Pengertian Pasar Input Sebagai kegiatan Ekonomi | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengertian Pasar Input Sebagai kegiatan Ekonomi

Pengertian Pasar Input Sebagai kegiatan Ekonomi

 

Pasar merupakan tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan sebuah transaksi atau jual beli. Secara umum, peryataan tersebut merupakan peryataan umum untuk memberikan arti dari sebuah tempat yang disebut sebagai pasar.

Namun, tahukah anda bahwa sebenarnya kajian mengenai pasar ini dikaji secara langkap dalam sebuah bidang ilmu yang disebut sebagai ekonomi. Kata ekonomi ini sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti rumah tangga atau keluarga dan nomos yang berarti peraturan atau hukum.

Jadi, secara singkat ekonomi diartikan sebagai peraturan rumah tangga atau manajemen keluarga. Memang pasar bukan lagi tempat baru bagi kita semua. Tempat ini merupakan tempat untuk memenuhi segala kebutuhan manusia.

Secara khusus, pasar diartikan sebagai tempat bertemunya permintaan dan penawaran yang dipengaruhi oleh harga barang atau kuantitas barang tersebut. Pasar juga sering disebut sebagai tempat pertukaran antara barang dan jasa dengan nilai tukar yang sah atau uang.

Mungkin kita semua sudah mengenal banyak sekali pasar, misalnya pasar tradisional atau pasar modern. Pasar tradisional merupakan pasar yang menjual kebutuhan sehari-hari, misalnya bahan makanan. Proses pertukaran terjadi secara langsung dan juga bisa disertai dengan tawar menawar.

Berbeda dengan pasar modern yang menjual berbagai kebutuhan manusia, namun proses transaksi tidak terjadi secara langsung dan tidak bisa dilakukan tawar menawar. Contoh dari pasar ini adalah hypermart.

Namun, bagaimana dengan pengertian pasar input itu ? Mungkin jenis pasar yang satu ini masih agak asing. Pada umumnya, pasar input merupakan jenis pasar yang menyediakan faktor produksi yang terdiri dari alam, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan.

Pasar ini sebenarnya berwujud kegiatan, buka dalam bentuk fisik. Biasanya permintaan atau penawaran juga dilakukan dalam jumlah yang besar. Jenis permintaan dan penawaran sesuai dengan produk yang dihasilkan.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian pasar input, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.      Macam-macam pasar input

 

Pada dasarnya, ada beberapa macam pasar input, di antaranya adalah :

  • Sumber daya alam

 

Salah satu faktor produksi penting yang dibutuhkan oleh manusia adalah sumber daya alam yang meliputi semua permukaan dan semua yang terkandung di dalamnya. Balas jasa yang diterima dari sumber daya alam, misalnya tanah adalah sewa.

Harga dan jumlah permintaan tanah ini juga beragam, tergantung pada kondisi tertentu, seperti kesuburan, letak dan besarnya. Permintaan untuk sumber daya yang satu ini sangat tinggi, karena semakin lama industry semakin berkembang, sedangkan tanah itu sendiri terbatas jumlahnya.

  • Tenaga kerja

 

Faktor produksi yang satu ini dibutuhkan oleh berbagai industry untuk menghasilkan barang atau jasa. Imbalan yang diterima dari tenaga kerja adalah gaji atau upah. Pasar tenaga kerja mempertemukan permintaan dan penawaran tenaga kerja sehingga bisa dicapai keseimbangan.

  • Modal

 

Merupakan barang-barang atau prasarana yang bisa digunakan untuk menghasilkan barang lain. Pasar ini mempertemukan permintaan modal dengan berbagai penawaran modal dari berbagai pihak.

  • Kewirausahaan

 

Merupakan usaha jual beli atau memproduksi barang atau jasa dengan tujuan untuk mencari laba atau keuntungan.

  1. 2.      Pasar menurut wujudnya

 

Selain pasar input, adapun pasar menurut wujudnya, yaitu :

  • Pasar konkret

 

Merupakan pasar yang lokasinya atau tempatnya bisa dilihat dengan kasat mata dan bisa dipegang atau dirasakan. Misalnya toko-toko atau kios. Selain itu, produk atau barang yang diperjual belikan di dalam pasar ini juga bisa dilihat wujudnya dengan kasat mata dan kita dengan mudahnya bisa membedakan antara penjual dan pembeli.

  • Pasar abstrak

 

Pasar ini merupakan pasar yang lokasi atau tempatnya tidak bisa kita lihat dengan kasat mata, hal ini karena penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Biasanya proses penjualan dilakukan melalui media internet, pemesanan telepon atau cara lain.

Selain itu, barang yang diperjual belikan juga tidak dapat dilihat dengan kasat mata, namun pada umumnya melalui brosur, rekomendasi dan lainnya. Bisa dikatakan sulit untuk membedakan penjual dan pembelinya.

Inilah sekilas mengenai pengertian pasar input. Semoga bermanfaat


Posted by Tags: 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
21
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin