Pengertian Neraca Lajur Dalam Aktivitas Ekonomi Yang Sering Digunakan | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengertian Neraca Lajur Dalam Aktivitas Ekonomi Yang Sering Digunakan

Pengertian Neraca Lajur Dalam Aktivitas Ekonomi Yang Sering Digunakan

 

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia pasti akan melakukan aktivitas ekonomi, baik itu memperjual belikan barang atau jasa, mengonsumsi barang atau jasa, bekerja dan lainnya. Semua hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Salah satu disiplin ilmu yang berkaitan dengan hal tersebut adalah akuntansi. Hal ini karena pada dasarnya akuntansi mencatat segaka transaksi atau aktivitas tang berhubungan dengan uang atau materi tidak pedulu seberapa besar dan kecilnya.

Secara umum, akuntansi diartikan sebagai pengukuran, penjabaran, atau pemberian informasi, khususnya informasi keuangan yang berguna untuk beberapa pihak, seperti manajemen, investor, kreditor dan lainnya untuk mengambil keputusan yang tepat.

Akuntansi juga sering disebut sebagai bahasa bisnis karena pada dasarnya akuntansi ini sendiri berhubungan dengan bisnis keuangan setiap harinya. Semakin baik kita mengerti bahasa bisnis tersebut, maka semakin baik pula keputusan yang bisa kita buat.

Faktanya, akuntansi sangat menekankan pada sistem pembukuan secara berpasangan dan sistem ini paling tidak menekankan pada dua masukkan pada setiap transaksi yang terjadi, yaitu sisi debit dan sisi kredit.

Jumlah keseluruhan dari debit harus sama atau seimbang dengan jumlah yang berada di sisi kredit. Cara ini akan mempermudah pada saat proses pemeriksaan untuk mencari kesalahan. Cara ini pertama kali diketahui dan digunakan pada abad pertengahan di Eropa, meskipun ada yang berpendapat bahwa cara ini sudah digunakan sejak jaman Yunani kuno.

Akuntansi bisa dikatakan merupakan sebuah seni yang berdasarkan pada logika matematik. Dalam prakteknya, seorang akuntan akan sangat terbantu jika menggunakan beberapa alat akuntansi. Misalnya neraca, buku besar, jurnal dan neraca lajur atau yang sering kita sebut sebagai worksheet.

Sebenarnya, pembuatan neraca lajur atau worksheet ini bukanlah ketentuan yang harus dilakukan, karena pada dasarnya neraca lajur berasal dari neraca saldo, jurnal penyesuaian, laporan laba rugi.

Neraca lajur ini sebenarnya dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan akuntan. Dengan membuat neraca lajur, maka kesalahan atau ketidakseimbangan akun bisa ditemukan dengan mudah.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian neraca lajur, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Pengertian neraca lajur

 

Pada dasarnya, pengertian neraca lajur secara akuntansi adalah merupakan suatu kertas kerja yang berkolom-kolom untuk memudahkan dalam proses pembuatan penyesuaian dalam penyusunan laporan keuangan.

Selain itu, neraca lajur juga sering diartikan sebagai kumpulan kertas, baik di dalam komputer. Sekarang ini, aplikasi akuntansi juga bisa diterapkan dalam komputer karena sudah banyak software pendukung yang diciptakan.

Di dalam neraca lajur ini juga terdapat berbagai jurnal yang digabungkan, misalnya jurnal penyesuaian yang terdapat akun-akun yang telah disesuaikan jumlahnya. Selain itu, ada juga laporan laba rugi yang merupakan iktishar mengenai pendapatan dan beban suatu perusahaan pada periode tertentu.

  • Bentuk neraca lajur

 

Pada umumnya, neraca lajur berbentuk berkolom-kolomg dan biasanya terdapat 10 kolom. Biasanya neraca lajur ini digunakan untuk mempermudah seorang akuntan dalam rangka menyusun laporan keuangan.

Selain itu, neraca lajur juga dapat meringkas data, baik data neraca saldo ataupun data penyesuaian. Dalam menyusun laporan keuangan yang baik, diperlukan beberapa komponen penyusunnya, yaitu neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan laporan arus kas.

Neraca sendiri merupakan suatu daftar sistematis yang memuat informasi mengenai aktiva, utang dan modal dari suatu perusahaan pada akhir periode tertentu. Neraca juga disebut sebagai daftar yang sistematis karena disusun berdasarkan urutan tertentu.

Dalam jumlah akhir neraca kita bisa mengetahui kekayaan perusahaan, kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban dan kemampuan perusahaan untuk mendapatkan pinjaman dari bank.

Selain itu, ada laporan laba rugi yang di dalamnya terdapat pendapatan dan beban dari suatu perusahaan pada akhir periode tertentu. Dengan mengetahui hasil akhir dari laporan ini, maka kita bisa mengetahui bahwa perusahaan mengalami laba atau rugi.

Adapun laporan perubahan modal yang menunjukkan perubahan modal untuk suatu periode tertentu dan melalui laporan ini kita bisa mengetahui berbagai penyebab terjadinya perubahan modal selama periode tertentu.

Inilah sekilas mengenai pengertian neraca lajur. Semoga bermanfaat

 


Posted by Tags: 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
26
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin