Pengertian dan Pentingnya Keterbukaan dan Keadilan | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Pengertian dan Pentingnya Keterbukaan dan Keadilan

Pengertian dan Pentingnya Keterbukaan dan Keadilan

 

keadilan

Istilah keadilan dan keterbukaan ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Kita sering sekali mendengar kedua istilah ini dikaitkan satu sama lainnya, khususnya dalam bernegara dan berbangsa. Pernahkah terlintas dalam benak anda apa itu pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan ?

Kedua istilah ini memang merupakan istilah yang memiliki makna yang relatif. Akan tetapi, secara umum, keadilan dikatakan sebagai kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai suatu hal, baik yang menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan sendiri mempunyai tingkatan kepentingan yang besar.

Akan tetapi, menurut kebanyakan teori juga keadilan itu sendiri belum bisa kita capai dan sebagian besar orang juga percaya bahwa ketidak adilan harus dilawan dan dihukum serta banyaknya gerakan social dan politis di seluruh dunia yang berjuang untuk menegakkan keadilan.

Banyaknya jumlah variasi dan perbedaan mengenai teori keadilan memberikan pemikiran dan gambaran kepada kita bahwa tidak jelas apa yang dituntut dari keadilan dan realita ketidak adilan, karena definisi apakah keadilan itu sendiri tidak jelas.

Sedangkan keterbukaan sendiri diartikan sebagai keadaan yang memungkinkan ketersediaan informasi yang dapat diberikan dan didapatkan oleh masyarakat luas. Sedangkan sikap terbuka adalah sikap yang bersedia untuk menerima pengetahuan atau informasi dan bersedia pula untuk memberitahukannya pada pihak lain.

Keterbukaan atau transparansi merupakan ketersediaan pemerintah untuk senantiasa memberikan informasi factual mengenai berbagai hal yang berkenaan dengan proses penyelenggaraan pemerintah.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Keterbukaan

 

Pada hakikatnya, keterbukaan merupakan perwujudan dari sikap jujur, rendah hati, adil dan mau menerima pemdapat serta kritik dari orang lain. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, keterbukaan diartikan sebagai hal terbuka, perasaan toleransi dan hati hati serta merupakan landasan untuk berkomunikasi.

Adapun beberapa manfaat yang bisa dirasakan dengan menerapkan sikap keterbukaan, di antaranya adalah :

-         Mendorong masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam pemerintahan atau dalam pelaksanaan pembangunan

-         Mendorong masyarakat untuk melakukan kontrol social terhadap setiap kebijaksanaan pemerintah, sehingga terhindarkan dari praktek KKN dalam pemerintahan

Mungkin muncul pertanyaan baru di dalam benak anda, seperti apa itu pemerintah yang terbuka ? Sebenarnya, pemerintah yang terbuka adalah adanya :

-         Transparansi dimana dalam setiap proses atau perencanaan publik harus dilakukan secara terbuka dan jelas

-         Accountable dimana setiap kegiatan yang dilakukan harus dapat dipertanggung jawabkan kepada rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi.

Oleh karena itu, sangat diperlukan sikap keterbukaan dalam masyarakat. sikap keterbukaan tersebut bisa diwujudkan dalam sikap bersedia untuk memberitahukan dan sikap untuk menerima pengetahuan atau informasi dari pihak lain. Sikap ini bisa ditunjukkan dengan memberikan dukungan kepada pemerintah melalui kebebasan pers.

  • keadilan

 

Pada hakikatnya, keadilan merupakan cara memperlakukan seseorang atau pihak lain sesuai dengan haknya. Pada dasarnya, setiap orang memiliki hak, harkat dan martabat  yang sama derajatnya, tanpa dibedakan dari suku, keturunan atau kepercayaan.

Jaminan hakikat keadilan sendiri terletak pada Pancasila, khususnya sila ke II dan ke V serta pada pembukaan UUD 1945 yang tercantum pada alinea ke II dan IV. Adapun teori keadilan menurut Aristotle, di antaranya adalah :

-         Keadilan komutatif yang merupakan perlakuan terhadap seseorang yang tidak melihat jasa jasa yang dilakukannya. Misalnya penegakkan hukum oleh aparat tanpa memandang kedudukan seseorang

-         Keadilan distributive merupakan perlakuan terhadap seseorang sesuai dengan jasa jasa yang telah dilakukannya, misalnya seorang karyawan yang telah bekerja akan menerima gaji atau upah berdasakan peranannya

-         Keadilan kodrat alam yang memberi sesuatu sesuai dengan yang diberikan orang lain kepada kita. Misalnya memperlakukan sesama kita dengan baik

-         Keadilan konvensional yang merupakan keadilan yang didekritkan melalui suatu kekuasaan khusus, misalnya seseorang yang telah menaati segala peraturan perundang undangan yang telah diwajibkan

-         Keadilan berdasarkan teori perbaikan merupakan keadilan yang berkaitan dengan upaya pemulihan atau pengembalian nama baik seseorang yang telah tercemar karena tuduhan tertentu.

Inilah sekilas mengenai pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Comments are closed.

Jun
7
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin