Penyakit Pada Sistem Ekskresi Manusia | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Penyakit Pada Sistem Ekskresi Manusia

Penyakit Pada Sistem Ekskresi Manusia

 

Sistem eksresi pada manusia atau yang sering disebut sebagai sistem pengeluaran merupakan suatu hal yang penting. Coba anda bayangkan bagaimana jadinya tubuh kita jika semua zat yang tidak diperlukan oleh tubuh tidak dilkeluarkan ?

Tentunya akan sangat berbahaya dan kotor sekali bukan ? Oleh karena itu, selain dilengkapi dengan sistem pencernaan, manusia juga diberi sistem pengeluaran untuk mengeluarkan komponen sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Namun, sayangnya sistem ekskresi atau pengeluaran manusia ini juga tidak terlepas dari serangkaian ancaman penyakit. Pasti kebanyakan dari anda sudah tahu seperti apa itu penyakit pada sistem ekskresi manusia.

Salah satu contoh umum adalah batu ginjal. Penyakit ini banyak dialami oleh setiap orang, mulai dari yang muda hingga dewasa, wanita dan pria dan lainnya. Penyakit ini  bisa menjadi sebuah penyakit yang berbahaya jika tidak segera ditangani.

Akan tetapi, sebenarnya masih banyak sekali penyakit pada sistem ekskresi manusia. Pada dasarnya, organ pengeluaran yang dimiliki oleh manusia adalah kulit, ginjal, hati dan paru-paru. Semua organ tersebut sangatlah penting dan tidak ada satupun yang tidak penting.

Semuanya memainkan peran penting yang sudah terkoordinir dengan baik. Untuk lebih jelas mengenai penyakit pada sistem ekskresi manusia, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Batu ginjal

 

Kita semua tentunya tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini. Pada umumnya, batu ginjal dapat terbentuk karena adanya pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal ataupun kandung kemih.

Biasanya, batu ginjal berbentuk seperti kristal yang tidak bisa larut dan mengandung kalsium oksalat, asam urat dan kristal kalsium fosfat. Penyakit ini sebenarnya disebabkan karena kecendurangan mengonsumsi mineral garam dan terlalu sedikit minum air.

Batu ginjal lebih lanjut bisa menyebabkan terjadinya hidronefrosis atau pembesaran pada salah satu ginjal karena urine tidak bisa mengalir keluar. Hal ini sebenarnya disebabkan karena penyempitan aliran ginjal atau tersumbatnya batu ginjal.

Penyakit ini sebenarnya masih bisa diobati. Ada beberapa cara pengobatan yang bisa anda lakukan, misalnya pembedahan dan sinar garam. Kedua metode ini bertujuan utama untuk membuang endapan garam tersebut.

  • Nefritis

 

Merupakan salah satu penyakit pada sistem ekskresi manusia, yang menyerang organ ginjal. Penyakit ini merupakan kondisi dimana bagian glomerus ginjal mengalami kerusakan karena alergi racun kuman. Pada umumnya, penyakit ini disebabkan oleh bakteri streptococcus.

Rusaknya nefron menyebabkan urine masuk kembali ke dalam darah dan penyerapan air menjadi terganggu sehingga timbul pembengkakan pada daerah kaki. Penderita penyakit ini bisa disembuhkan dengan cangkokan ginjal atau cuci darah secara rutin.

  • Gagal ginjal

 

Merupakan salah satu penyakit pada sistem ekskresi manusia yang sangat berbahaya. Penyakit ini merupakan kondisi dimana salah satu ginjal tidak lagi menjalankan fungsinya dengan baik. Kegagalan satu fungsi ginjal ini akan diambil ahli tugasnya oleh ginjal lain.

Namun, penyakit ini mempunyai resiko yang sangat tinggi, karena dapat menyebabkan penimbunan urea dalam tubuh dan kematian.  Penyakit ini bisa diatasi dengan cangkok ginjal atau menggunakan ginjal tiruan sampai ginjal asli kembali berfungsi.

  • Hepatitis

 

Merupakan penyakit pada sistem ekskresi manusia yang menyerang organ hati. Pada umumnya, penyakit ini disebabkan oleh virus. Ada beberapa jenis hepatitis, yaitu hepatitis A dan B. Hepatitis B lebih berbahaya dari pada hepatitis A.

Namun, sekarang ini sudah ada vaksin untuk mencegah penyakit ini. Selain itu, penyakit ini juga bisa disembuhkan dengan pengobatan suportif yang bertujuan untuk melindungi sel hati dan membantu pemulihan hati yang telah rusak.

  • Asma

 

Asma merupakan salah satu penyakit pada sistem ekskresi manusia yang menyerang organ paru-paru. Pada umumnya, penyebab asma sendiri sampai sekarang belum diketahui secara pasti karena banyak faktor yang mempengaruhinya.

Namun, kebanyakan penderita asma ini berasal dari penyakit turunan atau warisan. Penyakit ini termasuk penyakit berbahaya dan hingga saat ini belum ditemukan obatnya secara tuntas, hanya bisa diketahui cara mencegahnya saja.

Inilah sekilas mengenai penyakit pada sistem ekskresi manusia. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
2
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin