Penulisan tanggal bahasa Inggris dan Pengucapannya | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Penulisan tanggal bahasa Inggris dan Pengucapannya

Penulisan tanggal bahasa Inggris dan Pengucapannya

 

Penulisan tanggal bahasa Inggris dan Pengucapannya

Dalam Negara kita, kita tahu sendiri bahwa tidak susah untuk menuliskan tanggal dalam bahasa Indonesia bukan, tapi lain cerita bukan jika dalam penanggalan bahasa inggris, tentu saja hal ini merupakan suatu yang berbeda dan memiliki aturan sendiri. Menarik untuk dipelajari untuk memperkaya pengetahuan anda tentang budaya dari bangsa lain, tentu saja hal ini sangat menarik karena dapat membuat pengetahuan kita menjadi bertambah dan berkembang bukan, selain juga dapat menggunakan bahasa inggris untuk penulisan maupun percakapan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Bahasa Tulisan

Penyebutan dan penulisan tanggal bahasa inggris dalam bahasa lisan tentu saja berbeda dengan bahasa yang kita tulis biasanya. Perbedaan berikutnya juga dapat kita lihat dalam bahasa inggris British dan Amerika, karena kita sering mendengar dalam hal ucapan dan penulisannya saja mereka sudah mempunyai perbedaan yang cukup signifikan dalam hal conversation. Dalam penulisan bahasa inggris British, hari ditempatkan sebelum bulan, sama dengan bahasa Indonesia. Contohnya adalah seperti 23 October 1980. Ada juga contoh yang tidak lazim dan jarang digunakan sebelumnya, mungkin karena terlalu aneh atau apapun itu, sehingga kita jarang sekali melihat dan menemukannya, contohnya adalah seperti dengan menambahkan akhiran bilangan bertingkat yang berarti ke seperti 1st,2nd,3rd, dst. Juga dapat menggunakan preposisi of yang ditempatkan biasanya sebelum bulan. Contohnya adalah seperti 23rd of October 1980, namun contoh ini sudah jarang sekali digunakan karena tidak umum lagi, dan juga mungkin karena penulisan yang terlihat aneh, sehingga tidak dipakai lagi sampai sekarang.

Inggris – Amerika

Sedangkan untuk penulisan tanggal dalam bahasa inggris Amerika biasanya hanya menggunakan angka dengan menempatkan bulan sebelum tanggal. Orang amerika biasanya menyebut tragedy 9/11 dalam mengistilahkan angka itu dengan peristiwa serangan dari teroris yang tepatnya terjadi pada tanggal 11 September 2001. Padahal penulisan tanggal 9/11 bisa berarti tanggal 9 November dalam bahasa inggris British atau tentu saja dalam bahasa Indonesia yang telah kita ketahui sebelumnya.

Pelajaran yang dapat dipetik dan disimpulkan sementara adalah tidak lazim, artinya disini dalam penulisan tanggal bahasa Inggris British, menaruh bulan di depan tanggal, seperti halnya penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia, tentu saja hal ini sangat berbeda dengan penanggalan tanggal yang ada dalam bahasa Indonesia. Yang kedua adalah berbeda kelaziman yang telah terjadi dalam penulisan bahasa Inggris Amerika yang selalu menempatkan bulan di depan sebelum tanggal dan untuk menghindari kerancuan, maka hal yang sebaiknya dilakuakn adalah jangan hanya menuliskan angka dlaam penulisan tanggal bahasa Inggris. Contohnya adalah sepert September 11, 2001 atau September 11th, 2001 sebagai ganti dari 9/11 yang telah dikatakan tadi tidak wajar dan tidak lazim bukan.

Bahasa Lisan

Dalam percakapan bahasa Inggris, tanggal 4 October 2010 dilafalkan menjadi The fourth October, twi thousand and ten. Berarti dalam penyebutannya itu ada tambahan the sebelum hari/tanggal juga tambahan dari preposisi of di sebelum bulan dan tambahan and di penyebutan tahun. Sedangkan dalam bahasa inggris Amerika yang lazim menaruh bulan di depan sebelum tanggal seperti : October 4, 2010 diucapkan menjadi October fourth, two thousand and ten.

Penyebutan Tahun

Untuk pengucapan tahun dalam bahasa inggris mulai tahun 2000 dan setelahnya tentu saja berbeda dengan penyebutan sebelum tahun 200 dan seterusnya. Hal ini dapat kita lihat pada contoh 2000 dibaca two thousand. 2009 dibaca dengan two thousand and nine. Sedangkan untuk tahun sebelum 2000, tahun dieja dengan memisahkan dua angka pertama sebagai satu bilangan dengan dua angka terakhir sebagai satu bilangan. Tiga angka pertama bisa digabungkan dan dieja menjadi hundred and jika angka terakhirnya itu tidak lebih dari 10, contohnya seperti 1998 dibaca nineteen ninety eight. 1901 dibaca nineteen hundred and one, atau bisa juga dibaca dengan nineteen oh one.

Kemudian untuk membedakan antara sebelum atau sesudah masehi dapat digunakan BC dan AD. BC singkatan dari Before Christ dan AD adalah Anno Domini.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
21
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin