Pengertian Massa, Panjang dan Waktu Pentinf Untuk Teori Fisika | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengertian Massa, Panjang dan Waktu Pentinf Untuk Teori Fisika

Pengertian Massa, Panjang dan Waktu Pentinf Untuk Teori Fisika

 

ilmu fisika

Mungkin pengertian massa, panjang dan waktu bukan lagi hal yang baru bagi kita semua. Hampir setiap harinya kita mendengar istilah ini dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga istilah ini sangat identik dengan pengukuran.

Proses pengukuran dalam kehidupan sehari-hari amatlah penting. Pengukuran ini sendiri juga merupakan salah satu bahan kajian fisika yang merupakan ilmu yang mempelajari mengenai alam semesta dalam makna terluas.

Fisika sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu fysikos yang berarti alamiah dan fysis yang berarti alam. Fisika sendiri mempelajari mengenai gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup waktu dan ruang.

Para ahli fisika sendiri mempelajari mengenai perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.

Selain itu, fisika juga sangat erat kaitannya dengan ilmu matematika. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya teori fisika yang dinyatakan dalam notasi matematika. Matematika yang digunakan dalam bidang fisika juga lebih rumit dibandingkan demgan matematika yang digunakan dalam bidang sains lainnya.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian massa, panjang dan waktu, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Massa

 

Massa atau yang lebih sering disebut sebagai berat merupakan suatu sifat fisika dari suatu benda yang digunakan untuk menjelaskan berbagai perilaku objek yang terpantau. Dalam kehidupan sehari-hari, massa sering disebut sebagai berat.

Akan tetapi, menurut pemahaman ilmiah modern berat dari suatu objek diakibatkan karena adanya interaksi massa dengan medan gravitasi. Tubuh manusia sendiri dilengkapi dengan berbagai indra perasa yang membuat kita dapat merasakan berbagai fenomena yang diasosiasikan dengan massa.

Penginderaan sendiri merupakan bagian dari pemahaman kita mengenai massa, namun tidak ada satupun yang secara penuh dapat mewakili konsep abstrak massa. Hal ini karena konsep massa sebenarnya tidak berasal dari penginderaan, melainkan berasal dari gabungan beberapa pengalaman manusia.

Konsep massa sendiri diperkenalkan oleh Isaac Newton dalam penjelasan gravitasi dan inersia yang dikembangkannya. Sebelumnya, berbagai fenomena gravitasi dan inersia dipandang sebagai dua hal yang berbeda dan tidak berhubungan. Namun Newton menggabungkan fenomena tersebut dan menyatakan bahwa fenomena tersebut terbentuk karena adanya massa.

Alat yang biasanya digunakan untuk mengukur massa adalah timbangan dan dalam satuan SI massa diukur dalam satuan kilogram atau disingkat sebagai kg.

  • Panjang

 

Panjang merupakan dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antara ujung dengan ujung. Secara umum, panjang ini sendiri dapat dibagi ke dalam tinggi, yaitu jarak vertical atau lebar yang merupakan jarak dari satu sisi ke sisi lainnya yang diukur pada sudut tegak lurus terhadap panjang benda.

Dalam ilmu fisika dan teknik, kata panjang biasanya digunakan secara sinonim dengan jarak atau simbol L atau length. Panjang sendiri juga bisa diartikan sebagai ukuran satu dimensi, sedangkan luas adalah ukuran dua seperempat dimensi dan volume adalah ukuran tiga dimensi.

Alat yang biasanya digunakan untuk mengukur panjang haruslah sesuai dengan ukuran benda tersebut.  Untuk mengukur panjang suatu benda atau objek, kita bisa menggunakan beberapa alat, misalnya penggaris, jangka sorong atau micrometer sekrup.

Mistar sendiri mempunyai ketelitian 1 mm atau 0,1 cm dan jangka sorong memiliki ketelitian 0,1 mm atau 0,01 cm dan micrometer sekrup mempunya ketelitian 0,01 mm atau 0,001 cm.

  • Waktu

 

Secara umum waktu diartikan sebagai seluruh rangkaian saat ketika diproses, perbuatan atau keadaan atau berlangsung. Dalam hal ini skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan atau kejadian atau bisa juga lama berlangsungnya suatu kejadian.

Adapun beberapa jenis pengukuran jam atau waktu, yaitu jam matahari, jam digital dan jam analog. Skala ukuran waktu sendiri diukur dengan satuan detik, menit, jam, hari, pekan, bukan, tahun, windu, decade, abad, millennium dan seterusnya.

Untuk mengukur skala waktu yang berlangsung, kebanyakan orang menggunakan satuan mili detik, mikro detik, nano detik, piko detik dan lainnya.

Inilah sekilas mengenai pengertian massa, panjang dan waktu. Semoga dapat bermanfaat


Posted by Tags: , 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
27
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin