senam ketangkasan

Senam ketangkasan sendiri merupakan suatu bentuk latihan tubuh yang diatur dengan sedemikian rupa sehingga menjadi kesatuan gerak yang beraturan serta juga berkesinambungan. Senam ketangkasan ini merupakan senam yang memakai alat-alat untuk melakukan senamnya sendiri, berbeda dengan senam lantai yang hanya dilakukan di lantai, tetapi untuk gerakan-gerakan dari senam lantai dan juga senam ketangkasan ini memiliki beberapa kesamaan dalam gerakan-gerakan tersebut.

Senam ketangkasan sendiri merupakan suatu olahraga yang sangat mengandalkan kelenturan dari tubuh kita sendiri, karena seperti yang kita tahu dalam olahraga ini, kita banyak melihat gerakan-gerakan yang tidak bisa dilakukan tanpa adanya latihan khusus, hal ini bisa saja seperti melakukan gerakan lenting tangan secara perlahan ataupun dengan gerakan guling lenting, tentu saja semua itu perlu teknik khusus dan juga pembelajaran yang terus menerus dari orang-orang yang mengikuti olahraga senam ketangkasan ini.

Dalam senam ketangkasan ini banyak sekali gerakan yang bisa dipelajari didalamnya, dalam hal ini para atlet yang melakukan senam ketangkasan ini tidak harus melakukan teknik yang sudah ada, tetapi bisa juga menggunakan kreasi mereka sendiri, walaupun pada umumnya para atlet sendiri sering mengikuti teknik umum dari senam ketangkasan sendiri, hal ini dikarenakan untuk melanjutkan sejarah yang telah ada dari senam ketangkasan ini dan untuk menjaga sejarah yang telah ada sejak zaman yang dahulu.

Senam ketangkasan ini sendiri memiliki beberapa cirri-ciri dan kaidah didalamnya, dalam senam ketangkasan tersebut gerakan-gerakan yang ada pada senam tersebut dibuat ataupun diciptakan dengan sengaja, yang kedua gerakan tersebut harus selalu berguna untuk mencapai tujun tertentu, hal ini dapat meningkatkan kelenturan, memperbaiki sikap dan gerak ataupun keindahan tubuh, menambah keterampilan, meningkatkan keindahan gerak dan juga dapat meningkatkan kesehatan dari tubuh kita sendiri dan yang terakhir adalah gerakannya tersebut harus selalu tersusun dan juga secara sistematis. Hal-hal ini sendiri harus selalu diikuti dalam olahraga senam ketangkasan sendiri.

  • Pengertian Senam Ketangkasan

Senam ketangkasan ini sendiri memiliki beberapa pengertian yang dibuat sesuai dengan yang telah ada. Senam ketangkasan itu sendiri merupakan beberapa rangkain dari gerakan-gerakan yang dibuat dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat, dimana gerakan ini dibuat dari tahap lanjutan gerakan yang ada pada senam lantai sendiri, jadi dapat dibilang bahwa senam ketangkasan ini sendiri hampir sama dengan senam lantai.

Senam ketangkasan ini pun pada dasarnya lebih sering menggunakan alat sebagai tempat bantu untuk melakukan olahraga senam ini sendiri, seperti yang kita tahu seperti halnya gerakan-gerakan yang ada pada senam ketangkasan ini sendiri sangat perlu adanya alat untuk melakukan olahraga ini. Tentu saja teknik harus benar-benar dikuasai untuk melakukan senam ini, jika tidak maka gerakan yang dibuat pun tidak akan menjadi baik dan benar, sehingga diperlukan gerakan-gerakan dengan teknik yang sangat baik pada senam ketangkasan tersebut.

Senam ketangkasan ini sendiri memiliki beberapa gerakan yang pada umumnya bisa kita lihat dalam beberapa event yang dilakukan dalam suatu pertandingan ataupun dalam suatu event-event lainnya. Di Sekolah sendiri pun kita sering melihat adanya gerakan-gerakan ini dibuat dan sering ada pada saat penilaian pada saat pengambilan nilai olahraga, dimana pada saat kita berada ataupun duduk pada bangku sekolah, kita dapat melihat adanya latihan yang sering diajarkan oleh guru olahraga kita, dan pada saat itu juga dengan beberapa latihan yang diajarkan kita langsung mengambil nilai olahraga, untuk gerakan yang biasa dipelajari sendiri adalah seperti gerakan head spring diatas peti lompat.

Senam ketangkasan ini sendiri merupakan senam yang berkelanjutan dari beberapa gerakan senam lantai sendiri, karena seperti yang kita tahu senam lantai sendiri juga memerlukan beberapa gerakan untuk melakukannya, sehingga kita dapat tahu bahwa beberapa gerakan yang ada pada senam ketangkasan merupakan tahap yang berkelanjutan dari senam lantai, sehingga kita dapat lebih dulu mempelajari berbagai macam senam lantai agar nantinya kita dapat lebih mudah untuk mempelajari gerakan-gerakan yang ada pada senam ketangkasan sendiri.