Penyakit Pada Sistem Gerak Manusia | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Penyakit Pada Sistem Gerak Manusia

Penyakit Pada Sistem Gerak Manusia

 

Manusia merupakan makhluk hidup yang senantiasa bisa melakukan pergerakan dengan bebas. Berbeda dengan makhluk hidup lainnya, misalnya tumbuhan yang pergerakannya sangatlah terbatas dan sempit.

Pada dasarnya, manusia bisa bergerak karena adanya sebuah sistem pergerakan dalam tubuh manusia. Sistem tersebut didukung oleh knerja tulang dan otot yang melekat pada tulang. Kesatuan tersebut akan memungkinkan manusia untuk bergerak dengan bebas.

Namun, sayangnya sistem pergerakan manusia ini juga tidak terlepas dari berbagai ancaman penyakit dan kerusakan. Ada banyak sekali penyakit pada sistem gerak manusia. Biasanya penyakit ini bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Misalnya yang paling sering adalah faktor usia atau umur. Semakin tua tubuh seseorang, maka semakin besar resiko terkenal penyakit pada sistem gerak manusia. Selain faktor usia, banyak lagi faktor yang bisa mempenagruhi kesehatan sistem gerak pada manusia.

Faktor makanan atau lingkungan juga memiliki andil yang cukup besar. Mungkin beberapa di antara anda sudah tidak asing lagi dengan penyakit pada sistem gerak manusia, seperti osteoporosis atau patah tulang.

Memang benar, kecelakaan bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan penyakit pada sistem gerak manusia. Untuk lebih jelas mengenai penyakit pada sistem gerak manusia, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Osteoporosis

 

Merupakan suatu penyakit yang menyerang tulang karena massa tulang menurun (pengurangan jaringan tulang) yang terutama terjadi pada tulang spongiosa. Penyakit ini pada dasarnya disebabkan oleh proses penghancuran tulang yang lebih cepat dari pada proses pembentukan tulang.

Selain itu, seperti yang kita ketahui bahwa tulang merupakan tempat penyimpanan mineral penting, yaitu kalsium. Pada dasarnya, ketika tubuh kita kekurangan kalsium, maka otak akan mengambil kalsium dari tulang.

Pada wanita, umumnya osteoporosis terjadi karena kekurangan hormone estrogen. Hormone ini berperan penting untuk membantu mengangkut kalsium ke tulang wanita. Penyakit ini lebih banyak diderita oleh wanita.

Selain itu, penyakit ini juga bisa terjadi karena keadaan medis lainnya atau pengaruh obat-obatan. Penyakit ini bisa disebabkan oleh penyakit lain seperti gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal  atau pemakaian obat secara berlebihan. Konsumsi alcohol secara berlebihan juga bisa memperburuk keadaan ini.

  • Osteomalacia

 

Merupakan penyakit tulang yang disebabkan oleh peyerapan mineral secara tidak efektif dalam tulang karena kurangnya jumlah mineral penting yang dibutuhkan oleh tulang. Kasus yang paling sering terjadi adalah karena kekurangan vitamin D.

Vitamin D sendiri sebenarnya bisa kita dapatkan secara mudah, yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari selama beberapa menit. Penyakit ini sering kali disamakan dengan osteoporosis, namun sebenarnya kedua penyakit ini berbeda.

Banyak seklai faktor lain yang menyebabkan penyakit ini, misalnya kekurangan fosfor, malnutrisi selama kehamilan, dan lainnya.

  • Fraktura

 

Fraktura atau patah tulang  pada umumnya bisa dibedakan menjadi patah tulang tertutup, patanh tulang terbuka dan fisura. Pada patah tulang tertutup, terjadi ketika tulang yang patah tidak merobek permukaan kulit.

Sedangkan patah tulang terbuka terjadi ketika patah tulang merobek permukaan kulit. Fisura terjadi ketika tulang hanya mengalami keretakan. Pada umumnya, fraktura ini disebabkan oleh faktor kecelakaan.

  • Kelainan karena sikap tubuh

 

Pada dasarnya, penyakit pada sistem gerak manusia juga bisa disebabkan karena sikap tubuh yang salah. Berikut ini adalah beberapa kelainan karena sikap tubuh yang salah :

-         Lordosis yaitu tulang belakang bagian leher dan punggung bengkok ke depan

-         Kifosis, yaitu tulang belakang bagian punggung dan pinggang membengkok ke belakang

-         Skoliosis, yaitu tulang belakang yang terlalu membengkok ke samping kanan atau kiri

-         Sublubrikasi adalah kelainan pada tulang belakang pada bagian leher yang menyebabkan kepala si penderita berubah ke arah kiri atau kanan

  • Kekurangan vitamin D

 

Pada dasarnya, ketika tulang manusia mengalami defisiensi vitamin D pada anak-anak, maka bisa menyebabkan terjadi rakhitis. Penyakit ini biasanya bisa dilihat dari pertumbuhan tulang yang terganggu bentuknya, yaitu tulang kaki menjadi berbentuk O dan X.

Inilah uraian singkat mengenai penyakit pada sistem gerak manusia. Semoga bermanfaat


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
1
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin