Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan merupakan pendidikan yang berguna untuk pembentukan kepribadian seseorang. Karena pendidikan kewarganegaraan mempelajari tentang bagaimana seseorang menjadi warga negara yang benar dan baik. Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu pelajaran yang penting dan wajib untuk dipelajari. Bisa kita tinjau dari SD hingga Kuliah. Setiap tingkatan sekolah pasti ada pelajaran ini. Apalagi kita berada di negara republik Indonesia yang dikenal bersifat kewarganegaraan. Disetiap tindakan kita harus memiliki pengertian terhadap sesama warga negara. Pendidikan kewarganegaraan ini hampir sama disetiap jenjang pendidikannya. Hanya saja setiap tingkat ada penambahan yang lebih dalam untuk memahaminya. Akan tetapi untuk tingkat perkuliahan nama dari pendidikan kewarganegaraan di ubah menjadi pendidikan pancasila. Pembahasannya tetap sama saja yaitu tentang masalah yang menyangkut sistem bernegara dan tata kehidupan yang selaras dengan norma pancasila dan kehidupan bangsa Indonesia.

Pendidikan kewarganegaraan memberikan pengetahuan kepada kita untuk bagaimana mengerti tentang negara kita. Pendidikan kewarganegaraan berdasarkan undang-undang merupakan pendidikan yang wajib dilaksanakan oleh setiap pelajar. Pemerintah menginginkan seluruh warga negara Indonesia agar menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap dan perilaku cinta tanah air terhadap kebudayaan bangsa, cendekiawan, ikut melakukan hal untuk negara dan peduli akan kesulitan bangsa. Itu merupakan tujuan utama dari pemerintah memberikan undang-undang untuk kewajiban dalam mempelajari pendidikan kewarganegaraan.

Akan tetapi meskipun pelajaran ini sudah dianggap wajib, masih juga banyak pelajar yang malas untuk mempelajarinya. Karena pelajaran ini anggapan mereka sangat membosankan untuk dipelajari. Padahal pelajaran ini untuk kepentingan semua warga negara menurut anggapan pemerintah. Pendidikan ini untuk tingkat perkuliahan hanya dianggap sebagai pelengkap saja. Bisa dilihat dari jumlah efektif belajarnya yang sefikit dibandingkan dengan pelajaran lainnya. Tetapi untuk tingkat SD pendidikan ini salah satu materi pendidikan untuk menentukan kelulusan siswa. Mulai bertolak belakang jika sudah semakin tinggi tingkat sekolahnya. Sebenarnya pelajaran ini sangat penting, karena jika kita tidak mengenal dan mengetahui tentang kewarganegaraan kita sendiri maka kita akan malu bila berhadapan dengan warga-warga negara lainnya. Mereka semua bahkan dengan serius mempelajari pendidikan kewarganegaraan karena kecintaan mereka terhadap negara sendiri. Sampai-sampai mereka pun berani ikut dalam melakukan pertahanan politik dan keamanan. Sangat berbeda jauh dengan di negara Indonesia. Di sini kebanyakan orang acuh tak acuh. Jika dibandingkan dengan negara lain yang hubungan antara negara dan warganya yang saling bekerja sama dengan baik dan benar.

Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan merupakan sebuah pelajaran dasar untuk penyatuan antara warga masyarakat dan pemerintah. Sebagaimana kita warga negara indonesia, kita harus memiliki sikap nasionalis untuk menjadi warga negara yang baik, jujur  dan juga menjadi contoh yang harus diteladani oleh teman-teman, masyarakat bahkan anak cucu kita nanti. Jika pendidikan kewarganegaraan kita sudah benar dan baik maka penyatuan dan kesatuan warga republik Indonesia dengan pemerintah akan menjadi harmonis dan saling bergantungan. Layaknya simbiosis mutualisme, semua sisi mendapatkan keuntungan. Tidak ada yang dirugikan satu sama lainnya.

Hal – hal penting dalam materi pendidikan kewarganegaraan adalah:

  1. Pendidikan kewarganegaraan mengajarkan siswa untuk mampu memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara sopan santun, jujur, dan demokratis serta ihklas sebagai warga negara terdidik dalam kehidupannya selaku warganegara Republik Indonesia yang bertanggung jawab bersama. Ini merupakan hal yang mendasar dalam pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Tanggung jawab sangat penting dalam proses ini.
  2. Dalam pembelajaran ini dibahas lagi tentang bagaimana kita warga negara untuk ikut dalam berpolitik. Karena akan kepedulian terhadap politik kita bangsa Indonesia. Tanpa kekacauan merupakan hal terpenting dalam menjaring hubungan yang baik antara warga dan pemerintah.
  3. Memberikan pengajaran kepada siswa untuk saling memahami sesama warga neraga. Saling tenggang rasa, toleransi dan saling menghormati satu sama lainnya.
  4. Memberikan pengetahuan kepada para siswa dan pelajar mengenai sistem pemerintahan dan tentang peraturan negara yang berlaku baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Juga untuk membuka kesadaran kita akan pentingnya bela dan cinta tanah air. Karena kita hidup disini dan secara bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *