Pengertian Neraca Saldo Atau Trial Balance | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengertian Neraca Saldo Atau Trial Balance

Pengertian Neraca Saldo Atau Trial Balance

 

pengertrian neraca saldo

Neraca saldo atau yang sering disebut sebagai trial balance merupakan salah satu dari bentuk laporan keuangan yang sangat penting dan diperlukan oleh perusahaan, khususnya bagian manajemen untuk mengambil keputusan yang tepat.

Mungkin pengertian neraca saldo ini masih cukup asing bagi kebanyakan dari kita. Namun, sebenarnya pengertian neraca saldo ini merupakan bahasa sehari-hari atau bahasa yang sangat sering digunakan, khususnya bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia akuntansi.

Bagi akuntan atau praktisi dari ilmu akuntansi ini, neraca saldo merupakan kegiatan atau laporan yang harus disusun untuk menunjukkan posisi keuangan dari suatu perusahaan. Akuntansi sendiri merupakan suatu disiplin ilmu social yang sudah banyak dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari guna untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Praktek akuntansi ini sudah bisa kita rasakan di segala bidang dan aspek kehidupan. Secara umum, akuntansi diartikan sebagai pengukuran, penjabaran, pengelompokkan mengenai informasi, khususnya keuangan yang dapat membantu berbagai pihak dalam mengambil keputusan.

Oleh karena itu, setiap aktivitas ekonomi yang melibatkan uang atau materi, biasanya akan dicatat secara terperinci dan lengkap di dalam akuntansi. Dalam prakteknya, seorang akuntan biasanya dibantu dengan beberapa alat akuntansi.

Misalnya buku besar, jurnal khusus, jurnal umum, buku besar umum dan pembantu, neraca lajur, dan termasuk neraca saldo ini sendiri. Setiap perusahaan, baik perusahaan dagang atau jasa biasanya juga memerlukan neraca saldo ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali transaksi yang terjadi di perusahaan dagang, sehingga siklus akuntansi yang ada dalam perusahaan dagang biasanya lebih rumit dan kompleks dibandingkan dengan perusahaan jasa.

Namun, pada kenyataanya perusahaan jasa juga menggunakan neraca saldo untuk membantu aktivitas keuangan mereka. Jadi, sebenarnya apa itu neraca saldo ? Untuk lebih jelas mengenai pengertian neraca saldo, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Pengertian neraca saldo

 

Setelah kita mengetahui begitu pentingnya keberadaan neraca saldo dalam pelaporan keuangan dari suatu perusahaan, tentunya kita ingin mengetahui pengertian neraca saldo itu sendiri. Pada dasarnya, neraca saldo berarti sebuah daftar yang berisi saldo-saldo sementara setiap akun buku besar pada periode akuntansi tertentu.

Pertanyaannya, kapan neraca saldo ini perlu disusun ? Sebenarnya, neraca saldo ini biasanya disusun pada akhir periode akuntansi yang bertujuan untuk memeriksa kesamaan antara jumlah saldo yang tercantum di dalam debit dan jumlah saldo yang terdapat dalam sisi kredit.

  • Bentuk neraca saldo

 

Pada umumnya, neraca saldo berbentuk seperti sebuah daftar yang di dalamnya akan tercantum nama perusahaan, periode akuntansi dan format yang berbentuk lajur atau kolom yang terdiri dari nomor akun, akun, sisi debit dan sisi kredit.

Neraca ini sendiri merupakan langkah awal untuk menyusun laporan laba rugi, buku besar, laporan perubahan modal hingga ke laporan keuangan. Neraca juga sering disebut sebagai laporan posisi keuangan.

Bagi anda yang masih berpikir bahwa praktek akuntansi hanya diperlukan oleh perusahaan besar saja, sebaiknya anda rubah pemikiran anda, karena pada dasarnya akuntansi tidak memandang besar atau kecilnya jenis suatu usaha.

Neraca saldo juga biasanya mempunyai susunan rekening yang disusun secara berurutan yang dimulai dari aktiva lancar, aktiva tetap, aktiva lain-lain, hutang lancar, hutang tidak lancar atau jangka panjang, ekuitas atau modal, pendapatan operasi, pendapatan non operasi, beban operasi dan beban non operasional.

  • Fungsi neraca saldo

 

Pada dasarnya, neraca saldo ini disusun dengan tujuan untuk memastikan bahwa buku besar secara sistematis memiliki jumlah saldo yang sama atau akurat. Dengan kata lain, jumlah saldo yang berada pada sisi debit harus sama dengan yang ada dalam sisi kredit.

Namun, perlu anda ingat bahwa keseimbangan tersebut bukan berarti bahwa catatan akuntansi tersebut telah akurat. Neraca saldo juga berguna dalam penyusunan laporan keuangan. Laporan keuangan ini sendiri terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas.

Laporan laba rugi merupakan laporan yang di dalamnya terdapat pendapatan dan beban dari suatu perusahaan pada periode akuntansi.

Inilah sekilas mengenai pengertian neraca saldo. Semoga bermanfaat

 

 


Posted by Tags: 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
24
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin