sebagai alat pengendalian terhadap debitor dalam kontrak hutang

-         Sebagai dasar dari dilakukannya kompensasi atau juga pembagian bonus

-         Sebagai alat motivasi manajemen dalam mengendalikan perusahaan

-         Sebagai dasar atau acuan dalam pembagian dividen.

Inilah sekilas mengenai pengertian laba usaha. Semoga bermanfaat


Posted by Tags: 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
21
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin